Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) kembali menggelar Festival CreArtive LPS 2023, yaitu ajang kompetisi video pendek dan poster iklan layanan masyarakat yang bertujuan untuk menggali kreativitas positif dalam menyampaikan pesan edukatif tentang keuangan di kalangan masyarakat Indonesia.
“Kita ingin mengajak generasi muda dalam mengekspresikan ide-ide kreatif tentang isu-isu keuangan. Dan melalui festival ini, LPS ingin mengajak masyarakat untuk lebih cermat dalam menyaring informasi keuangan, dan yang paling penting, menunjukkan kepada masyarakat bahwa LPS ada di tengah masyarakat dan selalu siap menjamin simpanan mereka,” ujar Sekretaris Lembaga LPS Dimas Yuliharto, di Jakarta, Rabu (20/9/2023).
Dimas lantas menjelaskan, disinformasi atau informasi yang tidak jelas mengenai isu keuangan, turut berpengaruh terhadap tingkat pemahaman yang masih rendah di masyarakat, terutama tentang inklusi dan literasi keuangan. Baca Juga: LPS Fasilitasi Pengembangan Batik Indonesia Berteknologi Modern
“Oleh karena itu, LPS berkomitmen untuk terus mendukung berbagai upaya yang bertujuan meningkatkan literasi keuangan masyarakat. Salah satu caranya adalah dengan memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat, antara lain dengan menggelar Festival CreArtive 2023,” jelasnya.
Sineas dan penulis terkemuka Fajar Nugros yang ditunjuk sebagai salah satu juri di kompetisi ini mengatakan, kreativitas adalah salah satu hal yang dapat dimanfaatkan untuk mentransformasikan pesan-pesan seputar keuangan.
“Yang selama ini terkesan ‘kurang diterima’ oleh sebagian masyarakat, menjadi pesan yang lebih menarik dan mudah diterima publik, dan Festival CreArtive 2023 adalah momentum yang tepat,” tambahnya.
Selain kompetisi karya video dan poster iklan layanan masyarakat, melalui Festival CreArtive 2023, LPS juga akan mengadakan roadshow bersama Fajar Nugros di 3 kota besar seperti, Bandung (27 September 2023), Yogyakarta (4 Oktober 2023) dan, Jakarta (17 Oktober 2023). Baca Juga: Sinergi Penegakan Hukum, LPS Lakukan Sosialisasi dan FGD Bersama Kejaksaan RI
Melalui ajang kreatif yang dapat diikuti secara GRATIS ini, generasi muda diajak untuk membuat karya berupa video pendek atau poster iklan layanan masyarakat, baik berupa himbauan, ajakan, testimoni, ataupun tutorial. Pendaftaran karya diterima paling lambat tanggal 31 Oktober 2023. Dapatkan total hadiah ratusan juta rupiah.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman
Tag Terkait: