Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Bantu UMKM Ekspor Hingga ke Amerika Latin, Menteri Zulhas: Terima Kasih Shopee

        Bantu UMKM Ekspor Hingga ke Amerika Latin, Menteri Zulhas: Terima Kasih Shopee Kredit Foto: Annisa Nurfitriyani
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Shopee Indonesia menyatakan bahwa saat ini sudah lebih dari 20 juta produk UMKM lokal yang telah tergabung dalam program ekspor melalui mekanisme lintas batas dan menembus ke kawasan Asia Tenggara, Asia Timur dan Amerika Latin. 

        Untuk semakin menggencar ekspor produk lokal ke pasar mancanegara, Shopee menghadirkan gudang ekspor terbaru untuk memfasilitasi lebih banyak produk UMKM ekspor melalui Program Ekspor Shopee. 

        Hal ini juga sejalan dengan komitmen pemerintah dalam mendukung UMKM lokal agar berdaya saing global dan menjadi bagian dari rantai pasok global, Shopee menghadirkan gudang ekspor terbaru. 

        Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan mengapresiasi langlah Shopee dalam membantu UMKM Indonesia untuk menjangkau pasar dunia. 

        Menurut Zulkifli, hal ini manandakan upaya yang dilakukan pemerintah telah berhasil mendorong perekonoomian dengan menciptakan iklim usaha yang kondusif. 

        Meski begitu, Ia menilai bila perlu kerja sama yang erat antara pemerintah dan para pelaku usaha untuk menata industri ini, khususnya e-commerce agar bisa semakin berkembang yang pada akhirnya membantu para UMKM untuk tumbuh. 

        Baca Juga: Shopee Dukung UMKM dari Buka Kampus Hingga Bantu Ekspor

        “Saya berterima kasih kepada Shopee atas perannya sebagai penyambung bagi Penjual. Melalui e-commerce seperti Shopee, Penjual dapat terhubung langsung kepada Pembeli. Shopee membantu UMKM kita agar punya akses  pasar sampai ke Malaysia sampai ke Thailand, dengan sistem e-commerce sekarang. Jadi inilah yang harus ditata agar e-commerce terus berkembang, bisa mendukung UMKM agar bisa ekspor,” jelas Zulkifli, dalam sambutannya kala menghadiri pembukaan Gudang Ekspor Shopee, di Jakarta, Rabu (30/8/2023). 

        Dalam kesempatan yang sama, Director and Country Head Sea Group Indonesia, Kiky Hapsari menjelaskan sebagai perusahaan teknologi, Sea Group, melalui Shopee Indonesia, merasa bangga dapat berpartisipasi aktif sebagai enabler dari perkembangan bisnis UMKM lokal menjangkau pasar global. 

        “Gudang ini merupakan infrastruktur penunjang dari program Ekspor yang sudah dijalankan oleh Shopee saat ini. Tadi kita bisa lihat bagaimana mudahnya proses ekspor melalui Shopee. Kami juga bangga menyampaikan ada 20 juta produk UMKM lokal yang tersedia di pasar di Asia Tenggara, Asia Timur dan Amerika Latin,” kata Kiky.

        Program Ekspor Shopee memberikan kemudahan bagi UMKM lokal untuk melakukan ekspor. Setelah mendapatkan pesanan dari pembeli di negara lain, pelaku UMKM hanya perlu mengirimkan produk mereka ke Gudang Ekspor Shopee karena proses dan operasional manajemen produk pengiriman akan dilakukan oleh Shopee ke negara tujuan ekspor.

        Proses yang dilakukan dalam Gudang Ekspor Shopee meliputi Area Penerimaan Barang untuk Diekspor (Export Inbound Line, Inbound Area, X-Ray Area dan Label Area), Area Pengumpulan (Sorting Area, Bagging Area dan Staging Area Export), Area Pengiriman Barang untuk Diekspor (Export Outbound Line).

        Peresmian Gudang Ekspor Shopee hari ini, melengkapi program dan komitmen Shopee dalam membawa UMKM lokal ke pasar global, termasuk kolaborasi penguatan UMKM Ekspor, program ‘Bimbel Shopee Ekspor’, dan pendaftaran Program Ekspor Shopee & Kampus UMKM Shopee Melalui Kanal Shopee Pilih Lokal. 

        Baca Juga: Rayakan Hari UMKM Nasional, Ibu Pengrajin Tembus Pasar Ekspor Bersama Shopee

         Ketiga program ini menjadi tambahan dari program lain yang telah berjalan yakni program pelatihan dan pendampingan UMKM secara online, Bimbel Shopee; one-stop facility pelatihan dan penunjang, Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor; kemudahan ekspor ke berbagai negara, Program Ekspor Shopee; dan juga kampanye tematik khusus dengan promo spesial di setiap tanggal 17 bagi produk UMKM, Bazaar Shopee Pilih Lokal.

        Shopee terus berusaha untuk menghadirkan solusi lengkap dari hulu hingga hilir untuk menciptakan UMKM lokal berdaya saing global. Untuk meningkatkan visibilitas produk UMKM dan meningkatkan jumlah konversi penjualan, Shopee juga memberikan promo menarik bagi pembeli setiap tanggal 17 dan juga menampilkan produk-produk UMKM lokal di laman utama aplikasi Shopee melalui kanal Shopee Pilih Lokal.

        “Kami berharap dengan kehadiran fasilitas baru ini dapat mempermudah lebih banyak UMKM lokal untuk bisa mengibarkan bendera Merah Putih di panggung dunia. Sejalan dengan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM, kami ingin terus membawa yang terbaik dari Indonesia ke panggung dunia,” tutup Kiky.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Annisa Nurfitri
        Editor: Annisa Nurfitri

        Bagikan Artikel: