Mastercard Tunjuk Aileen Goh sebagai Country Manager dan President Director Indonesia
Perusahaan teknologi global di industri pembayaran, Mastercard mengumumkan penunjukkan Country Manager dan President Director untuk Indonesia, Aileen Goh pada Selasa (5/9/2023).
Dilansir dari keterangan resminya pada Selasa (5/9/2023), Aileen yang berkantor di Jakarta ini akan memimpin seluruh kegiatan operasional Mastercard di Indonesia dan memimpin upaya perusahaan dalam mengembangkan infrastruktur pembayaran digital di Indonesia.
Baca Juga: Apresiasi Program Strive Indonesia, Mastercard: Kolaborasi Ini untuk UMKM dan Pengusaha Perempuan
Mastercard berkomitmen untuk mendukung Bank Indonesia (BI) dalam perwujudan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025, sekaligus visi BI untuk mewujudkan ekonomi modern tanpa uang tunai dan inklusif. Selain itu, hal ini juga berkaitan dengan upaya BI yang menargetkan penyediaan akses ke layanan keuangan formal kepada 91,3 juta individu belum memiliki rekening bank dan lebih dari 62 juta pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
Aileen bergabung dengan Mastercard sejak 2016 sebagai bagian dari tim Digital Payments. Ia memimpin upaya pengembangan dan adopsi standar pembayaran Quick Response (QR) EMV yang pertama di dunia di wilayah India dan Asia Tenggara.
Pada 2019, Aileen ditunjuk sebagai Country Manager untuk Thailand dan Myanmar, yang berperan penting dalam memperluas penggunaan debit dan mengakselerasi pertumbuhan penggunaan pembayaran QR dan nirsentuh (contactless). Ia juga berdedikasi dalam mendorong agenda besar keamanan siber di seluruh industri untuk memastikan pembayaran yang aman dan mudah bagi konsumen dan pelaku usaha di kedua negara tersebut.
Division President Asia Tenggara Mastercard, Safdar Khan mengatakan, perekonomian digital Indonesia tengah mengalami pertumbuhan pesat. Dengan ditunjuknya Aileen yang berpengalaman selama 15 tahun di bidang teknologi dan inovasi pembayaran, akan membantu mengembangkan Mastercard di Indonesia.
“Aileen juga akan bekerja berdampingan dengan berbagai pemangku kepentingan, untuk mendorong upaya Mastercard dalam memperluas inklusi keuangan, mempromosikan pembangunan yang merata dan berkelanjutan,” ujar Khan dalam keterangan resminya yang dilansir pada Selasa (5/9/2023).
Sebelum bergabung dengan Mastercard, Aileen bekerja di Singapore Telecommunications dan memimpin sejumlah program utama, termasuk peluncuran dompet digital perusahaan telekomunikasi tersebut. Ia juga merupakan anggota Nanyang Business School Alumni Advisory Board di Singapura, serta menjadi bagian dari AMCHAM Thailand Board of Governors.
“Saya merasa sangat antusias untuk mengelola operasional Mastercard di Indonesia, negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara dengan fokus mendalam pada digitalisasi dan inklusi keuangan. Mastercard berkomitmen untuk memperluas transformasi digital untuk seluruh masyarakat dan pelaku usaha di Indonesia,” ujar Aileen.
“Saya sangat bersemangat untuk bekerja bersama tim yang luar biasa untuk mencapai tujuan ini dan membantu mendorong masa depan pembayaran dan teknologi di Indonesia,” pungkasnya.
Adanya penunjukkan Country Manager dan President Director yang baru inini merupakan peralihan jabatan Navin Jain, dari dari Country Manager dan President Director di Indonesia untuk memimpin strategi Retail & Commerce Mastercard di Asia Tenggara, sebagai bagian dari ekspansi perusahaan ke segmen nonlembaga keuangan.
Navin telah bersama Mastercard selama lebih dari 16 tahun, termasuk 5 tahun di Indonesia, di mana ia sebelumnya menjabat sebagai Head of Market Development sebelum menjadi Country Manager pada tahun 2020.
Selama kepemimpinan Navin di Indonesia, ia memimpin berbagai proyek untuk meningkatkan inklusi keuangan dan digital. Ia mendukung kemitraan antara Mastercard dengan bank, perusahaan fintech, perusahaan internet economy, LSM, dan lembaga pemerintah untuk mendorong inovasi dalam solusi pembayaran, mempromosikan literasi keuangan digital, dan menjembatani kesenjangan inklusi keuangan di Indonesia.
“Saya yakin bahwa dengan peran barunya, Aileen dan Navin dapat membawa bisnis Mastercard ke tingkatan yang lebih tinggi,” tutup Safdar.
Baca Juga: Kerja Sama dengan BNI, V2 Hadirkan Teknologi AR dan VR untuk Project Layanan Digital Interaktif
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Nadia Khadijah Putri
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait: