Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Pembangunan Desa Menjadi Prioritasnya Era Jokowi, Wapres Ma'ruf Amin: Rp400 Triliun Lebih...

        Pembangunan Desa Menjadi Prioritasnya Era Jokowi, Wapres Ma'ruf Amin: Rp400 Triliun Lebih... Kredit Foto: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
        Warta Ekonomi, Pelalawan -

        Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyatakan bahwa pemerintah terus berkomitmen untuk terus mendorong pembangunan desa.

        Salah satu bukti dari hal tersebut adalah bagaimana jajarannya memberikan lebih dari 10% dana anggaran pendapatan dan belanja negara (ABPN) untuk didistribusikan ke daerah.

        Baca Juga: Bola Panas Anies Baswedan Membuat Empat Menkonya Jokowi Disorot Tajam, Siapa Pengkhianat Konstitusi?

        “Saya kira memang pemerintah sudah punya komitmen kuat untuk membangun desa,” ujar Wapres dalam keterangan persnya usai menghadiri acara Hari Desa Asri Nusantara 2023 di Lapangan Bola Desa Makmur, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, Senin (20/03/2023).

        Wapres menjelaskan, jika di hitung sejak 2015 dana tersebut berjumlah lebih dari Rp 400 triliun. “Kalau menurut hitung-hitungannya itu lebih dari Rp400 triliun ya sejak tahun 2015. Jadi sebenarnya lebih dari 10%,” tambah Wapres.

        Menurutnya, berbagai kementerian telah menyasar program kerja yang menyasar ke masyarakat desa seperti Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT), Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

        “Kalau yang ke Kementerian PDTT itu Rp70 triliun, tapi dari kementerian lain yang juga fokusnya di desa itu lebih dari Rp400 triliun, kalau dihitung secara keseluruhan, besar sekali,” pungkasnya.

        Baca Juga: Covid-19 Sukses Dikendalikan Jokowi, Menko Airlangga: Indonesia Siap Memasuki Fase Endemi!

        Sebagai informasi, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) meminta pemerintah untuk menaikkan alokasi dana desa menjadi 10% dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Hal tersebut bertujuan agar pembangunan di desa-desa dapat terus berkembang secara merata di Indonesia.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: