Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Nyatakan Siap Nyapres, Ganjar Dinilai Tengah Mancing Ibu Mega Buat Kasih Sanksi, Habis itu Partai Lain yang Deklarasi

        Nyatakan Siap Nyapres, Ganjar Dinilai Tengah Mancing Ibu Mega Buat Kasih Sanksi, Habis itu Partai Lain yang Deklarasi Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Pengamat komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga menilai pernyataan Ganjar Pranowo yang menyatakan siap maju sebagai capres tentu akan membawa implikasi baginya, terutama di internal PDI Perjuangan.

        "Secara moral Ganjar seharusnya keluar dari PDIP. Sebab keinginan nyapres Ganjar bukanlah keputusan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri," kata Jamil.

        Ia menilai keputusan Ganjar itu sudah melawan keputusan di PDIP. Sebab, PDIP sudah memberi hak prerogatif kepada Megawati untuk memutuskan capres yang akan diusung.

        "Kalau Ganjar tidak mundur, ada kemungkinan Megawati akan memberi sanksi tegas. Megawati bisa jadi akan memecat Ganjar karena sudah mendahului keputusannya," jelasnya.

        Jamil menilai keputusan Ganjar dengan menyatakan kesiapannya sebagai capres tampaknya karena sudah ada sinyal dari partai lain.

        Karena sebelum pernyataan keluar dari mulutnya Ganjar, partai lain belum bisa mendeklarasikan karena secara moral tidak etis karena Ganjar masih jadi kader PDIP.

        "Karena itu, bisa jadi keputusan Ganjar itu memang pancingan agar dipecat dari PDIP. Kalau pancingan itu berhasil, maka PDIP akan memecat Ganjar sebagai kader.

        Partai lain tentunya memang menunggu adanya sanksi dari dari PDIP terhadap Ganjar. Dengan begitu, partai lain itu akan bebas mendeklarasikan Ganjar menjadi capres," jelasnya.

        Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan kesanggupannya jika diusung PDI-P sebagai calon presiden (capres).

        "Ketika partai kemudian sudah membahas secara keseluruhan dan dia akan mencari anak-anak bangsa yang menurut mereka terbaik, menurut saya, semua orang mesti siap akan hal itu," kata Ganjar, dikutip dalam wawancara yang diunggah kanal YouTube BeritaSatu, Selasa (18/10/2022).

        Pernyataan kesiapan maju capres ini merupakan yang pertama keluar dari mulut Ganjar setelah sekian lama menerima pandangan negatif dari koleganya di PDI-P.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ferry Hidayat

        Bagikan Artikel: