Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Melalui Sosialiasi, Kemenhub-Ditjen Hubdat Komitmen Tingkatkan Layanan Informasi

        Melalui Sosialiasi, Kemenhub-Ditjen Hubdat Komitmen Tingkatkan Layanan Informasi Kredit Foto: Dok. Panpel
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Seiring dengan adanya perkembangan teknologi digital, setiap badan publik seyogyanya dapat lebih cepat dan tanggap dalam melakukan pelayanan informasi publik. Salah satu langkah yang diambil oleh Ditjen Perhubungan Darat adalah meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang menjadi pelayan informasi dengan menggelar Sosialisasi Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik dengan tema "Pengelolaan Informasi Publik dan Kehumasan di Era Transformasi Digital". Sosialisasi dilakukan pada tanggal 15 - 17 November 2023 di Yogyakarta.

        “Dengan adanya transformasi digital ini, kita harus mempersiapkan untuk melakukan perubahan. Terutama dalam buat konten-konten media sosial menjelang periode Natal dan Tahun Baru 2023/2024 yang makin dekat ini,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Amirulloh dalam sambutannya.

        Baca Juga: Revilatisasi Transportasi, Kemenhub Bahas Modernisasi untuk Terminal Tipe A

        Hal ini sejalan dengan dengan Undang-Undang  No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang mewajibkan setiap badan publik untuk menyampaikan informasi publik sebagai bentuk pemenuhan hak masyarakat dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 46 Tahun 2018 tentang Pedoman Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi di lingkungan Kementerian Perhubungan.

        Sesuai dengan tema sosialisasi yang memfokuskan pengelolaan informasi publik di era transformasi digital, saat ini diperlukan strategi komunikasi khusus dalam mengelola media sosial instansi. Hal ini bertujuan agar pesan yang disampaikan kepada khalayak dapat tersampaikan dengan baik dan Ditjen Hubdat bisa menunjukkan kinerjanya melalui konten media sosial.

        “Saya berharap kita dapat terus membangun dan memelihara komunikasi bersama-sama, serta sinergitas dalam mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat," kata Amirulloh.

        Pada kesempatan yang sama, beberapa narasumber memaparkan materi yang akan meningkatkan kompetensi dari peserta sosialisasi. Adapun narasumber pertama adalah Ayom Satrio, seorang content creator yang menjelaskan materi tentang cara mudah mendapat ide dan membuat konten kekinian.

        Baca Juga: Tim Pemenangan Sangat Sedikit, Kubu Anies Baswedan Beri Penjelasan: Belum Mencerminkan Seluruh Tim

        Pada acara sosialisasi tersebut, turut hadir sebagai narasumber Tenaga Ahli Komisi Informasi Pusat RI (KIP), Tya Tirtasari yang memaparkan materi tentang Keterbukaan Informasi Publik. Dalam paparannya, Ia menjelaskan terdapat informasi publik yang wajib dibuka dan informasi yang tidak dapat diberikan oleh badan publik.

        Dilanjutkan oleh narasumber dari Kepala Bagian Publikasi dan Pelayanan Informasi Biro Komunikasi dan Informasi Publik (BKIP), Mia Ermaya yang memaparkan terkait peningkatan performa PPID melalui monitoring dan evaluasi. 

        PPID Kementerian Perhubungan yang terdiri dari PPID Pusat, PPID Pelaksana, dan PPID Pelaksana UPT memiliki tanggung jawab memenuhi standar layanan informasi publik untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik kepada masyarakat.

        Baca Juga: Beberapa Rangkaian LRT Jabodebek Perawatan, DJKA Kemenhub: Ada Penyesuaian Keberangkatan

        “Hak memperoleh informasi merupakan bagian dari hak asasi manusia. Untuk memenuhi hak itu, setiap Badan Publik memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan keterbukaan layanan informasi kepada publik,” ujar Mia.

        Pada sesi berikutnya Tenaga Ahli Menteri Perhubungan Bidang Komunikasi Media Massa, Thontowi Djauhari Penguatan Jejaring dalam Membuat Strategi Komunikasi yang Efektif. Seiring dengan telah ditetapkannya Surat Keputusan Dirjen Perhubungan Darat Nomor KP-DRJD 7513 Tahun 2023 tentang Pedoman Pengelolaan Komunikasi Publik di Lingkungan Ditjen Perhubungan Darat yang di dalamnya mengatur pembentukan Hubdat Media Strategist (HMS) yang merupakan tim komunikasi publik Ditjen Hubdat.

        "Strategi komunikasi publik seperti membanjiri lebih banyak konten berkualitas, informatif, dan menarik yang sesuai dengan kanal yang akan dimanfaatkan. Buatlah konten yang kreatif dan beragam serta dikomunikasikan secara bersama-sama oleh suatu kementerian,” ujarnya.

        Kemudian, demi memperkuat isi tulisan dan informasi yang disebarkan melalui media, sosialisasi ini juga menghadirkan narasumber yang membahas terkait cara mudah mencari ide tulisan dan cara membuat tulisan di era tranformasi digital melalui Praktisi dan Akademisi Teknologi dan Data, Irendra Radjawali dan Koordinator Subbagian Hubungan Pers dan Media BKIP, Ridho Dwi Laksono.

        Baca Juga: Anies Baswedan-Cak Imin Unggul di Kriteria Pemimpin Pintar dan Taat Beragama

        Acara sosialisasi ini diikuti oleh 85 peserta yang terdiri dari seluruh perwakilan tim humas tiap Bagian dan Direktorat Teknis, Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II dan Kelas III, Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor, serta KSOPP Danau Toba.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: