Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kabupaten Banggai Catat Sejarah, Kandaskan Dominasi Palu di Pekan Olahraga Provinsi Sulawesi Tengah 2022

        Kabupaten Banggai Catat Sejarah, Kandaskan Dominasi Palu di Pekan Olahraga Provinsi Sulawesi Tengah 2022 Kredit Foto: Kemenpora
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Kabupaten Banggai mencatat sejarah dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) 2022. Banggai menumbangkan dominasi Kota Palu, yang selama ini langganan juara umum.

        Ini jadi kali pertama Porprov Sulteng dimenangi oleh daerah selain Palu. Perjalanan Banggai meraih predikat juara umum tidak mudah.

        Sempat tersisih di awal kompetisi, para atlet Banggai bangkit di pertengahan. Jelang akhir kompetisi, Banggai melejit dan memantapkan posisi juara, meninggalkan Kota Palu dan Kabupaten Sigi yang jadi pesaing terdekat.

        Banggai berhasil memperoleh 80 emas, 65 perak, dan 76 perunggu, mengandaskan Palu yang menorehkan catatan 69 emas, 75 perak, dan 76 perunggu. Sementara Sigi tertinggal jauh dengan 48 emas, 29 perak, dan 37 perunggu

        Bupati Banggai H. Amirudin, bersama wakilnya, H. Furqannudin menyambut sejarah manis ini dengan bangga. Keduanya hadir dalam upacara penutupan Porprov ke-IX itu. Seremoni tersebut diselenggarakan di pelataran eks astaqa MTQ di komplekas kantor Bupati di Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan.

        Selain Amirudin dan Furqannudin, turut hadir Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura dan Ketua KONI Provinsi Sulawesi Tengah H. Nizar Rahmatu. Dalam acara itu Nizar menyampaikan apresiasi tinggi kepada Kabupaten Banggai, yang tak hanya jadi juara umum tapi juga berhasil menyelenggarakan pesta olahraga ini sebagai tuan rumah.

        “Ketua KONI Provinsi mengapresiasi Kabupaten Banggai sebagai tuan rumah karena telah mampu melaksanakan Porprov dengan baik dan lancar dan sangat berharap siapa pun yang menjadi tuan rumah nanti dapat mencontohi Kabupaten Banggai," tutur Nizar Rahmatu.

        Di kesempatan yang sama, H. Amirudin mengucapkan terima kasih kepada para atlet dan seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Porprov Sulteng 2022. Lebih dari itu, menyadari pentingnya peran serta masyarakat, ucapan terima kasih juga disampaikan H. Amirudin kepada seluruh masyarakat Kabupaten Banggai.

        “Atas nama pimpinan di daerah ini, izinkan kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak Gubernur Sulteng yang telah mempercayakan Kabupaten Banggai sebagai tuan rumah," tutur Sang Bupati.

        ”Di atas dahan burung tempua, melihat rusa di rumput ilalang, cukup sekian perjumpaan kita. Sampai Jumpa empat tahun mendatang. Kota Luwuk sangat elok di malam hari, panoramanya indah untuk kita nikmati. Bila kita berpisah nanti, janganlah pernah lupakan kami”. tutup Amirudin dengan pantunnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ferry Hidayat

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: