Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Presiden Jokowi Bahas Ijazah Palsu Hingga Unggah Video di kanal Sekretariat Presiden, Rocky Gerung: Ini Terlalu Sempurna!

        Presiden Jokowi Bahas Ijazah Palsu Hingga Unggah Video di kanal Sekretariat Presiden, Rocky Gerung: Ini Terlalu Sempurna! Kredit Foto: Instagram/Rocky Gerung
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Selama ini Presiden Joko Widodo cenderung diam saja di tengah tudingan ijazah palsu yang dialamatkan 

        Meski terlihat biasa saja atau bahkan cenderung diam menanggapi tuntutan dari Bambang Tri Mulyono mengenai isu ijazah palsu kepadanya.

        Presiden Jokowi seperti menjawab dengan tiba-tiba membuat momen reuni kecil-kecilan  bersama teman semasa kuliahnya di UGM yang diunggah pada Minggu (16/10/2022) pada kanal Youtube Sekretariat Presiden.

        Baca Juga: Iwan Bule dan PSSI Nggak Ikut Nyambut Presiden FIFA di Istana Merdeka, Jokowi Bilang: PSSI Nanti Urusannya

        Pro dan kontra langsung mengiringi peristiwa itu, salah satunya datang dari akademisi Rocky Gerung. 

        Sosok yang sangat sering memberikan kritikan kepada pemerintah ini menilai momen reuni Jokowi kelewat sempurna, bahkan bisa dibilang terlalu dibuat-buat.

        "Pak Jokowi ingin sempurna. Bagian yang kemarin juga terlalu sempurna, video yang diupload Sekretariat Presiden," jelas Rocky, seperti dikutip Suara.com dari kanal YouTube-nya pada Selasa (18/10/2022).

        Baca Juga: Kuasa Hukum Bambang Tri: Dikiranya Gugatan Terhadap Presiden seperti Drakor, Coba Jokowi Ikuti Saran Amien Rais

        "Itu berarti ada momentum yang memang dibuat supaya presiden bertemu lalu mengucapkan sindiran-sindiran, 'Oh ini soal ijazah ya'," sambungnya.

        Sayangnya momen reuni yang sempat memperlihatkan Jokowi dan teman-temannya menertawakan tudingan ijazah palsu tersebut terlalu rapi. Apalagi karena faktanya hal seperti itu tidak perlu dilakukan oleh Jokowi.

        "Kemudian terlalu rapi sehingga orang anggap 'Ya ngapain?' Ada teman-teman di situ, datang untuk bertanya (soal ijazah palsu ke Jokowi), lalu membawa ijazah mereka masing-masing," terang Rocky yang berdiskusi dengan Hersubeno Arief tersebut.

        Baca Juga: Soal Pertemuan Presiden Jokowi dengan Teman-teman UGM Usai Gugatan Ijazah Palsu, Rocky Gerung: Itu Bahasa Tubuh Bukan Bahasa Hukum

        "Jadi terlalu sempurna sebagai sesuatu yang tidak diperlukan sebenarnya," lanjutnya.

        Rocky menyayangkan isu-isu yang dilempar Bambang Tri Mulyono lewat Jokowi Undercover tidak diselesaikan sejak pertama kali mencuat 7 tahun lalu. 

        Malah ia sempat menyalahkan Kapolri saat itu, Tito Karnavian, yang melarang Jokowi Undercover untuk didiskusikan secara ilmiah.

        Namun pada dasarnya, isu ijazah palsu ini menurutnya tidak terlalu penting untuk dibahas.

        "Ini cuma soal kertas yang panjang lebar itu, dan ngapain sih persoalin ijazah tuh, kalau dia benar-benar ingin memimpin," tuturnya.

        Baca Juga: Rocky Gerung Tawarkan Cara Mudah Presiden Jokowi Buktikan Ijazahnya Asli: Datang Saja ke Pengadilan

        Ia juga menyarankan Komisi Pemilihan Umum untuk ikut buka suara, karena Jokowi tentu harus menyerahkan berkas-berkas yang diperlukan sebelum mendaftar sebagai calon pejabat publik.

        Apabila kemudian KPU bisa membuktikannya, maka selesai persoalan. 

        "Kalau KPU nggak verifikasi, berarti ada permainan antara KPU dan Jokowi pada waktu itu sebagai individu. Itu bahayanya," pungkas Rocky.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Sabrina Mulia Rhamadanty

        Bagikan Artikel: