Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        TACO Gandeng Seniman Korea Park Jihyun di Art Jakarta 2023

        TACO Gandeng Seniman Korea Park Jihyun di Art Jakarta 2023 Kredit Foto: Nadia Khadijah Putri
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Perusahaan produk interior berbasis di Indonesia, TACO, baru-baru ini berkolaborasi dengan Baik Art yang menggandeng seniman Korea Selatan Park Jihyun di pekan seni rupa kontemporer internasional, Art Jakarta (ArtJak) 2023. Kolaborasi dalam pameran seni ini juga turut membawa nilai perusahaan, yakni Kreativitas Tanpa Batas. 

        Vice President Brand Marketing & Corp. Communication TACO, Anastasia Tirtabudi mengatakan alasan melibatkan Park Jihyun dalam pameran internasional. Alasannya, karena permainan warna, perbedaan tekstur, dan konsep yang menarik dalam karya. 

        Baca Juga: Survei BI: Harga Properti Residensial Meningkat di Triwulan III 2023

        “Jadi, sangat cocok dengan value dari TACO, yang mana kami menyediakan pilihan motif dan tekstur yang kaya koleksinya dan bisa membantu dunia kreatif untuk berekspresi karena memang kami percaya bahwa kreativitas itu memang tanpa batas,” ujar Anastasia dalam acara konferensi pers dan tur instalasi seni TAXO X Park Jihyun di ArtJak 2023, Jakarta pada Jumat (17/11/2023). 

        Anastasia juga menjelaskan, keterlibatan TACO semakin istimewa karena berkolaborasi dengan Park Jihyun untuk merealisasikan karya bertajuk Thomson 6.1944 S 106.8229 E, Special Edition of Thomson Series, yang material karyanya menggunakan produk TACO. 

        “Di karya Mr. Park, untuk Thomson menggunakan produk-produk TACO seperti HPL pastinya. Kemudian juga TACO Sheet, dan kemudian juga pastinya menggunakan lem ya, lem TACO. Untuk substratnya juga sebagian menggunakan TACO PVC Board. Jadi, mostly dari koleksi TACO Laminates, dan juga yang pasti PAKO Sheet Miller Series yang memang produk terbaru kami,” tambah Anastasia. 

        Pada karya Thomson 6.1944 S 106.8229 E ini, Park Jihyun mengubah narasi baru untuk barang habis pakai dan memanfaatkannya untuk digunakan kembali. Hal tersebut tidak lepas dari dukungannya terhadap aksi ramah lingkungan yang ia gaungkan melalui sebuah karya seni. 

        Dalam karya seninya, Park Jihyun secara sistematis membongkar dan merakit kembali barang-barang tersebut untuk memberikan makna baru dengan menggabungkannya dengan produk TACO yang sejalan dengan semangat TACO, yakni menciptakan Kreativitas Tanpa Batas, yang memungkinkan bentuk karya apapun dapat terwujud melalui produk-produk milik TACO. 

        Baca Juga: Sektor Perhotelan Bangkit, SSIA Semringah Raup Cuan Rp3,20 Triliun di Kuartal III 2023

        Seniman dan pemilik studio Euljiro Printing Alley di Korea Selatan, Park Jihyun mengatakan bahwa aspirasinya adalah menyatukan Jakarta dan Seoul melalui produk TACO dalam karyanya untuk mendorong sebuah gerakan yang ramah lingkungan di lanskap perkotaan. 

        “Ketika saya pertama kali mengenal produk TACO, saya terinspirasi oleh beragam warna, motif, dan tekstur yang dimilikinya. Proses menggabungkan objek dan produk membawa sebuah vibe baru yang tak saya duga, seakan-akan membuka genre baru dalam karya seni yang akan saya tampilkan selama Art Jakarta 2023 berlangsung,” jelas Park Jihyun. 

        Secara spesifik, TACO HPL, TACO Edging, TACO PVC Board, dan produk terbaru TACO yaitu TACO Sheet Mirror Series menjadi komponen utama yang diaplikasikan untuk mempertegas karya seni Park Jihyun.

        Baca Juga: Sektor Perhotelan dan Komersial Kian Marak, Pendapatan INPP Melonjak 42% di Kuartal III-2023

        Ia menggabungkan potongan material dari lokakarya lokal (local workshop) melalui produk-produk TACO, termasuk penggunaan kembali bahan limbah. Selain pada karya seniman, TACO Luxury Vinyl Perform 300 juga turut diaplikasikan untuk mempercantik area VIP Lounge sepanjang Art Jakarta berlangsung. 

        Lebih lanjut, Artistic Director Art Jakarta, Enin Supriyanto mengatakan kolaborasi antara TACO dan Art Jakarta atau ArtJak 2023 dapat menciptakan ekosistem seni rupa yang suportif, di samping soal produk-produk TACO. 

        “Karena Art Jakarta seharusnya bisa dimanfaatkan untuk TACO memperkuat ekosistem seni rupa. Jadi tidak hanya soal produk lagi, tapi juga memperkuat ekosistem, memperkuat jaringan yang ada,” ujar Enin semangat. Ia menambahkan, ekosistem tersebut dianggap penting untuk tiga komponen yang terlibat dalam dinamika pasar seni rupa, yakni mulai dari seniman yang membuat produk dan karya, galeri, dan kolektor. 

        “Jadi jalurnya itu produksi, distribusi, sirkulasi. Ini tiga-tiganya perlu kita jaga. Membangun ini adalah membangun eksosistem pasar buat seni rupa kita juga sendiri,” sambungnya.  

        Enin sempat bercerita, kolaborasi dengan TACO pada Art Jakarta 2022 dan Art Jakarta Gardens membuktikan keseriusan perusahaan tersebut dalam mendukung industri kreatif dan karya seni di Indonesia. 

        Baca Juga: Alam Sutera Property Expo 2023 , Hadirkan Beragam Program Solusi Untuk Hunian Idaman

        "Jadi kalau mendapat rekanan seperti TACO yang bersedia bekerja sama dengan seni rupa untuk membuat karya yang dipresentasikan di Jakarta, wah itu plus-plus banyak banget buat kami. Jadi tidak perlu mikir panjang untuk bilang iya. Langsung saja,” seloroh Enin.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Nadia Khadijah Putri
        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: