Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Hai UMKM, 3 Tips ini Bisa Bikin Performa Bisnis Kamu Moncer Cari Cuan

        Hai UMKM, 3 Tips ini Bisa Bikin Performa Bisnis Kamu Moncer Cari Cuan Kredit Foto: Antara/Novrian Arbi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Semester kedua 2023 sudah di depan mata. Bagi pemilik bisnis, khususnya UMKM, pertengahan tahun menjadi waktu yang tepat untuk memonitor dan mengevaluasi performa bisnis selama semester pertama agar dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum mengembangkan strategi bisnis untuk sisa waktu jelang akhir tahun.

        Ferry Tenka, CEO Entrepreneur Solutions, SIRCLO mengatakan, sebagai omnichannel commerce enabler yang melayani bisnis berbagai skala termasuk UMKM, pihaknya menyadari pentingnya periode pertengahan tahun bagi pemilik bisnis. Periode ini memungkinkan pemilik bisnis untuk menarik wawasan selama enam bulan ke belakang dan menjadikannya sebagai basis yang kuat untuk menyusun strategi hingga akhir tahun.

        "Dengan optimisme perekonomian nasional pada awal tahun serta pola perilaku konsumen yang semakin terbentuk pasca pandemi, kami yakin pelaku UMKM dapat secara konsisten meningkatkan performa penjualan hingga akhir tahun. Tentunya hal ini dapat terwujud dengan strategi bisnis yang terpadu serta pemanfaatan teknologi yang maksimal. SIRCLO melalui SIRCLO Store siap mendorong pelaku UMKM berjuang meraih pencapaian yang bermakna sepanjang tahun 2023," ujarnya di Jakarta, Jumat (28/4/2023). Baca Juga: Lewat Strategi Pelatihan, PNM Bawa UMKM Meroket Saat Lebaran

        Untuk itu, Ferry membagikan tiga tips bagi para pelaku UMKM dalam mengevaluasi kinerjanya agar siap menghadapi semester kedua 2023.

        1. Pentingnya Memanfaatkan Momentum Spesial dalam Meluncurkan Kampanye Marketing

        Merek yang kuat dan dikenal di pasaran dapat membantu pelaku UMKM menarik pelanggan, memperkuat posisi merek di pasar, hingga akhirnya meningkatkan profitabilitas. Namun, jika strategi pemasaran tidak diperbarui serta tidak sesuai dengan tren pasar dan target audiens, hal tersebut dapat menjadi hambatan untuk meningkatkan visibilitas bisnis di mata konsumen. Oleh karena itu, peremajaan strategi kampanye marketing menjadi hal yang penting bagi pelaku UMKM agar dapat memperkuat relevansi mereka di pasar yang terus berkembang.

        Salah satu teknik pemasaran yang patut dicoba pelaku UMKM adalah meluncurkan kampanye yang dikaitkan dengan momentum spesifik. Beberapa momen yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan promosi di antaranya seperti momen hari raya Idul Fitri, Natal, Tahun Baru, atau bahkan pergantian tahun ajaran baru dan hari-hari spesial lainnya. Pelaku UMKM dapat mencoba mengimplementasikan berbagai jenis promosi seperti menggunakan packaging yang variatif, memberikan promo diskon dan potongan harga, ataupun menyediakan produk gimmick spesial yang khusus tersedia pada momen tersebut sehingga mendorong minat konsumen untuk membelinya.

        2. Ketahui Waktu Favorit Belanja Konsumen

        Berdasarkan data internal SIRCLO, selama kuartal pertama 2023 waktu favorit belanja konsumen terbagi menjadi dua rentang waktu, yakni pagi dan malam hari. Di pagi hari, konsumen rata-rata aktif berbelanja dari pukul 10.00 hingga 12.00. Sedangkan pada malam hari, konsumen aktif berbelanja di waktu pasca beraktivitas, yaitu pukul 19.00 hingga 21.00. Baca Juga: Arus Mudik Lebaran 2023 Meroket, KADIN: Berkah Bagi UMKM Oleh-oleh Khas Daerah

        Dengan mengetahui waktu favorit belanja konsumen, tentu pelaku UMKM perlu memanfaatkannya untuk meningkatkan performa penjualan. Terdapat beberapa trik yang patut dicoba untuk memaksimalkan cuan selama periode waktu favorit belanja konsumen, di antaranya memberikan promo dengan waktu terbatas, mempublikasikan konten promosi pada jam-jam khusus, hingga memaksimalkan iklan dengan konten yang bersifat interaktif, seperti dalam format video.

        3. Manfaatkan Strategi Penjualan Multikanal

        Berdasarkan riset SIRCLO dan Katadata Insight Center, 85,6% konsumen memilih marketplace sebagai kanal berbelanja online terfavorit. Selain itu, sebanyak 85,2% konsumen juga mengungkapkan preferensi mereka dalam menggunakan lebih dari satu marketplace untuk berbelanja daring. Dengan mengimplementasikan penjualan multikanal, pelaku UMKM dapat menyesuaikan perjalanan pembelian sesuai dengan kanal favorit konsumen sehingga pada akhirnya dapat memaksimalkan jangkauan produk. Baca Juga: SIRCLO Group Dongkrak Omzet UMKM Hingga 34%

        Selain itu, pelaku UMKM perlu memastikan bahwa setiap kanal penjualan yang digunakan dapat terintegrasi untuk proses bisnis yang lebih mulus dan transparan. Laporan Dampak SIRCLO Group 2022 menemukan bahwa 83,8% pemilik merek lokal mengalami kesulitan dalam mengelola penjualan online. Mereka harus mengelola setidaknya tiga saluran penjualan online setiap harinya, dengan dua di antaranya merupakan kanal marketplace.

        Dalam misinya untuk mendukung UMKM agar dapat terus mengembangkan bisnis secara digital, platform SIRCLO Store juga dilengkapi berbagai fitur lain yang dapat mempercepat akselerasi bisnis online UMKM, yakni fitur pembuatan situs toko online dan solusi berjualan melalui WhatsApp dengan Chat Commerce.

        “Kami harap melalui solusi dan layanan yang ditawarkan oleh SIRCLO Store, pelaku UMKM dapat menjalankan bisnis dengan semakin efisien dan berfokus pada pengembangan dan peningkatan kualitas produk yang ditawarkan,” tutup Ferry.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajar Sulaiman
        Editor: Fajar Sulaiman

        Bagikan Artikel: