Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Anugerah BUMN 2023: Apresiasi CEO BUMN Terbaik dan Tokoh Inspirasi Bangsa

        Anugerah BUMN 2023: Apresiasi CEO BUMN Terbaik dan Tokoh Inspirasi Bangsa Kredit Foto: Ist
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        BUMN Track didukung PPM Manajemen kembali menggelar Anugerah BUMN 2023 sebagai bentuk apresiasi kepada para CEO dan perusahaan BUMN yang berkiprah bagi pertumbuhan kinerja perusahaan.

        Anugerah BUMN 2023 yang memasuki tahun ke-12 mengangkat tema “Akselerasi Transformasi Digital, Inovasi dan Recovery Bisnis BUMN”. 

        Kegiatan ini menjadi salah satu indikator kemampuan BUMN dalam membangun tata kelola perusahaan untuk meraih keseimbangan bisnis, dengan tetap mengedepankan tanggung jawab sosial perusahaan.

        Di sisi lain, Anugerah BUMN 2023 turut mendorong kepemimpinan CEO BUMN yang mampu memperkuat kinerja korporasi sekaligus mengkonsolidasi SDM yang kompetitif dan berdaya saing. 

        Ketua Dewan Juri Anugerah BUMN 2023 sekaligus Menteri BUMN pertama Dr Tanri Abeng, MBA mengatakan, pemenang The Best CEO tidak hanya dilihat dari peningkatan kinerja perusahaan namun juga dikaitkan dengan kepemimpinan yang mumpuni dalam mengelola strategi bisnis di era transisi endemi.

        Kategori yang ditetapkan adalah CEO Visioner, Strategic Orientation, Driving Excecution dan Talent Development.

        Menurutnya, para pemenang CEO BUMN Terbaik dalam ajang Anugerah BUMN berpeluang masuk ke jajaran kursi kabinet, seperti yang terpilih menjadi Menteri ataupun Kepala Badan Publik oleh Presiden Joko Widodo dalam beberapa tahun terakhir.

        "Para pemenang Anugerah BUMN sesungguhnya memiliki kapasitas untuk menjadi anggota kabinet. Sebab para dirut BUMN memiliki kompetensi lebih lengkap yang menjadi modal utama dalam kepemimpinan,” ungkap Tanri Abeng ungkap Tanri Abeng pada Malam Anugerah BUMN 2023 di Hotel Sahid, Jakarta, Rabu 15 Maret 2023.

        Kompetensi yang ia maksud adalah, pertama, para CEO BUMN mengabdi secara politik karena menteri adalah jabatan politik. Kedua, para CEO BUMN paham masalah birokrasi sebab Kementerian BUMN adalah organisasi birokrasi.

        Ketiga, para CEO BUMN pandai mengurus korporasi karena tugas utama mereka mencipatakan nilai tambah bagi perusahaan.

        Selanjutnya, para CEO BUMN adalah mereka yang mampu mengelola konglomerasi, karena pada umumnya mereka memimpin perusahaan holding yang kini tengah digencarkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

        Sebagai bentuk penghargaan tertinggi, Anugerah BUMN 2023 turut menyematkan penghargaan Tokoh Inspirasi Bangsa atas sepak terjang para peraih Best CEO yang berhasil masuk dalam jajaran kabinet dan pejabat publik.

        Penghargaan pertama diberikan kepada Arief Yahya, selaku Menteri Pariwisata Kabinet Kerja tahun 2014-2019 yang meraih CEO BUMN Terbaik tahun 2012 saat menjabat Dirut PT Telkom.

        Penghargaan berikutnya diberikan kepada Ignasius Jonan yang terpilih menjadi Menteri Perhubungan tahun 2014-2016 dan Menteri ESDM pada 2016-2019. Jonan dinobatkan menjadi CEO BUMN Terbaik tahun 2013 saat menjabat Direktur Utama Kereta Api Indonesia (KAI).

        Selanjutnya, penghargaan Tokoh Inspirasi Bangsa diberikan kepada Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan RI Kabinet Indonesia Maju sejak Desember 2020 hingga sekarang.

        Sebelum menjadi Menkes, peraih CEO BUMN Terbaik tahun 2018 saat menjabat Direktur Utama PT Inalum ini ditunjuk menjadi Wakil Menteri BUMN I pada Oktober 2019.

        Pada posisi pejabat publik, penghargaan Tokoh Inspirasi Bangsa diberikan kepada Arief Prasetyo Adi selaku Kepala Badan Pangan Nasional (BPN) yang dilantik sejak Februari 2022. Arief merupkan peraih CEO BUMN Terbaik tahun 2021 saat menjabat sebagai Dirut RNI atau ID FOOD, induk holding BUMN pangan. 

        Terakhir, Tokoh Inspirasi Bangsa dinobatkan kepada Silmy Karim selaku Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM sejak Januari 2023. Sebelumnya, ia meraih CEO BUMN Terbaik tahun 2022 saat menjabat Direktur Utama PT Krakatau Steel.

        Peraih CEO Terbaik 2023

        Hasil Anugerah BUMN 2023, pemenang The Best CEO BUMN kategori CEO Visioner diraih Bobby Rosyidin Dirut PT LEN yang dinilai mampu mengorkestrasi lima BUMN industri strategis yang tergabung dalam holding DEFEND ID masuk ke dalam 100 perusahaan alutsista di dunia, sekaigus mengembalikan core business industri strategis melalui pengembangan teknologi menuju kemandirian industri pertahanan nasional. 

        Kategori CEO Strategic Orientation diraih Bakir Pasaman Dirut Pupuk Indonesia Holding Company yang dinilai mampu mengelola startegi anak-anak perusahaannya bekerja secara efektif, efisien, delivery result sekaligus berkiprah global.

        Selanjutnya, CEO Driving Excecuiton diperoleh Faizal R Rochmadi selaku Dirut PT POS yang berhasil mengubah model bisnis dan menunjukkan eksistensi POS dalam persaingan logistik yang sangat tajam.

        Kategori CEO Talent Development BUMN diraih M.Abdul Ghani Dirut Holding PTPN III yang berhasil mengubah culture SDM perkebunan menjadi pelaku korporasi yang profesional. 

        Sementara itu, Special Award Inspiring Leader CEO BUMN diraih Edi Witjara selaku Dirut PT INTI, CEO Innovative Leader diperoleh Wahyu Kuncoro Dirut Perum Perhutani, CEO Risk Underwriters Excellent diberikan kepada  Priyastomo selaku Dirut PT Askrindo, dan CEO Role Model of Woman Leaderships diperuntukan bagi Polana B. Pramesti Dirut Airnav.

        Pada kategori The Best CEO Anak Perusahaan BUMN kategori Visioner terpilih David Pandapotan Sirait selaku Dirut IPC Peti Kemas yang dinilai berhasil membawa perusahaan memiliki passion to go global.  

        Kemudian, kategori CEO Strategic Orientation diraih Dendi Kurniawan selaku Dirut Pelita Air Service yang dalam waktu kurang dari 1 bulan mampu mewujudkan penerbangan terjadwal sekaligus mengukuhkan posisi Pelita Air di sektor penerbangan middle service. 

        Selanjutnya, CEO Diriving Excecution diraih Rachmad Pribadi Dirut Pupuk Kaltim yang menunjukkan keberhasilan dari sisi benchmark dan kinerja finansial, sekaligus mengantarkan PKT meraih global corporate performance dan global cost leader terbaik ke empat di dunia.

        Kemudian CEO Talent Development anak perusahaan diraih Budi Satria Dharma Purba selaku Dirut TELIN yang berhasil mengkoordinasi talenta dari 14 negara cabang TELIN di dunia agar tetap growth dan solid. 

        Special Award kategori Anak Perusahaan BUMN diraih Direktur Utama PNM Arief Mulyadi sebagai Inspiring Leader dan Dirut Petrokimia Gresik Dwi Annurogo yang dinobatkan sebagai Innovative Leader.

        Selanjutnya, CEO Hybrid Business Model Excellent diraih M. Fankar Umran selaku Dirut PT BRI Asuransi Indonesia, CEO Digital Transformation Exellent diperoleh Maryadi Dirut PT Pupuk Kujang, serta CEO Business Diversification Excellent diraih TLN. Ahmad Malik Syah Dirut PT KA Logistik.

        Kemudian, Special Award CEO Anak perusahaan kategori Shifting Products Excellent diraih Tri Wahyudi Saleh Dirurt PT PUSRI, CEO Business Collaboration Excellent diraih Putut Ariwibowo Dirut PT Patra Jasa,  CEO Excelence Inovation on Healthy Air Managemen diperoleh Mohamad Arif Faisal Dirut PT GDPS dan peraih CEO Business Strategy Formulation Excellent adalah Subhan Direktur Utama PT Semen Gresik.

        Sementara itu dalam kategori BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Tbk, CEO Visioner diraih oleh Achmad Ardianto selaku Dirut PT Timah, kategori CEO Strategic Orientation diraih oleh Arsal Ismail Dirut PT Bukti Asam (PTBA) dan CEO Talent Development diberikan kepada Hadian Pramudita selaku Dirut PT Wika Gedung.

        Tujuh Kategori Perusahaan

        Selain menjaring CEO terbaik, ajang Anugerah BUMN juga memberikan apresiasi kepada perusahaan BUMN, Anak Perusahaan BUMN dan Perusahaan Tbk atas pencapaian bisnis dan dampaknya kepada masyarakat.

        Ada tujuan bagian kategori perusahaan yang dinilai, yakni Strategi Pemulihan, Inovasi Bisnis, Transformasi Digital, Transformasi Organisasi, tata Kelola Perusahaan (GCG), program Pengembangan UMKM dan Pengembangan Talenta&SDM Unggul.

        CEO BUMN Track SH Sutarto menjelaskan, sebanyak 104 perusahaan BUMN berpartisipasi dalam ajang Anugerah BUMN 2023. Jumlah ini mengecurut menjadi 73 perusahaan yang lolos seleksi tahap kedua berupa presentasi korporasi.

        Sementara itu, sebanyak 45 Direktur Utama BUMN dan Anak Perusahaan BUMN berkompetisi menjadi CEO terbaik melalui wawancara di penjurian tahap ketiga. 

        “Melalu ajang Anugerah BUMN 2023, BUMN Track sebagai media yang sudah terverifikasi Dewan Pers berupaya mengkomunikasikan hasil torehan kinerja positif BUMN baik dari sisi strategi transformasi, inovasi, pengelolaan talent, implementasi tata kelola perusahaan hingga pengembangan UMKM,” ungkap SH Sutarto. 

        Seluruh peserta mengikuti seleksi tahap pertama berupa penilaian dokumen atau data pendukung. Tahap kedua berupa sesi presentasi secara online oleh wakil perusahaan yang dinyatakan lolos pada seleksi tahap pertama.

        Sedangkan tahap ketiga berupa presentasi CEO yang dinyatakan lolos seleksi tahap dua. 

        BUMN Track selaku penyelenggara Anugerah BUMN senantiasa berkomitmen dalam menjaga kredibilitas.

        Didukung tim penilaian oleh PPM Manajemen, Dewan Juri yang terlibat dalam ajang ini memiliki keahlian, kapabilitas, kredibilitas, dan reputasi sangat memadai di bidang Tata Kelola Perusahaan (GCG), finansial, dan kepemimpinan, dengan komposisi unsur meliputi akademisi, peneliti, praktisi dan media.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ferry Hidayat

        Bagikan Artikel: