Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Potensi Kosmetik Kembali Bugar di Era Endemi, Mustika Ratu Membukukan Kenaikan 18% pada Segmen Kosmetik di Q3 2022

        Potensi Kosmetik Kembali Bugar di Era Endemi, Mustika Ratu Membukukan Kenaikan 18% pada Segmen Kosmetik di Q3 2022 Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Awan gelap masih menyelimuti pertumbuhan perekonomian global yang belum sepenuhnya pulih akibat guncangan konflik geopolitik Rusia-Ukraina dan terjadinya gangguan rantai pasokan global serta kenaikan harga komoditas secara signifikan.

        Di sisi lain, berdasarkan data Kementerian Kesehatan, Indonesia saat ini sedang bersiap untuk menuju endemi, hal ini didasarkan pada parameter penilaian COVID-19 yang terus melandai. 

        Selama era endemi, sinyal positif pertumbuhan usaha di Indonesia sejalan dengan data pertumbuhan sarana kosmetik.

        Menurut Badan POM industri kosmetik mengalami kenaikan jumlah perusahaan hingga 20,6 persen. Sebanyak 819 industri kosmetik mengalami pertambahan menjadi 913 industri semenjak 2021 hingga Juli 2022.

        Peningkatan ini salah satunya disebabkan oleh banyak bermunculan start-up yang mulai memanfaatkan peluang untuk usaha di bidang natural cosmetics ataupun industri kosmetik mengubah arah bisnisnya ke natural cosmetics.

        Tingginya keanekaragaman hayati dan budaya Indonesia telah menghasilkan berbagai tradisional heritage, seperti kosmetik tematik.

        Selain itu, kosmetik berbahan dasar alam memiliki banyak peminat. Sejalan dengan laporan 2022 Beauty Trends Report yang diterbitkan oleh JAKPAT yang menunjukkan lebih dari 80 persen responden merasa produk skincare lokal lebih cocok dengan kondisi kulit mereka.

        Sementara itu, 82 persen responden sepakat bahwa produk kosmetik lokal sesuai dengan kebutuhan mereka untuk berhias (makeup) dibandingkan dengan produk kosmetik luar.

        PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) sebagai perusahaan pionir dengan kosmetik berbahan dasar alam yang telah berkiprah selama 45 tahun terus berkomitmen dalam menjaga kualitas produk menggunakan bahan-bahan alam yang telah terbukti khasiatnya bagi kesehatan kulit. 

        Sejak berdirinya tahun 1978, Mustika Ratu selalu mengikuti tren natural dan berhasil meraih penghargaan sebagai Perusahaan Inovatif dalam Pengembangan Merek-Merek Baru Kosmetik dan Kecantikan Berbahan Ekstrak Herbal Khas Indonesia pada ajang Most Innovative Business Award 2019.

        Beauty Queen Series yang disebut-sebut merupakan produk kosmetika pertama di dunia yang mengandung ekstrak Moringa Seed atau ekstrak daun kelor yang berfungsi sebagai anti-oksidan, anti-mikroba, anti-inflamasi dan anti-aging.

        Kehadiran makeup series dengan brand Beauty Queen by Mustika Ratu yang menggunakan kandungan utama yaitu ekstrak biji kelor (Moringa Seed Extract) yang memiliki tinggi antioksidan inilah yang menjadikan Beauty Queen by Mustika Ratu sebagai produk makeup with skincare benefit dan telah berhasil mendapatkan Innovation Award Pertama di Indonesia sejak tahun 2018.

        Tingginya minat masyarakat dalam penggunaan kosmetik lokal, turut dirasakan oleh MRAT melalui kinerja Laporan Keuangan pada kuartal III-2022 yang telah dilaporkan melalui web Bursa Efek Indonesia (IDXNET) dan web Perseroan.

        Sepanjang periode tersebut, MRAT berhasil membukukan kenaikan sebesar 18% pada segmen kosmetik dibandingkan dengan tahun lalu. Segmen kosmetik pun menyumbang kontribusi terbesar pada penjualan bersih di kuartal III-2022.

        Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk, Bingar Egidius Situmorang, menuturkan bahwa kosmetik bukan hanya tata rias semata namun juga skincare yang mempunyai pasar besar dan selama beroperasi Mustika Ratu fokus menggunakan bahan dasar herbal sebagai kearifan lokal dikombinasikan dengan teknologi sehingga menghasilkan inovasi kosmetik berbasis skincare. 

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ferry Hidayat

        Bagikan Artikel: