Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Anies Nomor 1 Tokoh Paling Banyak Diserang Netizen, Brand Politika: Serangan ke Anies Tersistem, Pendukungnya Belum Solid

        Anies Nomor 1 Tokoh Paling Banyak Diserang Netizen, Brand Politika: Serangan ke Anies Tersistem, Pendukungnya Belum Solid Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Calon presiden (capres) Partai NasDem, Anies Baswedan, menjadi tokoh yang paling banyak diperbincangkan sekaligus paling sering mendapat serangan negatif di media sosial (medsos). Hal ini terungkap berdasarkan hasil survei Lembaga Brand Politika.

        Arus sentimen negatif terhadap Anies turut berpengaruh terhadap partai pengusungnya, yaitu NasDem. Hashtag terbanyak yang digunakan netizen terkait Anies, yakni #aniesnasdemout sebanyak 4.071 mentions. 

        Baca Juga: Kasihan Lihat Anies Dikeroyok Parpol Koalisi Jokowi, Said Didu Ungkit Pemilu Kotak Kosong: Lawan Calon yang Didukung Oligarki

        Selain #aniesnasdemout, dari pantauan Brand Politika di medsos selama 15 hari atau 15-30 Oktober 2022, yakni #tenggelamkanpartainasdem sebanyak 3.630 mentions, dan #tenggelamkananiesnasdem 3.629 mentions. 

        "Monitoring di medsos dengan kata kunci Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Sandiaga S Uno, Erick Thohir, Puan Maharani serta Ridwan Kamil. Serangan paling mencolok adalah ke Anies Baswedan dibanding nama lainnya yang kami monitor," kata Direktur Pemenangan Brand Politika Mulyana, kepada media, Selasa (8/11/2022). 

        Monitoring yang dilakukan Brand Politika, dapat memantau semua percakapan atau unggahan di medso dan berita di media online sesuai kata kunci. 

        Baca Juga: Nggak Baper karena Jokowi Pilih Dukung Prabowo Dibanding Anies, NasDem: Ini Partai dengan Akal Sehat!

        Salah satu yang terpantau adalah trending hashtag. Dari monitoring ini, Brand Politika menganalisis pergerakan sejumlah tokoh yang namanya berpeluang untuk menjadi calon presiden dan calon wakil presiden. 

        Menurut Mulyana, dari sejumlah nama yang di-monitoring, Anies yang secara sistematis paling banyak diserang netizen. 

        "Kami tidak memilah-milah mana yang sekadar buzzer, mana yang akun asli. Kami hanya melihat dari temuan ini, kami analisis dari sisi pergerakan sejumlah tokoh menuju Pemilu 2024," jelas Mulyana.

        Brand Politika menyimpulkan bahwa Anies tokoh yang paling banyak diserang, dengan temuan trending hashtag yang terbanyak bersentimen negatif. 

        Baca Juga: Ternyata Diam-diam Jokowi Dukung Anies Buat Jadi Next Presiden Indonesia, Dokter Tifa: Horeee!

        Selain tiga hashtag yang disebut tadi, hashtag negatif lainnya yang terkait Anies, antara lain #tenggelamkanpartainasdem sebanyak 3.325 mentions, #goodbyenasdemanies sebanyak 3.263 mentions, #kagagalananiesitunyata sebanyak 2.986 mentions, #aniesgabenerpembohong sebanyak 2.950 mentions dan #aniesuntukkhilafah.  

        Sementara, hashtag yang positif terkait Anies, antara lain #aniesbersamakita hanya sebanyak 691 mentions, #indonesiamemanggil sebanyak 424 mentions, #aniespresiden2024 sebanyak 200 mentions dan #wiswayaheanies sebanyak 182 mentions.

        "Lebih banyak mentions hashtag bersentimen negatif ketimbang yang positif. Ini menunjukkan pertama, serangan kepada Anies lebih tersistem, sementara pendukung Anies atau tim medsos Anies belum solid. Belum ada ada upaya, paling tidak meminimalkan serangan itu," kata Mulyana.

        Selain itu, monitoring yang dilakukan Brand Politika menunjukkan bahwa Anies Baswedan adalah tokoh paling populer di media sosial. 

        Paling populer ini dilihat dari tingginya tingkat dibicarakannya Anies, yakni sebanyak 44.688 mentions. 

        Baca Juga: Nyindir Anies, Jhon Sitorus Sebut Ganjar Juga Pernah ke Medan Dijamu Makanan Rakyat, Netizen: Ngapain ke Medan? Nggak Kerja?

        Dari jumlah tersebut, Anies disebut sebagai capres sebanyak 10.964 kali, unggahan yang disukai sebanyak 28.109 kali dan social media interaction sebanyak 727.310 kali. 

        Dari jumlah mentions tadi, tiga akun paling banyak mem-posting di media sosial dan media online tentang Anies Baswedan adalah akun @azhari89456519 yang memposting sebanyak 770 kali dalam 15 hari, @WartaEkonomi sebanyak 328 mentions dan @RinaDarmayanti sebanyak 265 kali.  

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ayu Almas

        Bagikan Artikel: