- Home
- /
- EkBis
- /
- Transportasi
Ini Dia Empat Strategi Bertransformasi Digital Ala ASDP, Pelaku Usaha Wajib Tahu!
Transformasi digital adalah suatu keharusan yang harus dilakukan bagi dunia usaha, seperti PT ASDP Indonesia Ferry, sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang pelayaran dan kepabeanan, telah berhasil melakukan transformasi digital yang mengesankan dalam beberapa tahun terakhir.
Meskipun telah berusia 50 tahun, perusahaan ini mampu beradaptasi dengan era digital. "Kami akan mengeksplorasi strategi ASDP dalam menjalankan transformasi digital, serta bagaimana mereka membangun budaya digital dan keterampilan digital untuk mendukungnya," ucap Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi, mengutip dari kanal YouTube Dr. Indrawan Nugroho, Kamis (12/10/2023).
ASDP Indonesia Ferry mengelola 27 cabang, 307 lintasan, dan 226 kapal untuk layanan SDP Plus Jembatan Nusantara. Selain itu, ada 36 lintasan untuk SDP Plus KSO. ASDP Indonesia Ferry merupakan bagian dari pemain utama dalam industri pelayaran di Indonesia.
Baca Juga: Tanam 1.000 Bibit Pohon Mangrove, ASDP Berkontribusi untuk Masa Depan Pesisir Indonesia
"Transformasi digital perusahaan merupakan respons terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan pelanggan. Kami sendiri telah menciptakan aplikasi Ferizy yang kini telah digunakan oleh masyarakat di balik layanan pelabuhan dan operasional kapal," kata Ira.
Menurut Ira, teknologi digital memilki peran penting, dan ASDP telah menerapkan empat strategi dalam melakukan transformasi digital di antaranya:
1. Penggunaan Aplikasi
ASDP telah mengembangkan aplikasi Ferizy yang memudahkan pelanggan untuk mengakses layanan. Hal ini diperlukan untuk menciptakan kenyamanan bagi pengguna dan meningkatkan efisiensi.
2. Teknologi Digital Terintegrasi
Mengintegrasikan teknologi digital di seluruh operasional ASDP. Mulai dari manajemen lintasan hingga monitoring kapal, teknologi digital telah meningkatkan efisiensi dan keamanan.
3. Pelatihan Keterampilan Digital
ASDP telah berinvestasi dalam pelatihan karyawan untuk meningkatkan keterampilan digital. Termasuk penggunaan sistem, pemahaman data, dan adaptasi terhadap teknologi baru.
4. Kerja Sama dengan Mitra Digital
ASDP telah bermitra dengan perusahaan teknologi dan startup yang relevan untuk mempercepat transformasi digital perusahaan.
Dengan strategi ini, ASDP Indonesia Ferry dikatakan Ira telah berhasil bertransformasi menjadi perusahaan yang lebih siap menghadapi tantangan dan peluang di era digital.
"Kami tidak hanya menciptakan perubahan dalam layanan perusahaan tetapi juga dalam budaya perusahaan, di mana inovasi digital dihargai dan menjadi bagian dari identitas perusahaan. Transformasi digital dapat dilakukan setiap pelaku usaha, asal menyesuaikan dengan bidangnya," papar Ira.
Baca Juga: 4 Tahun Bersama Erick Thohir, Digitalisasi Jadi Tonggak Kebangkitan ASDP
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Naeli Zakiyah Nazah
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: