Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Ringkas Raih Pendanaan Tahap Awal Rp52 Miliar dari East Ventures dan Crestone Venture Capital

        Ringkas Raih Pendanaan Tahap Awal Rp52 Miliar dari East Ventures dan Crestone Venture Capital Kredit Foto: East Ventures
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Platform yang membantu proses kredit kepemilikan rumah (KPR) digital asal Indonesia, Ringkas, berhasil meraih pendanaan tahap awal senilai US$3,5 juta atau Rp52 miliar dari investor yang dipimpin oleh East Ventures dan Crestone Venture Capital.

        Menurut keterangan tertulisnya, Rabu (31/5/2023), pendanaan ini turut diikuti oleh investor lainnya seperti 500 Global, Teja Ventures, Orvel Ventures, Hustle Fund dan lain-lain.

        Hadirnya pendanaan tersebut untuk membantu Ringkas memperluas jangkauannya ke berbagai kota di Indonesia serta pasar sekunder.

        Baca Juga: East Ventures Tanam Modal ke Startup Teknologi Kesehatan AMILI, Bakal Ekspansi ke Indonesia

        Co-founder Ringkas, Ilya Kravtsov menyatakan bahwa setelah meraih pendanaan tahap awal, Ringkas akan mendukung penyaluran KPR sekitar US$200 juta atau Rp3 triliun dalam 6-12 bulan ke depan.

        Ringkas juga menargetkan peluncuran lebih dari 100 proyek di 34 kota di Indonesia. Menurut Kravtsov, putaran pendanaan terbaru ini digunakan untuk mempercepat teknologi perusahaan tersebut ke wilayah Indonesia yang belum dijangkau.

        “Putaran pendanaan terbaru ini akan digunakan untuk mempercepat adopsi teknologi Ringkas di wilayah Indonesia yang belum dijangkau saat ini,” ujarnya.

        Sementara itu, Partner East Ventures, Avina Sugiarto menyatakan dukungan perusahaan modal kapital tersebut terhadap revolusi solusi pembiayaan kepemilikan rumah melalui Ringkas.

        “Dengan rekam jejak yang kuat, kami yakin solusi inovatif yang dihadirkan Ringkas akan memungkinkan proses kepemilikan rumah yang lebih nyaman dan efisien bagi jutaan orang di Indonesia,” ujar Avina.

        Sejak awal 2023, Ringkas tercatat sebagai operator inovasi keuangan digital yang diatur Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan telah memperoleh sertifikasi ISO 27001.

        Perusahaan yang berbasis di Jakarta Selatan ini didirikan pada awal tahun 2022 oleh Ilya Kravtsov, Leroy Pinto, Puguh Widyoko, dan Yoko Simon. Sebagai platform KPR digital, keempat co-founder ini sepakat untuk mengembangkan Ringkas setelah menemukan solusi dari masalah kepemilikan rumah di Indonesia.

        Ringkas menghimpun data bahwa terdapat rasio KPR terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yakni 3,25%, masih jauh leibh rendah dibanding India yang telah mencapai 11% dari PDB, atau Amerika Serikat (AS) yang sudah lebih dari 50%. Di samping itu, Indonesia juga menghadapi tantangan backlog perumahan dengan jumlah 12,75 juta unit yang terus meningkat tiap tahun.

        Ringkas menjembatani kesenjangan antara jutaan pencari rumah, 12 ribu pengembang properti, dan 1.200 bank serta lembaga keuangan lainnya dengan mempermudah dan mempercepat pengajuan KPR. Visi Ringkas yakni membantu 100 juta orang Indonesia memiliki rumah dengan kPR.

        Hadir untuk merevolusi pembelian rumah di Indonesia, Ringkas memberikan solusi komprehensif yang menyederhanakan seluruh proses KPR. Tidak seperti KPR konvensional yang melibatkan proses manual, panjang, dan kurang transparan, Ringkas menawarkan proses prakualifikasi real-time, ramah pengguna. Hasilnya, konsumen mudah mengajukan KPR ke beberapa bank secara bersamaan secara transparan dengan berbagai pilihan yang dapat diandalkan.

        Tidak hanya itu, salah satu fokus utama Ringkas dalam proses KPR digital adalah perlindungan data konsumen. Ringkas memiliki jejak audit data yang lengkap dan sangat membatasi akses data pengguna platform sesuai hak dan kepentingannya.

        Hingga saat ini, Ringkas memperoleh suplai rumah sekitar US$2 miliar atau Rp30 triliun dengan menjalin kemitraan bersama pengembang properti besar, juga bermitra dengan bank terkemuka seperti BCA, Bank Mandiri, BRI, BSI, Bank CIMB Niaga, Bank Permata, Bank Danamon, Maybank Indonesia, OCBC NISP, UOB Indonesia, Bank Panin, Bank CCB Indonesia, dan lain-lain. 

        Co-founding Partner Crestone Venture Capital, Inanc Balci menyatakan, sebagai perusahaan ventura modal yang fokus pada teknologi finansial (fintech) di negara berkembang, berkomitmen mendukung Ringkas.

        “Kami sangat mendukung Ringkas dalam mencapai misinya untuk membuat proses kepemilikan rumah lebih cepat, lebih mudah, dan lebih terjangkau bagi semua orang Indonesia,” jelasnya. 

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Nadia Khadijah Putri
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: