Kolaborasi Aspire, Meta, dan Bank Aladin untuk Meningkatkan Eksistensi Online UMKM di Indonesia
Industri periklanan di Indonesia telah mengalami peningkatan yang sangat signifikan, dengan pengeluaran iklan mencapai $19.2 miliar USD di tahun 2023, naik 5.02% dari tahun 2021.
Dengan tingkat adopsi internet masyarakat Indonesia yang telah mencapai 77 % dari seluruh masyarakat Indonesia di awal tahun 2023, naiknya jumlah pengeluaran iklan ini banyak didorong oleh channel digital, yang mencakup hingga 16% dari total pengeluaran.
Menanggapi transformasi digital ini, Aspire, Meta, dan Bank Aladin bekerja sama untuk memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Kerja sama ini memungkinkan UMKM untuk mendapatkan kredit pinjaman produktif, yang dapat langsung mereka gunakan melalui kartu korporat Aspire. Hal ini memudahkan UMKM untuk memaksimalkan potensi dan eksistensi online mereka melalui iklan digital di platform seperti Facebook atau Instagram dengan mudah dan efisien.
Banyak marketer online kesulitan dalam menggunakan kartu pembayaran untuk membayar campaign atau iklan di platform Meta, mengakibatkan keterlambatan dan halangan untuk menjalankan program iklan mereka, dan menghalangi mereka untuk mendulang hasil yang maksimal. Proses yang berbelit ini juga membuang waktu dan sumber daya mereka.
Kolaborasi antara Aspire dan Meta kini memungkinkan penggunaan Kartu Aspire sebagai metode pembayaran pada platform Meta. Kartu Aspire, yang didukung oleh jaringan Mastercard, menjamin kelancaran transaksi pembayaran, dan memberikan metode pembayaran yang dapat diandalkan untuk program iklan bisnis.
Ferdy Nandes, General Manager di Aspire Indonesia, menyatakan, "Kami ingin memberikan solusi bagi UMKM untuk memaksimalkan potensi bisnis mereka, termasuk salah satunya untuk dapat memasarkan bisnis mereka tanpa batas. Kami berkomitmen untuk menyederhanakan proses manajemen keuangan dan membantu UMKM tumbuh di era digital dengan solusi bisnis lengkap yang disesuaikan dengan pasar Indonesia.
Menyadari bahwa pendanaan merupakan permasalahan lainnya yang kerap dihadapi UMKM di Indonesia, Bank Aladin turut bergabung untuk mengatasi tantangan ini secara langsung. Dengan komitmen untuk menyediakan solusi keuangan yang efektif, Bank Aladin menghadirkan pinjaman produktif yang dirancang secara khusus untuk UMKM.
Langkah ini tidak hanya mempermudah operasi keuangan, tetapi juga menawarkan transparansi yang lebih baik dan pengelolaan keuangan yang efisien, terpisah dari rekening pribadi para pelaku usaha.
Menambahkan hal ini, Chief Commercial Officer Bank Aladin Syariah Stefen Loekito, memberikan komentar, "Komitmen Bank Aladin Syariah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia khususnya di sektor UMKM dengan memberikan dukungan melalui layanan perbankan digital yang sesuai dengan prinsip-prinsip keuangan syariah. Bank Aladin Syariah selalu mengedepankan kenyamanan perbankan untuk nasabah serta memberikan akses yang mudah dan efisien bagi UMKM. Kami percaya kolaborasi Bank Aladin Syariah bersama Aspire dan Meta adalah salah satu kunci untuk mendukung kehadiran online UMKM agar memperluas jangkauan pasar mereka”.
Komitmen Aspire ini disampaikan melalui platform manajemen pengeluaran inovatif yang menawarkan transparansi penuh dalam mengelola aktivitas keuangan bisnis. Setiap transaksi yang dilakukan tercatat pada dasbor secara langsung, mempermudah proses manajemen keuangan dan pengawasan yang efektif. Selain itu, Aspire juga memberikan sejumlah penawaran solusi keuangan lainnya seperti manajemen tagihan, manajemen pendapatan, hingga layanan gerbang pembayaran (payment gateway).
Menambahkan hal ini, Aldo Rambie, Head of Industry Meta, memberikan komentar, "Kolaborasi ini sejalan dengan visi kami dalam berinovasi dan memanfaatkan jangkauan luas platform Meta. Kami berkomitmen untuk membantu meningkatkan kehadiran digital dan mendorong potensi UMKM dengan membuka jalan mereka untuk menjangkau audiens yang lebih luas."
Berdasarkan data dari laporan DataReportal, Digital 2023 : Indonesia, jangkauan iklan Facebook di Indonesia telah mencapai 43,4% dari total populasi, atau 56,3% dari pengguna internet lokal, pada bulan Januari 2023. Data tersebut juga melaporkan bahwa jangkauan Instagram telah mencapai 32,3% dari total populasi, yang setara dengan 41,9% dari pengguna internet di negara Indonesia.
Sebagai upaya lebih dalam mendukung UMKM meningkatkan eksistensi digital mereka, Aspire menawarkan insentif menarik berupa cashback 1% untuk semua pengeluaran iklan yang dibayarkan menggunakan kartu korporat Aspire.
Kolaborasi strategis antara Aspire dan Meta mencerminkan tekad bersama untuk mengakselerasi pertumbuhan UMKM di Indonesia. Dengan menyederhanakan proses keuangan terkait periklanan digital, kolaborasi ini membuka jalan pada ekonomi digital yang dinamis dan inklusif.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi
Tag Terkait: