Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Rupiah Juara di Asia dan Dunia, Bye-Bye Dolar AS!

        Rupiah Juara di Asia dan Dunia, Bye-Bye Dolar AS! Kredit Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Nilai tukar rupiah menguat terhadap dolar AS hari ini. Setelah sempat menyentuh level Rp15.300, rupiah hari ini menguat ke Rp15.100 per dolar AS. 

        Melansir RTI, rupiah terapresiasi 1,62% ke level Rp15.177 per dolar AS pada perdagangan Rabu, 5 Oktober 2022. Pada saat yang sama, rupiah menggilas dolar Australia (1,73%), euro (1,77%), dan poundsterling (1,95%). 

        Baca Juga: Harga Emas Antam Naik Tiga Hari Berturut-Turut, Hari Ini Melonjak Jadi Rp962.000 per Gram!

        Keperkasaan rupiah mampu menyapu bersih mata uang Asia. Sebagai mata uang juara, rupiah menguat atas dolar Singapura (1,70%), yuan (1,69%), dolar Taiwan (1,62%), dolar Hong Kong (1,58%), yen (1,58%), ringgit (1,56%), baht (1,43%), dan won (1,30%).

        Penguatan rupiah hari ini sejalan dengan ekspektasi pasar bahwa bank sentral AS, yakni The Fed tidak akan terlalu agresif dalam menaikkan suku bunga acuan pada pertemuan mendatang. Setelah menaikkan suku bunga acuan secara agresif dalam tiga bulan terakhir, sejumlah pejabat The Fed menilai perlu ada sikap kehati-hatian dalam menaikkan suku bunga yang terlalu cepat. Saat ini, tingkat suku bunga acuan AS berada di level 3,5%. 

        "The Fed diperkirakan tidak akan bersikap agresif seperti tiga pertemuan terakhir untuk kebijakan moneter pada bulan Oktober 2022 ini," pungkas tim riset Monex Investindo Futures, dilansir dari Antara, Rabu, 5 Oktober 2022.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Lestari Ningsih
        Editor: Lestari Ningsih

        Bagikan Artikel: