Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Menparekraf Paparkan Hasil Kunjungan Kerja ke Jepang

        Menparekraf Paparkan Hasil Kunjungan Kerja ke Jepang Kredit Foto: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memaparkan hasil dari kunjungan kerjanya ke Negeri Sakura, Jepang pada 27 – 29 Oktober 2023.

        Menparekraf Sandiaga mengatakan pada kunjungan kerjanya kali ini ada sejumlah acara yang dihadiri Sandiaga, di antaranya ASEAN-Japan Tourism Ministers Special Dialogue, Tourism Expo Japan 2023, dan beberapa pertemuan bilateral dengan berbagai pihak.

        Lebih lanjut Menparekraf Sandiaga menjelaskan ASEAN-Japan Tourism Ministers Special Dialogue merupakan salah satu rangkaian peringatan 50 tahun hubungan ASEAN-Jepang. 

        Baca Juga: Sandiaga Uno Promosikan Desa Wisata dan Pariwisata Berkelanjutan di Jepang

        Adapun yang menjadi pokok pembahasan yakni mempromosikan pengembangan pariwisata berkelanjutan serta mendorong kerja sama yang saling menguntungkan antara ASEAN dan Jepang.

        Dalam intervensinya, Pemerintah Indonesia melalui Menparekraf menyampaikan pentingnya ASEAN Member States (AMS) dan Jepang dalam memposisikan pariwisata berkelanjutan sebagai agenda utama pembangunan sektor pariwisata dalam beberapa tahun ke depan.

        “Hasil pertemuan ini mendemonstrasikan komitmen ASEAN Member States, Jepang, dan organisasi Internasional dalam memprioritaskan pengembangan pariwisata berkelanjutan di tingkat nasional dan regional. Dan tentunya kita harus memastikan aspek overtourism yang perlu diantisipasi melalui pengembangan pariwisata berkelanjutan,” kata Sandiaga.

        Kemudian, partisipasi Indonesia pada Tourism Expo Japan 2023 dengan mendirikan paviliun Indonesia yang menghadirkan 15 industri pariwisata lokal mulai dari akomodasi, transportasi, _travel agent/operator, hingga DMO (Destinasi Manajemen Organisasi).

        “Dan untuk pertama kalinya, paviliun Indonesia bekerja sama dengan salah satu produk IP Character Indonesia, yaitu Oramon untuk mempromosikan destinasi pariwisata Labuan Bajo,” ujarnya.

        Selain promosi pariwisata, paviliun Indonesia juga turut mempromosikan produk ekonomi kreatif seperti kopi Indonesia (kopi Toraja, Sumba, dan Gayo) melalui salah satu perusahaan kopi Indonesia yang berada di Hiroshima, Jepang yakni Ama Coffee, serta musik etnik Indonesia, melalui penampilan musisi Indonesia terkemuka, Balawan, pada panggung utama TEJ 2023, yang didukung oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Osaka dan Atlas Beach Club.

        Baca Juga: Sandiaga: Sektor Swasta Berperan Penting Dukung Perekonomian dan Pariwisata Indonesia

        Lebih jauh, paviliun Indonesia juga berkolaborasi dengan pihak Atase Perdagangan KBRI Tokyo serta ITPC Osaka dengan mempromosikan produk-produk ekspor Indonesia terkemuka di Jepang, seperti Fitbar, Kopiko, serta minuman kemasan Herbadrink.

        Di samping itu, Menparekraf Sandiaga mengatakan saat ini wisatawan dari Jepang didominasi oleh anak-anak muda yang memiliki ketertarikan pada wisata minat khusus seperti golf.

        “Salah satu lapangan golf yang akan kita dorong adalah Cangkringan Sleman. Namun dibutuhkan penerbangan langsung untuk mendukung, kita harapkan selain dari Tokyo ke Denpasar dan Jakarta. Juga Tokyo ke Yogyakarta,” ucap Sandiaga.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
        Editor: Amry Nur Hidayat

        Bagikan Artikel: