Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Layanan TIKI SERLOK Dukung UMKM Indonesia Tingkatkan Daya Saing di Era Ekonomi Digital

        Layanan TIKI SERLOK Dukung UMKM Indonesia Tingkatkan Daya Saing di Era Ekonomi Digital Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI), perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia dengan rekam jejak 53 tahun di Indonesia, berkomitmenya untuk terus memperluas cakupan layanan TIKI SERLOK (Seller Online Booking) hingga ke seluruh wilayah Indonesia agar dapat mendukung lebih banyak lagi UMKM Indonesia tumbuh dan berkembang dengan daya saing yang terus meningkat di era ekonomi digital.

        Dengan bergabung menjadi member TIKI SERLOK, UMKM Indonesia akan memperoleh berbagai manfaat dan penawaran khusus yang mendukung kebutuhan usahanya mulai dari diskon harga sebesar 18 %, fleksibilitas pembayaran H+2 menggunakan virtual account, fasilitas pick up gratis, hingga bonus dan rewarding seller. Member TIKI SERLOK juga akan memperoleh informasi dan mendapatkan kesempatan mengikuti berbagai workshop dan pelatihan terkait pengembangan bisnis dan pemasaran digital yang diselenggarakan oleh TIKI.

        Dalam sambutannya di Acara Ngobrol Bareng TIKI, Yulina Hastuti, Direktur Utama TIKI menyampaikan bahwa era digital memberikan ruang yang besar bagi para pelaku UMKM untuk dapat mempromosikan produknya, dan menjangkau pelanggan lintas kota dan lintas wilayah.

        “Memahami cara yang tepat dalam memanfaatkan platform digital sangat menentukan efektivitas pemasaran dan konversinya menjadi penjualan. Pelaku UMKM juga perlu memastikan dapat memenuhi janji dalam promosi pemasarannya antara lain kualitas produk dan pengiriman. Melalui TIKI SERLOK, TIKI ingin turut berkontribusi dalam mendukung UMKM Indonesia dalam menggarap pasar digital yang sangat besar ini dengan menyediakan berbagai kemudahan transaksi, keuntungan finansial hingga pengembangan kompetensi dalam bisnis dan pemasaran digital.” ucap Yulina.

        Ia mengatakan, acara Ngobrol Bareng TIKI merupakan salah satu bentuk dukungan TIKI dalam pengembangan kompetensi UMKM dengan memfasilitasi kegiatan diskusi rutin untuk bertukar pengalaman, pengetahuan serta promosi antar sesama member. TIKI juga turut mempromosikan usaha member TIKI SERLOK melalui kanal media sosial TIKI, dan menyediakan sarana dan SDM untuk membantu member yang membutuhkan bantuan dalam pengiriman barang.

        Ngobrol Bareng TIKI kali ini, TIKI menghadirkan pembicara Arto Biantoro, Brand Activist dan Uriel Laguarda, F&B entrepreneur & business owner Pempek CRP Pusat; serta Adam Ismanto, Senior Manager Nasional TIKI yang mengulas topik “Strategi Penting Meningktkan Brand dan Omset Penjualan”. 

        Adam Ismanto menjelaskan, “TIKI telah menjadi mitra pengirimant erpercaya bagi pelaku UMKM selama 53 tahun. Dan kami sangat memahami bahwa biaya pengemasan dan pengiriman dapat menjadi komponen biaya yang cukup besar, belum lagi pencatatannya yang memakan waktu dan tenaga. Hal ini lah yang melatarbelakangi diluncurkannya TIKI SERLOK di tahun 2020 lalu, dimana kami melihat kebutuhan pelanggan UMKM akan mitra kurir yang dapat memberikan fleksibilitas pembayaran dan manfaat lebih bagi mereka yang secara rutin memiliki kebutuhan pengiriman. Tidak hanya itu, sistem bonus dan rewarding yang kami berikan dapat memberikan penghasilan tambahan bagi pelanggan UMKM kami dari biaya pengiriman mereka setiap bulannya.”

        Banyaknya produk yang sejenis mendorong kreativitas yang lebih tinggi bagi para pemilik brand. Memahami customer journey sebagai bagian dari proses pembangunan relasi dan kedekatan dengan konsumen menjadi sebuah keharusan. Oleh karena itu bukan hanya sekedar menjual, pemilik brand harus peka dalam memahami tingkah laku dan kebiasaan konsumen, lalu menjadikannya dasar dalam menciptakan sebuah customer experience. Dalam konteks penjualan online, salah satu unsur krusial yang melengkapi customer experience terhadap satu brand adalah proses pengirimannya. Pemilik brand harus memastikan barang dapat sesegera mungkin diterima oleh konsumen dan sesuai janji.” Ucap Arto Biantoro,

        "Sekarang ini teknologi semakin berkembang sehingga memudahkan proses transaksi, dan memungkinkan kita untuk mengembangkan bisnis dengan lebih cepat. Sebagai salah satu member TIKI SERLOK, saya merasakan langsung bagaimana nilai tambah yang diberikan sangat mendukung kebutuhan pelaku UMKM. Terutama fleksiibilitas tempo pembayaran dan sistem pelaporan riwayat transaksi yang membuat pekerjaan saya lebih efektif dan terkonsentrasi pada upaya pemasaran dan penjualan. Kemitraan seperti ini yang dibutuhkan pelaku UMKM," tambah Uriel Laguarda.

        TIKI SERLOK menyasar para UMKM yang mayoritas memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram dan Facebook untuk menjual produknya. Sejak diluncurkan, TIKI SERLOK terus diperluas cakupannya dari sebelumnya hanya di DKI Jakarta, saat ini telah berada di 50 Cabang utama di 33 kota di seluruh Indonesia.

        “TIKI selalu berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik dan menjadi mitra yang memahami kebutuhan tiap-tiap pelanggan kami. Baru-baru ini, kami memperoleh penghargaan Service Quality Award sebagai salah satu perusahaan jasa kurir yang memperoleh peringkat Diamond dari survei Service Quality Index yang diselenggarakan oleh Carre Service Quality Monitoring bersama Majalah Marketing. TIKI menjadi bagian dari 5 perusahaan kurir dengan peringkat Diamond, dimana TIKI mendapatkan penilaian tertinggi pada aspek akses, proses, SDM dan kualitas layanan. Hal ini tentunya menjadi sebuah pencapaian sekaligus motivasi bagi TIKI untuk semakin lebih baik lagi ke depannya”, tutup Yulina.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Sufri Yuliardi
        Editor: Sufri Yuliardi

        Bagikan Artikel: