PT Astra Kreasi Digital dengan nama brand Moxa yang juga bagian dari Astra Financial merupakan sebuah wealth tech app yang menyediakan solusi keuangan bagi pelanggan disetiap fase kehidupan. Moxa berperan sebagai interconnected hub, menghubungkan berbagai layanan keuangan dari Astra Financial serta berbagai mitra terpercaya lainnya dalam satu aplikasi.
Sepanjang 2023, Moxa cetak Gross Merchandise Value (GMV) senilai Rp 2,4 triliun, atau meningkat 100% dibandingkan 2022 sebesar Rp 1,2 triliun. Hal ini tidak lepas dari meningkatnya transaksi diantaranya pada layanan pembiayaan modal usaha, pembiayaan multiguna, dan pembayaran tagihan & top-up.
“Sejalan dengan visi Moxa sebagai platform terintegrasi menyeluruh terkemuka yang menyediakan solusi keuangan terbaik dan terlengkap di Indonesia. Moxa terus berupaya untuk meningkatkan layanannya dengan secara aktif menambahkan berbagai produk baru guna memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan,” CEO Moxa, Lim Lizal.
Dengan sistem Open Application Programming Interface (Open API) Moxa menyediakan 40 produk layanan keuangan, mulai dari pembiayaan motor dan mobil baru, pembiayaan modal usaha, layanan asuransi, tabungan digital, pinjaman multiguna, investasi reksa dana hingga pembiayaan syariah.
Di katakan olah Lim Lizal hingga saat ini Moxa telah diunduh lebih dari 19 juta kali dan memiliki rata-rata pengguna bulanan lebih dari 1 juta pelanggan dengan rentang usia 25-45 tahun. Sebagian besar pengguna berasal dari 10 provinsi di Indonesia, yaitu: Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Selatan, DI Yogyakarta, dan Kalimantan Timur.
Pengembangan Layanan Moxa di 2023
Di tahun 2023, Moxa menghadirkan layanan Payment Point Online Banking (PPOB) sehingga konsumen dapat melakukan pembelian pulsa, paket data, token listrik, dan pembayaran berbagai tagihan seperti PLN, PDAM, Internet dan lainnya. Tidak hanya itu, Moxa berkolaborasi bersama FIFGROUP dalam menghadirkan layanan pembelian dan pembiayaan gadget & elektronik dengan harga yang kompetitif.
MenurutLim Lizal Moxa strategi lain yang dilakukan adalah dengan secara aktif membangun kolaborasi dengan mitra terpercaya lainnya seperti Mandiri Sekuritas yang menghadirkan layanan investasi reksa dana di aplikasi Moxa dan kolaborasi dengan JNE Express serta JNEI dalam menghadirkan layanan pembiayaan multiguna di sales counter JNE area Jabodetabek dan Jawa Barat.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi
Tag Terkait: