Haleon dan Halodoc Luncurkan Panadol Klinik Cekatan: Layanan Mobile Clinic untuk Fasilitasi Akses Layanan Kesehatan di Pedesaan
Sebagai negara kepulauan, akses kesehatan yang terjangkau menjadi suatu tantangan tersendiri bagi Indonesia. Untuk membantu mengatasi masalah ini, Haleon, pemimpin global dalam kesehatan konsumen dan produsen Panadol, bermitra dengan Halodoc, salah satu ekosistem kesehatan digital di Indonesia meluncurkan program Panadol Klinik Cekatan untuk mengatasi hambatan akses terhadap layanan kesehatan yang terjangkau, serta mendorong upaya kesadaran dan edukasi untuk memberdayakan masyarakat Indonesia dalam mengelola kesehatan sehari-hari dengan lebih baik.
Hingga saat ini, program Panadol Klinik Cekatan telah menjangkau lebih dari 4.000 orang, termasuk anak dan lansia, serta telah berhasil memberikan 7.000 konsultasi di lebih dari 30 lokasi di Kecamatan Pituruh dan Bruno, Kabupaten Purworejo dalam kurun waktu enam minggu.
Meskipun terdapat kemajuan besar dalam bidang medis, data, dan teknologi, kesehatan sehari-hari masih menjadi hal yang sulit dipahami oleh banyak orang. Berdasarkan United Nations Population Division World, 43% penduduk Indonesia tinggal di daerah pedesaan dengan akses perawatan diri dan kesehatan yang tidak memadai. Dalam Indeks Inklusivitas Kesehatan global pertama, yang diberikan oleh Haleon dan diterbitkan oleh Economist Impact pada Oktober 2022, menunjukkan bahwa Indonesia memiliki kinerja yang sejalan dengan rata-rata global, yang mengartikan adanya peluang lebih lanjut dalam infrastruktur dan kesehatan digital untuk memajukan inklusivitas kesehatan di Indonesia. Kebutuhan untuk memajukan bidang-bidang ini juga tercermin dalam rencana transformasi kesehatan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia yang berfokus pada teknologi kesehatan.
Sejalan dengan prioritas kebijakan kesehatan nasional, kemitraan Panadol Klinik Cekatan merupakan salah satu cara yang akan terus dikembangkan oleh Haleon untuk menjembatani kesenjangan dan memastikan masyarakat Indonesia memperoleh akses yang terjangkau dan berkualitas terhadap layanan kesehatan, serta mendapatkan pemberdayaan untuk berpartisipasi secara aktif dalam perawatan diri.
Dhanica Mae Tiu, General Manager, Indonesia, Haleon, mengatakan: “Sebagai pemimpin global dalam kesehatan konsumen, Haleon terus berkomitmen untuk mengupayakan kesehatan sehari-hari menjadi lebih mudah diakses, diraih, dan berkelanjutan. Kami berada dalam posisi unik untuk bekerja sama dengan organisasi yang memiliki tujuan serupa, seperti Halodoc, dalam berupaya menghilangkan beberapa hambatan terhadap kesehatan sehari-hari. Tidak hanya melalui kemudahan akses ke layanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas tinggi, tetapi juga melalui dorongan perawatan diri dan literasi kesehatan untuk mengambil tindakan pencegahan. Hingga pada akhirnya, memungkinkan masyarakat Indonesia untuk menjadi pengelola kesehatan sehari-hari yang lebih baik.”
Veronica Sari Utami, Chief Operating Officer, Halodoc, mengatakan: “Melalui program Panadol Klinik Cekatan bersama Haleon, kami optimis dapat menjadikan layanan kesehatan lebih mudah diakses oleh semua orang, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil. Kolaborasi strategis ini juga sejalan dengan misi Halodoc dalam mempermudah akses kesehatan melalui teknologi. Selain itu, Halodoc juga berkomitmen untuk memberikan komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) yang akurat dalam hal kesehatan, terutama mengenai pentingnya melakukan konsultasi dengan dokter berlisensi dalam mendapatkan perawatan kesehatan yang tepat.”
Suhariyono, Tunjungtejo, Camat Pituruh, mengatakan: “Kami sangat mengapresiasi inisiatif dari Panadol serta Halodoc, dan telah melihat secara langsung antusiasme yang begitu tinggi dari para peserta. Melalui (program) ini, mereka (masyarakat setempat) dapat memahami betapa pentingnya kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Harapan kami adalah agar program ini dapat berkontribusi dalam menjaga kesehatan masyarakat di sini sehingga nantinya dapat meningkatkan produktivitas mereka.”
Selain konsultasi gratis dan obat-obatan, layanan mobile clinic juga menyediakan sesi edukasi tentang pentingnya berkonsultasi dengan dokter berlisensi untuk mendapatkan perawatan kesehatan yang tepat, menjaga pola hidup sehat, dan berpartisipasi secara aktif dalam perawatan diri.
Tidak terbatas hanya di Jawa Tengah, Haelon dan Halodoc juga tengah berencana untuk memperluas cakupan layanan mobile clinic ke daerah pedesaan lainnya dan menambahkan fitur-fitur yang akan ditempatkan di masyarakat pada paruh kedua tahun ini untuk menjembatani mengatasi kesenjangan akses bagi lebih banyak orang di seluruh Indonesia.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi