Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Era Digital Sudah Datang, Kini Bisa Raih Cuan Lewat Platform Media Sosial!

        Era Digital Sudah Datang, Kini Bisa Raih Cuan Lewat Platform Media Sosial! Kredit Foto: Unsplash/ROBIN WORRALL
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Masifnya kemajuan teknologi digital menghadirkan platform dan fitur-fitur yang dapat membuat kecanduan. Imbasnya, individu lebih banyak menghabiskan waktu dengan tidak produktif, seperti bermain game online, media sosial, dan lain sebagainya. Kebiasaan buruk ini tentu harus dihindari.

        Key Opinion Leader (KOL), Public Figure, dan Dadpreneur, Indra Brasco menyebutkan, setiap individu bisa memilih memanfaatkan gadget atau media sosial secara negatif atau positif. Sebab, semua pembuat platform tentunya mendesain semenarik mungkin agar orang tertarik dan bahkan tidak berkedip ketika membuanya.

        Baca Juga: Nilai Investasi Digital Capai Rp300 Triliun, Sandiaga Uno: Indonesia Jadi Tujuan Investasi Terpopuler di Asia Tenggara

        “Itu goals mereka. Jadi mereka menggunakan untuk mendapat cuan, kita juga menggunakannya secara cuan juga. Jadi kecanduannya adalah kecanduan positif,” kata Indra saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, pada Selas (18/10/2022).

        Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.

        Setiap individu bisa membuat aturan agar terhindar kecanduan, khususnya ketika menggunakan gadget di rumah. Aturan-aturan ini dibuat berdasarkan kesepakatan, terutama untuk anak-anak.

        “Hal kecil yang bisa kita lakukan. Jauhkan gadget dari tempat tidur dan meja makan, itu penting banget. Akhirnya kita bisa menikmati apa yang kita makan, kualitas istirahat kita tanpa harus menggunakan gadget. Itu menjadi salah satu tips baik,” kata Indra.

        Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

        Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Pengusaha, Digital Trainer, dan Graphologist, Diana Aletheia Balienda. Kemudian Dosen dan Praktisi, M Adhi Prasnowo, serta mengundang Key Opinion Leader (KOL), Public Figure, dan Dadpreneur, Indra Brasco.

        Baca Juga: Harus Melek Digital, Mulailah Bangun Komunikasi Baik dengan Anak

        Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi, bisa klik ke Instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: