Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Wejangan Elite Megawati untuk Indonesia, Buka Potensi Tanah Air Lewat Buku Rute Indonesia Raya!

        Wejangan Elite Megawati untuk Indonesia, Buka Potensi Tanah Air Lewat Buku Rute Indonesia Raya! Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
        Warta Ekonomi, Bandung -

        Bangsa Indonesia masih menghadapi sejumlah persoalan dalam mencapai tujuan bernegara tersebut. Seperti belum selesainya masalah faktor sejarah, berdebat mengenai kesepakatan bernegara, dan masih dalam suasana euforia demokrasi. 

        Untuk itu, melalui buku bertajuk Rute Indonesia Raya karya Abdy Yuhana mencoba membuka potensi yang dimiliki tanah air selama ini. 

        Baca Juga: Bicara Empat Mata, Tanda Gundahnya Hati Megawati Gegara Manuver Jokowi

        “Jika kita ingin mencapai satu tujuan, maka yang harus kita pahami adalah rutenya terlebih dahulu, jalan yang harus kita tempuh, jalan yang harus kita lalui. Sama halnya dengan bernegara. Negara punya janji kemerdekaan namanya tujuan bernegara. Tujuan bernegara itu bisa kita capai kalau rute yang kita tempuh berjalan dengan baik,” jelas penulis Buku Rute Indonesia Raya kepada wartawan di Bandung, Senin (20/3/2023).

        Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini menerangkan Rute Indonesia Raya ini adalah tawaran untuk mencapai tujuan kita dalam bernegara.

        "Potensi besar yang dimiliki bangsa Indonesia menjadi alasan Abdy menawarkan Rute Indonesia Raya kepada masyarakat," ujarnya. 

        Rute ini diawali dengan kesadaran akan potensi luar biasa yang dipunyai negara ini, seperti sumber daya alam. Kemudian, seluruh pihak harus memiliki kesepakatan dalam bernegara yang tertuang dalam suatu regulasi. 

        Baca Juga: Dipicu KTP Jokowi atau IMB Anies Baswedan, Beginilah Asal Muasal Sengketa Plumpang

        “Kemudian adalah bagaimana kita membangun peradaban bangsa, sumber daya manusia. Negara yang maju adalah negara yang mengandalkan sumber daya manusia, seperti Jepang, Korea Selatan. Dan bagaimana kita membangun keadilan di seluruh Indonesia dengan konsep pembangunan yang merata,” jelasnya

        Sedangkan, visi kebangsaan bagi Indonesia merupakan kebutuhan yang sangat penting dan harus selalu hidup mengisi ruang keindonesiaan. Visi kebangsaan adalah kompas atau penunjuk arah untuk menjalankan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

        “Mengapa visi kebangsaan penting dalam konteks penyelenggaraan negara karena setiap jaman menghadapi tantangan yang berbeda sehingga negara dan bangsa ini membutuhkan harapan, membutuhkan sebuah 'mimpi indah' tentang Indonesia Raya,” jelasnya

        Baca Juga: Bola Panas Anies Baswedan Membuat Empat Menkonya Jokowi Disorot Tajam, Siapa Pengkhianat Konstitusi?

        Anggota DPRD Jawa Barat ini menyebutkan visi kebangsaan juga merupakan sebuah gambaran mental yang dapat memberi inspirasi, membangkitkan antusiasme, memacu semangat, memperkuat komitmen, dan menggerakkan ke arah kehidupan yang lebih baik. 

        Sedangkan, mimpi bersama tentang Indonesia Raya yang dicita-citakan yaitu janji kemerdekaan sebagaimana dituangkan dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Apalagi pada 2045, Indonesia tepat berusia 100 tahun.

        "Posisi strategis secara geopolitik dan potensi yang dimiliki Indonesia, dalam konteks persaingan global akan terus menjadi negara yang menjadi pilihan," ujarnya 

        Hal itu disebabkan Indonesia merupakan pasar potensial, sebagai penghasil bahan baku perdagangan, dan memiliki posisi yang strategis sebagai jalur logistik perdagangan internasional, yang melewati wilayah perairan di Tanah Air.

        Baca Juga: Macam Kode Turunnya Kesehatan Jokowi, Tajamnya Ucapan Megawati: Dia Makin Kurus, Kalian Harus Mikir...

        “Rute bernegara merupakan bagian dari tawaran ide, gagasan, dan visi kebangsaan untuk mencapai Indonesia Raya. Bagi Indonesia menjadi negara besar, maju, dengan daya saing tinggi dan dihitung sebagai salah satu kekuatan global negara di dunia adalah sebuah keniscayaan, jika saja seluruh entitas bangsa memiliki pemahaman yang kongruen tentang pentingnya rute bernegara yaitu Rute Indonesia Raya,” tandas Sekretaris Jenderal Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia ini.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Rahmat Saepulloh
        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: