Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Raksasa Bioteknologi Barat Main Curang? Dokumen yang Disensor Ini Akhirnya Terkuak di Twitter

        Raksasa Bioteknologi Barat Main Curang? Dokumen yang Disensor Ini Akhirnya Terkuak di Twitter Kredit Foto: Getty Images
        Warta Ekonomi, Moskow -

        Perusahaan bioteknologi Barat menekan Twitter untuk menyensor seruan untuk membagikan paten vaksin Covid-19 mereka dan memproduksi perawatan generik berbiaya rendah, menurut tahap baru file Twitter.

        Perusahaan juga mendanai organisasi nirlaba yang menciptakan alat untuk melawan kesalahan informasi, tetapi menolak untuk menandai klaim menyesatkan dari Big Pharma.

        Baca Juga: Ungkap Kemuakan, China Bilang Pemodal Amerika Coba Lobi-lobi Harga dengan Pfizer

        Upaya lobi oleh perusahaan termasuk BioNTech, Pfizer dan Moderna dirinci pada Senin (16/1/2023) oleh Lee Fang di The Intercept, berdasarkan komunikasi internal Twitter.

        Fang melaporkan bahwa pada Desember 2020, Nina Morschhaeuser, seorang pelobi Twitter di Eropa, berbagi dengan rekannya peringatan yang dia terima dari perusahaan BioNTech dan pemerintah Jerman tentang kampanye yang dapat melanggar persyaratan layanan Twitter.

        Kampanye tersebut menganjurkan agar vaksin Covid lebih mudah diakses oleh negara-negara miskin dengan melepaskan perlindungan paten.

        Morschhaeuser meneruskan permintaan dari BioNTech untuk "menyembunyikan" postingan para aktivis yang menargetkan akun pembuat obat tersebut. Tidak jelas tindakan apa yang diambil Twitter, jika ada.

        Begitu pula dengan Public Good Projects, sebuah LSM yang menciptakan alat untuk mengidentifikasi dan melaporkan dugaan misinformasi tentang kesehatan masyarakat, termasuk dampak pandemi Covid-19. Kampanyenya yang Lebih Kuat mendapat pendanaan 1.275.000 dolar AS dari perusahaan biotek, menurut pengembalian pajak yang ditinjau Fang.

        CEO Joe Smyser menggambarkan pekerjaan itu sebagai upaya itikad baik untuk menghapus informasi palsu secara daring. Tetapi investigasi The Intercept menemukan beberapa cuitan yang ditandai bermasalah oleh LSM adalah debat kebijakan yang sah, seperti kritik terhadap paspor vaksin.

        Kampanye Stronger tidak menargetkan informasi yang salah yang bermanfaat bagi penyandang dananya, seperti klaim November 2022 oleh grup industri PhRMA bahwa 4,4 juta pekerjaan AS dapat terancam dengan mengabaikan perlindungan paten vaksin. Smyser menjawab bahwa tugasnya adalah mendorong orang untuk mendapatkan vaksin.

        Big Pharma menghasilkan miliaran dolar dari keuntungan vaksin Covid-19. Upayanya untuk “membungkam perbedaan pendapat digital selama pandemi, ketika tweet dan email adalah satu-satunya bentuk protes yang tersedia bagi mereka yang terkunci di rumah mereka, sangat jahat,” kata Nick Dearden, direktur Global Justice Now, kepada The Intercept.

        Baca Juga: Bio Farma dan MSD Kerjasama Buat Produksi Vaksin Human Papillomavirus

        Saat membahas pada Desember 2020 bagaimana aktivis ekuitas vaksin dapat terlibat dalam "perilaku berisi spam", Holger Kersting, juru bicara Twitter di Jerman, menunjuk ke tiga postingan yang menurutnya berpotensi melanggar persyaratan layanan.

        Dua di antaranya berasal dari Terry Brough, seorang pensiunan tukang batu Inggris yang kini berusia 74 tahun.

        Dia menertawakan perhatian profil tinggi, memberi tahu Fang bahwa meskipun dia "bukan Che Guevara", dia membanggakan dirinya sebagai "seorang aktivis, serikat pekerja, dan sosialis" dan berharap dia bisa berbuat lebih banyak.

        Cerita tersebut menandai kontribusi kedua Fang ke File Twitter, serangkaian laporan oleh beberapa jurnalis, yang ditawari akses ke dokumen platform tersebut oleh Elon Musk setelah dia membeli perusahaan tersebut.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: