Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Pengamat Kebijakan Publik Sebut Kriteria Calon Wakil Presiden yang Pas Dampingi Anies Baswedan

        Pengamat Kebijakan Publik Sebut Kriteria Calon Wakil Presiden yang Pas Dampingi Anies Baswedan Kredit Foto: Twitter/Anies Baswedan
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Achmad Nur Hidayat selaku Pakar Kebijakan Publik Narasi Institute memberikan pendapatnya atas pendeklarasian Anies Baswedan menjadi bakal calon presiden yang didukung Partai Nasional Demokrat atau NasDem.

        Menurutnya PR lain yang tak kalah penting untuk dipikirkan adalah mengenai siapa calon wakil presiden yang cocok mendampingi Anies dalam Pilpres 2024 mendatang. 

        “Pendeklarasian Anies Baswedan sebagai capres cukup mengejutkan di tengah berita yang beredar bahwa dia akan dikriminalisasi oleh Ketua KPK Firli Bahuri. Banyak spekulasi yang berkembang bahwa  pendeklarasian Anies ini adalah bagian dari upaya  melawan upaya kriminalisasi Ketua KPK Firli Bahuri,” kata Achmad melalui keterangan tertulis yang diterima Warta Ekonomi, Rabu (05/10/22)

        Baca Juga: Dulu Rival AHY, Demokrat Kini Merasa Cocok dengan Anies Baswedan: Begitulah Politik

        Setelah Anies resmi dideklarasikan oleh partai Nasdem, menurut Achmad akan ada banyak pihak yang mulai berspekulasi siapa yang pantas akan mendampingi Anies Baswedan sebagai pasangan calon wakil presiden. 

        “Pertanyaan tentang siapa yang akan dipilih menjadi cawapres Anies ini menjadi penting karena hal ini sangat terkait dengan potensi kemenangan Anies Baswedan dalam pemilu 2024,” ujar Achmad.

        Baca Juga: Heboh Anies Baswedan Didukung NasDem untuk Jadi Presiden, Analisis Refly Harun Tajam: Pilihan yang Nggak Luar Biasa!

        Sebagai Gubernur DKI Jakarta saat ini, menurutnya Anies tentunya memiliki modal kapital dan modal sosial yang sangat tinggi. Anies adalah seorang tokoh muslim modern yang namanya masuk dalam 500 tokoh muslim paling berpengaruh di dunia. 

        Soal kriteria pendamping Anies menurut Achmad adalah seseorang yang memiliki visi kebangsaan yang kuat dan tentunya mendapat dukungan dari partai Politik. Karena kata dia, Nasdem sendiri tidak mungkin dapat memajukan sendiri capres-cawapres. 

        “Pun bukan menjadi persoalan jika Anies Baswedan akhirnya memilih tokoh dari Indonesia Timur untuk mendampinginya. Karena hal tersebut merupakan representasi Indonesia Timur dalam membangun pemerintahan Indonesia ke depan,” jelas Achmad.

        Baca Juga: Kaget Dengar NasDem Umumkan Anies Baswedan Capres 2024, PKB: Begitu Cepat, Kayak Ada yang Nguber

        Yang lebih terpenting adalah tokoh tersebut memiliki track record yang bersih, punya integritas, memiliki basis massa yang riil dan yang terpenting didukung oleh suara partai politik di parlemen. 

        “Pendamping Anies Baswedan juga haruslah memiliki visi Kebangsaan yang jelas, memiliki semangat nasionalisme yang tinggi. Karena Wapres sejati nya adalah partner Presiden membangun Bangsa bukan sekedar ban serep ataupun hanya sekedar pelengkap semata tanpa kejelasan tugas dan wewenang,” tutupnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Sabrina Mulia Rhamadanty
        Editor: Sabrina Mulia Rhamadanty

        Bagikan Artikel: