Ninja Fulfilment: Layanan Ninja Xpress untuk Hemat Biaya dan Permudah Operasional Bisnis
Dalam upayanya mendukung setiap tahap pengembangan bisnis UKM, Ninja Xpress memberikan layanan Ninja Xpress Seller Booster yang merupakan layanan terintegrasi yang terdiri dari Pinjaman Modal, Creative Business Solutions, Ninja Direct, dan Ninja Fulfilment.
Dari layanan ini, Ninja Fulfilment merupakan program layanan terbaru yang dihadirkan oleh Ninja Xpress sebagai layanan yang menyediakan one-stop end-to-end inventory management solution.
Menekankan komitmennya ini, dalam acara media visit pada Selasa (22/11/2022), Ribka Pratisi selaku Head of PR Ninja Xpress menyampaikan, "apa yang membuat Ninja Xpress berbeda dengan [pemain logistik] lain? Ninja Xpress memiliki semangat bantu sampai tujuan. Semangat yang membuat kita mau membantu teman-teman UKM terus. Jadi kita tidak hanya mengirim barang saja, tetapi kita ingin membantu teman-teman UKM sampai di tujuannya."
Baca Juga: Rayakan Tahun Ketujuh, Ninja Xpress Berikan Program Khusus untuk Perkuat UMKM
Dalam pengembangan dan ekspansi bisnis, UKM seringkali menghadapi berbagai permasalahan termasuk dalam urusan operasional bisnis dengan biaya yang mahal termasuk pada biaya sewa gedung, pengelolaan stok, pengemasan, hingga pengiriman di mana proses operasional tersebut juga memakan waktu dan tenaga serta dapat menjadi lebih merepotkan jika ada komplain dari pelanggan atas keterlambatan proses order dan pengiriman.
"Kami ingin UKM fokus mengembangkan bisnisnya tanpa direpotkan urusan operasional bisnis yang seringkali membutuhkan biaya besar. Dengan semangat Siap Bantu Sampai Tujuan, Ninja Fulfilment menyediakan one-stop solution pengelolaan barang yang lebih murah dibandingkan jika UKM melakukannya sendiri," terang Andi Djoewarsa selaku CMO Ninja Xpress.
Ninja Fulfilment hadir sebagai layanan yang memberikan one-stop solution pengelolaan paket dari awal hingga akgir sampai ke pelanggan agar UKM dapat menghemat biaya operasional. Layanan ini mencakup inventarisasi dan penyimpanan barang, penjemputan dan pengemasan pesanan, hingga menyeragkan pesanan kepada last mile third party logistic (3PL) atau penyedia jasa last-mile delivery.
Berlokasi di MMP Warehous (dekat Logos) Medan Satria, Bekasi, Jawa Barat, dengan menyediakan warehousing dan storage serta B2C dan B2B order fulfilment, layanan yang ditawarkan oleh Ninja Fulfilment antara lain adalah layanan standar untuk B2B dan B2C mencakup proses inbound di mana penerimaan barang dari supplier, kemudian diproses dengan quality control (QC) standar.
Selanjutnya proses storage atau penyimanan barang dengan penghitungan stok secara periodik. Kemudian outbound di mana barang dipilih sesuai pesanan dan dikemas dalam kemasan standar yang selanjutnya paket diserahkan pada last-mile delivery (3PL). Ada pula layanan return untuk barang yang dikembalikan dengan layanan re-inventorisasi.
Dalam layanan Ninja Fulfilment ini juga disediakan layanan value added yang antara lain pada proses inbound, barang yang datang akan dilakukan cek secara mendetail dengan QC lebih lanjut, dan pada proses storage akan dilakukan penghitungan stok secara ad hoc serta pada proses outbound akan disediakan layanan kitting/bundling, custom packaging, labelling/relabelling, dan juga express pick and pack.
Ada pula tambahan layanan client portal di mana klien dapat secara up-to-date dengan mudah melihat pada inventorinya, dari mulai waktu inbound/outbound, stock levels, dan status fulfilment. Juga klien dapat mengontrol inventory dengan melakukan upload pesanan, customise pengaturan dan instruksi untuk manajemen inventaris dan fulfilment pesanan.
Pada proses outbond, Ninja Fulfilment akan memperosesnya dalam waktu sekitar satu sampai dua hari di mana proses yang dilakukan biasanya adalah pesanan yang telah dikonfirmasi oleh shipper kepada tim Ninja Fulfilment sebelum jam 4 sore akan diserahkan ke last mile delivery di hari yang sama, sementara pesanan yang dibuat setelah jam 4 sore akan diserahkan keesokan harinya. Namun khusus untuk pesanan instant dan same day delivery akan dikirimkan dalam waktu tiga jam dengan cut off di jam 12 malam.
Dengan lokasi warehouse yang saat ini seluas 2.253 meter persegi, Rifani Budi selaku VP of Corporate Sales and Fulfilment menyampaikan bahwa Ninja Xpress berencana menambah warehouse Ninja Fulfilment di Surabaya pada 1Q23, di Medan pada 2Q23, dan di Makassar 3Q23.
Menjelaskan terkait dengan keunggulan dari Ninja Fulfilment, Rifani mengatakan bahwa melalui Ninja Fulfilment, UKM atau shipper dapat memiliki biaya overhead yang lebih rendah karena hanya membayar untuk apa yang digunakan saja dengan skala operasi yang mudah serta menghemat waktu karena shipper dapat hanya memeriksa pesanan dan inventaris sesuai dengan keinginan karena Ninja Fulfilment telah menyediakan keahlian dan teknologi yang mumpuni dengan akurasi pengambilan tinggi, baik terhadap e-commerce maupun keahlian lainnya.
"Sejak hadir di bulan Juni 2022, saat ini Ninja Fulfilment telah meng-handle kurang lebih 2500 pesanan per hari dengan jumlah customer atau shipper belasan," tutur Rifani.
Membagikan pengalamannya dalam menggunakan layanan Ninja Fulfilment, RA Mega Waktu Arimurti dari APG Indo mengatakan, "dulu saya menyimpan barang di gudang lain, tapi barang itu ada yang rusak dan hilang sehingga perusahaan saya mengalami kerugian. Lalu saya menggunakan Ninja Fulfilment. Fasilitasnya lengkap dan aman, penghitungan stok juga lebih akurat, serta sudah ada tim packing dan delivery sehingga biaya jadi lebih murah. Ninja Fulfilment menurut saya one stop solutions for all."
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: