Kota Bandung mendominasi penjualan mobil listrik Wuling Motors (Wuling) di tanah air.
Senior Regional Sales Manager Wuling Motors, Kharismawan Awangga, mengatakan kontribusi penjualan Wuling Air EV di Bandung mencapai 40%, sehingga Kota Kembang ini memiliki potensi besar terhadap penggunaan mobil listrik.
"Minatnya tinggi di Bandung ini, karena Wuling Air EV itu sendiri penjualan retail sales dari Januari hingga Oktober 2023 di Bandung kontribusinya sampai 40% lebih," kata Kharismawan kepada wartawan disela kegiatan rangkaian GIIAS 2023 di Bandung, Rabu (23/11/2023).
Menurutnya, khusus penjualan di Kota Bandung dari Januari sampai Oktober 2023 mencapai 824 unit, dengan 42% atau 353 unit yaitu Wuling Air EV.
Baca Juga: Suguhan Berlipat dari Wuling Alvez dengan Harga Hemat
Sedangkan secara nasional penjualan, Wuling Air EV dari setiap series-nya mencapai 6.300 unit dari Januari-Oktober 2023. Hal ini bisa terjadi karena ada juga dorongan insentif dari pemerintah agar beralih ke mobil listrik.
"Di Bandung sendiri itu sampai 40% kontribusi penjualannya ke Wuling. Jawa Barat sendiri penjualan retail sales-nya itu 2.694 unit dan Bandung-nya itu 824 unit," ungkapnya.
Dia menyebutkan, dari awal peluncuran Wuling Air EV di Agustus 2022 sampai sekarang sudah terjual 12.000 unit sampai bulan Oktober kemarin.
"Insentif dari pemerintah itu salah satu pendorong atas peningkatan penjualan mobil listrik Wuling Air EV dan yang lainnya adalah biaya cost ownership-nya murah, jadi biasanya beli bensin, ini beli listrik itu bandingannya 1:10," jelasnya.
Sementara itu, turut mengambil bagian dalam perhelatan GAIKINDO Indonesia International Autoshow (GIIAS) Bandung 2023 dengan menampilkan eksterior dan interior dari BinguoEV (dibaca: Bing-go EV) serta sudah membuka pemesanan.
Selain menghadirkan mobil listrik terbarunya, Wuling turut membawa serta deretan lini produk andalan lainnya, seperti New Almaz RS Pro Hybrid, Alvez, Air EV, dan juga Air EV di booth E, Sudirman Grand Ballroom Bandung sampai dengan 26 November mendatang.
“Setelah Wuling mengumumkan tampilan dari BinguoEV secara perdana pada hari Kamis lalu, maka dalam kesempatan ini kami membawa serta mobil listrik terbaru Wuling ke GIIAS Bandung untuk menyapa masyarakat Bandung dan sekitarnya," jelasnya.
Dengan mengusung semangat Drive Electric, Be The Icon, BinguoEV memadukan desain ikonik, kabin yang nyaman, fitur lengkap, serta daya jelajah hingga 410 kilometer.
Baca Juga: Sampai Turun Insentif, Kemenko Marves Berkomitmen Dukung Ekosistem Mobil Listrik
Dia menambahkan Wuling BinguoEV merupakan produk kedua Wuling di segmen kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia setelah Air EV. Binguo sendiri diserap dari dua kata dalam bahasa Mandarin yakni, bin dengan arti ‘banyak’ dan guo yang bermakna ‘hasil’.
Selain itu, pengucapan Binguo diambil dari kata dalam bahasa Inggris, ‘bingo’ yang merupakan sebuah ekspresi kebahagiaan dan kepuasan atas banyak keberhasilan yang dicapai.
Terinspirasi dari hal tersebut, BinguoEV menjadi perwujudan komitmen Wuling yang berkelanjutan sebagai produsen kendaraan listrik terkemuka setelah sukses dengan Air EV.
Menyandang tagline ‘Drive Electric, Be The Icon’, BinguoEV memungkinkan setiap penggunanya untuk menjadi ikon dalam perubahan menuju mobilitas berkelanjutan. Dengan memilih BinguoEV, pengguna tak hanya memiliki kendaraan listrik yang ramah lingkungan, tetapi juga mampu menginspirasi perubahan positif bagi orang lain untuk mengadopsi gaya hidup yang lebih hijau seiring dengan semangat ‘Drive For A Green Life’.
"BinguoEV juga menghadirkan pengalaman berkendara yang berkesan bersama kendaraan listrik dengan desain ikonik," pungkasnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait: