Dukung Literasi Keuangan, Fadjar Gunawan: Kita ingin Masyarakat Indonesia Lebih Sadar Asuransi
Tingkat literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia untuk perasuransian masih sangat rendah. Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2022, tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia untuk perasuransian berada pada angka 31,72%, lebih rendah jika dibandingkan dengan tingkat literasi keuangan nasional sebesar 49,68%.
Hal ini menggugah Panin Dai-ichi Life untuk melakukan kegiatan literasi keuangan secara rutin, khususnya mengenai asuransi kepada masyarakat melalui kerja sama dengan organisasi dan komunitas yang ada di masyarakat.
Seperti bekerja sama yang dilakukan dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Citra Binar Rahma di Jakarta Barat. Di sini Panin Dai-ichi Life mengadakan literasi keuangan kepada wali murid dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kegiatan ini dilakukan sebagai rangkaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2023 dan sekaligus program Corporate Social Responsibility (CSR) yang diadakan pada Jumat, 9 Juni 2023.
Acara ini dihadiri oleh Ernawati Malikin, Chief Medical Officer Panin Dai-ichi Life, dan Andre Yoginata, Head of Marketing and Corporate Communications Panin Dai-ichi Life. Dari PKBM Citra Binar Rahma hadir Dewi Rachmawati, Plt. Kepala Sekolah; Syuriyah, Wakil Kepala Sekolah dan Ade Saepudin, Kepala PKBM Citra Binar Rahma.
Selain melakukan talk show literasi keuangan yang berisi sosialisasi mengenai perencanaan keuangan, asuransi, dan risiko, pada kesempatan itu Panin Dai-ichi Life melalui Panin Dai-Ichi Life Peduli juga melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan memberikan dan menyerahkan donasi berupa perlengkapan sekolah, tas sekolah, dan alat tulis untuk murid-murid PAUD PKBM Citra Binar Rahma
Secara terpisah Presiden Direktur Panin Dai-ichi Life, Fadjar Gunawan mengatakan, “Peningkatan pemahaman dan literasi keuangan adalah bagian dari langkah aktif perusahaan agar masyarakat mampu memilih dan memanfaatkan produk dan layanan jasa asuransi yang sesuai kebutuhan sehingga masyarakat akan memiliki kemampuan dalam melakukan perencanaan keuangan dengan lebih baik. Demikian pula dengan kegiatan literasi keuangan seperti ini, kami ingin agar masyarakat memahami bahwa pada dasarnya asuransi jiwa berfungsi sebagai proteksi atau perlindungan, baik untuk jiwa maupun kesehatan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi