Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Erick Thohir: Rekrutmen Bersama Dilakukan Demi Satukan BUMN Sejak Awal

        Erick Thohir: Rekrutmen Bersama Dilakukan Demi Satukan BUMN Sejak Awal Kredit Foto: Kementerian BUMN
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka rekrutmen pada tahun 2023. Dalam hal ini, rekutmen BUMN direncanakan akan dilakukan secara bersamaan. Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan, hal ini dimaksudkan agar BUMN dapat menyatu sejak awal.

        "Rekrutmen tidak individu. Karena saya ingin menyatukan BUMN sejak awal. Karena terkadang terjadi arogansi antara satu perusahaan dengan satu perusahaan lainnya. Ini tidak akan terjadi lagi nanti," kata Erick dalam keterangannya, Kamis (4/5/2023).

        Baca Juga: Transformasi BUMN Berbasis Harmoni Terbukti Memberi Hasil Positif

        Menurutnya, selama ini kerap muncul 'kerajaan-kerajaan' kecil di BUMN yang terkadang menghambat program percepatan kinerja BUMN secara keseluruhan.

        "Misalnya ada BUMN yang akan merger. Bisa terjadi corsec atau direksinya membuat pemberitaan masing-masing. Padahal tujuan (merger)-nya bagus. Itu terjadi karena atasnya terlalu banyak, jadi kerajaan-kerajaan. Makanya grouping kita kecilkan," ujar Erick.

        Bercermin pada pengalaman di atas, Ercik menegaskan rekrutmen tidak dilakukan secara parsial, melainkan harus bersamaan. Dengan cara tersebut, insan BUMN akan lebih menyatu sejak awal.

        "Kalau dari muda mereka sudah bersama, mereka akan ingat sewaktu sama-sama digembleng di Kopassus, sama-sama capek. Maka, masalah (persaingan) bisa dihindari, karena sejak muda mereka sudah saling kenal," katanya.

        Oleh karena itu, Erick menambahkan, dalam materi pelatihan akan ada tambahan, bukan hanya bela negara, tetapi juga pengenalan NKRI dan Pancasila.

        Sebagai informasi, Rekrutmen Bersama BUMN Dibuka Mei 2023. Bagi setiap pelamar, wajib memperhatikan tanggal-tanggal penting terkait rekrutmen BUMN 2023 tersebut.

        Pertama, Registrasi Rekrutmen BUMN 2023, mulai tanggal 5 hingga 20 Mei 2023. Kedua, Pengumuman Hasil Registrasi pada tanggal 1 Juni 2023.

        Ketiga, Tes Kemampuan Dasar dan Akhlak, mulai 10 sampai 19 Juni 2023. Keempat, Pengumuman Hasil Tes Kemampuan Dasar dan Akhlak, pada 28 Juni 2023.

        Kelima, Tes Bahasa Inggris, berlangsung dari tanggal 8 sampai 12 Juli 2023. Keenam, Pengumuman Tes Bahasa Inggris, pada 19 Juli 2023.

        Baca Juga: Tembus Rp80,2 T, Pengamat Apresiasi Kinerja Erick Thohir Cetak Rekor Dividen BUMN Terbesar Sepanjang Sejarah

        Ketujuh, Tes BUMN meliputi Tes Kompetensi Bidang, User Interview, Socmed Analytic dan Digital, Mindset, Medical Check Up, berlangsung mulai tanggal 22 Juli hingga 9 Agustus 2023.

        Kedelapan, Pengumuman Akhir, berdasarkan hasil kelulusan tes oleh BUMN yang diinput melalui sistem, pada tanggal 16 Agustus 2023.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
        Editor: Ayu Almas

        Bagikan Artikel: