Sandiaga: Sektor Swasta Berperan Penting Dukung Perekonomian dan Pariwisata Indonesia
Sektor swasta memiliki peran penting dalam mendukung perkembangan perekonomian dan pariwisata di Indonesia. Demikian yang disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, dalam acara MILO ACTIV Indonesia Race (MAIR) 2023 Jakarta series yang diikuti oleh 13 ribu pelari, belum lama ini.
"Sebagai mitra co-branding Wonderful Indonesia, kami mengapresiasi komitmen Nestlé MILO yang konsisten menyelenggarakan MILO ACTIV Indonesia Race. Pemerintah mendukung acara olahraga ini untuk dimaksimalkan, karena dapat berdampak pada peningkatan ekonomi daerah, serta membangkitkan sport tourism sehingga turut membantu sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia," ujar Sandiaga.
Selain sandiaga, hadir pula dalam acara MAIR 2023 Jakarta Series Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Rachmat Kaimudin, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Presiden Direktur PT Nestlé Indonesia Samer Chedid didampingi Direktur Corporate Affairs PT Nestlé Indonesia Sufintri Rahayu, dan Business Executive Officer Beverages & Culinary Dairy Business Unit PT Nestlé Indonesia Alaa Shaaban. Baca Juga: Bangkit Lewat Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno Turun Dongkrak Ekosistem Film di Indonesia
Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dito Ariotedjo menuturkan, pelaksanaan MILO ACTIV Indonesia Race sejalan dengan upaya pemerintah dalam menggelorakan semangat olahraga bagi seluruh masyarakat Indonesia. "Untuk itu, apresiasi kepada Nestlé MILO yang konsisten menghadirkan kategori Family Run. Hal ini dapat menginspirasi para orang tua untuk mengajarkan olahraga sejak dini kepada anak-anak. Kami berharap MAIR dapat mengajak seluruh lapisan masyarakat menuju Indonesia Sehat dan Bugar 2045,” imbuhnya.
Selain itu, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, juga menyambut baik pelaksanaan MAIR 2023 Jakarta series. “Kami mendukung inisiatif Nestlé MILO menghadirkan acara lari di DKI Jakarta. Kegiatan ini mendukung program Pemerintah untuk menjadikan Jakarta sebagai destinasi wisata olahraga dan juga dalam mewujudkan budaya hidup sehat dan aktif bagi warga Jakarta," pungkasnya.
Dalam kesempatan yang sama, Samer Chedid, Presiden Direktur PT Nestlé Indonesia menghargai antusiasme masyarakat untuk mengikuti MAIR 2023 Jakarta Series. “Luar biasa melihat ribuan pelari hadir pada Minggu pagi ini! Nestlé MILO berkomitmen untuk menginspirasi masyarakat Indonesia aktif berolahraga, untuk itu kami meningkatkan slot pelari hingga 13.000 peserta. Jumlah ini melonjak hampir tiga kali lipat dari tahun lalu. Selamat kepada seluruh para pemenang maupun peserta yang telah berjuang hingga garis finish dengan penuh semangat. Terima kasih kepada Pemerintah Indonesia dan mitra lainnya yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini dengan baik."
Lebih lanjut, Business Executive Officer Beverages & Culinary Dairy Business Unit PT Nestlé Indonesia Alaa Shaaban mengatakan, selama lebih dari 10 tahun, Nestlé MILO konsisten menyelenggarakan kegiatan lari, salah satunya melalui MILO ACTIV Indonesia Race.
"Sebagai bagian penyelenggaraan MAIR 2023 Jakarta Series, Nestlé MILO mengadakan Road to MILO ACTIV Indonesia Race Jakarta Series, antara lain Fun Run 5K bersama komunitas yang diadakan di delapan kota di Indonesia yaitu Bandung, Yogyakarta, Palu, Bali, Makassar, Surabaya, Semarang, dan Medan. Selain itu, Fun Run 6,8K di Jakarta bersama 52 komunitas Jabodetabek pada 10 September 2023, dan strength training bersama 16 komunitas Jabodetabek pada 14 September 2023," tuturnya. Baca Juga: Digitalisasi Seni dan Budaya untuk Memajukan Pariwisata Indonesia
Adapun MAIR 2023 Jakarta Series terbagi dalam tiga kategori 10K, 5K, dan Family Run 2,5K. Juara kategori 10K Putra direbut oleh Sedilta Pilon Nubatonis dengan catatan waktu 33 menit, 35 detik dan berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp5 juta. Sedangkan untuk kategori 10K Putri, Aprilia Kartina menjadi yang terbaik dengan catatan waktu 39 menit, 42 detik, berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp5 juta.
Selain MILO ACTIV Indonesia Race, Nestlé MILO terus konsisten menghadirkan beragam kegiatan olahraga lainnya di bawah naungan MILO ACTIV Indonesia yang juga merupakan hasil kerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, antara lain MILO ACTIV Academy, Tantangan Juara MILO, MILO National Championship serta Program Pengembangan Olahraga di Sekolah Dasar. Nestlé MILO percaya bahwa olahraga adalah guru terbaik yang mengajarkan nilai-nilai kehidupan seperti percaya diri, pantang menyerah, sportivitas, dan kerja sama tim.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman