Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Pendobrak Dinamika Ekonomi, Warta Ekonomi Apresiasi Public Relations Lewat IPRA 2024

        Pendobrak Dinamika Ekonomi, Warta Ekonomi Apresiasi Public Relations Lewat IPRA 2024 Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Warta Ekonomi kembali menggelar Indonesia Public Relations Awards (IPRA) 2024, Kamis (25/1/2024) malam. Mengusung tema “Creating Innovative Connections for the Best Reputation” acara ini digelar sebagai bentuk apresiasi kepada para public relations (PR) perusahaan dengan peran dan fungsi yang sangat baik dalam meningkatkan kualitas perusahaan di tengah persaingan industri yang semakin ketat.

        Peran public relations memang sangat krusial terhadap semua informasi yang tersedia dalam bentuk apapun di medium apapun yang digunakan, baik media mainstream atau media sosial. Baiknya kinerja perusahaan dibentuk oleh fungsi dan peran public relation yang mumpuni. Selain itu, public relation perusahaan juga membentuk citra perusahaan kepada masyarakat. Perusahaan pun berlomba-lomba melakukan transformasi public relation demi menjangkau masyarakat lebih luas.

        Baca Juga: Dua Tahun Berturut-turut, Direktur Keuangan Bank DKI Sabet Best CFO Awards dari Warta Ekonomi

        Di tengah akselerasi teknologi dan informasi, PR dihadapkan pada tantangan adaptasi. Di era komunikasi baru, industri PR juga harus memperkenalkan metrik efektif untuk melakukan digital campaign. Melalui proses adaptasi dan inovasi digital itu, peran public relations akan menjadi bagian penting dalam mempertahankan dan mengembangkan kinerja perusahaan untuk menjadi lebih baik dengan tantangan masa pandemi di Indonesia.

        Secara ringkas, public relations juga sangat penting untuk diukur hubungan yang saling menguntungkan antara organisasi dan publik, hal ini berkaitan juga dengan manajemen reputasi dan komunikasi krisis.

        Kegiatan public relations dibutuhkan agar dapat membangun image dan identitas perusahaan, terutama dalam bidang komunikasi yang berlangsung dalam suatu perusahaan agar mampu menjaga dan mempertahankan eksistensi di tengah persaingan. 

        Muhamad Ihsan selaku CEO dan Chief Editor Warta Ekonomi Group berharap penghargaan ini mampu membangkitkan semangat para PR utamanya di tengah tantangan adaptasi akselerasi teknologi dan informasi tersebut.

        Baca Juga: Performa Kinerja Kinclong, Bos Tugu Insurance Sabet Penghargaan dari Warta Ekonomi

        “Dalam acara ini saya turut mengapresiasi atas konsistensi perusahaan Bapak dan Ibu PR untuk mengikuti dinamisasi perkembangan bisnis, baik dari segi peningkatan kinerja perusahaan maupun citra perusahaan. Public relations sebagai fungsi manajemen yang secara klasik berfokus pula pada jangka panjang interaksi antara organisasi dan publik baik yang mendukung maupun tidak mendukung, serta memiliki peran dan fungsi yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas perusahaan” ungkapnya saat memberikan opening speech di acara Indonesia Public Relations Awards (IPRA) 2024, di Hotel Le Meridien, Jakarta, Kamis (25/1/2024).

        Sementara itu, menurut Wakil Ketua Umum Bidang Komunikasi Publik Dan Kehumasan Perhumas Hery Kurniawan, PR akhirnya menjadi “kunci” dalam menjaga serta meningkatkan citra dan reputasi umat manusia baik secara individu maupun kelembagaan bahkan dalam situasi politik seperti saat ini. 

        “Perkembangan teknologi, perubahan tingkah laku dan perbedaan antara generasi lama dengan generasi yang lebih baru, berbagai disrupsi dan dinamika yang mengikutinya, mendorong PR untuk terus bertransformasi dan berinovasi sehingga tetap relevan dalam fungsi dan peranannya,” ungkapnya saat memberikan sambutan kunci dalam Indonesia Public Relations Awards (IPRA) 2024, Kamis (25/1/2024).

        Baca Juga: Apresiasi Penjaga Ekonomi, Warta Ekonomi Gelar Indonesia CEO Excellence Award 2023 dan Indonesia Best CMO Award 2023

        Hery menambahkan, berdasarkan pengalamannya menjadi Corporate Communications Head CIMB Niaga, PR pada akhirnya menjadi satu entitas yang begitu cair dan siap beradaptasi dengan perkembangan zaman, namun di sisi lain juga begitu solid dalam memegang prinsip-prinsip fundamental komunikasi dan etika dalam menjaga reputasi dan kepercayaan publik. 

        Di sisi lain, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Usman Kansong menyatakan survei terbaru terhadap lebih dari 120 eksekutif komunikasi internal senior di seluruh wilayah Asia Pasifik tahun lalu menunjukkan tren belanja perusahaan untuk komunikasi cenderung meningkat 33%, organisasi responden menghabiskan lebih dari 4 juta dolar dibandingkan tahun sebelumnya.

        Peningkatan tersebut menunjukkan gambaran bahwa di era digital dan berlimpah informasi sekarang ini membangun konektivitas dan reputasi yang baik menjadi prioritas dan fokus bagi berbagai bisnis termasuk di sektor publik.

        Lebih lanjut, Usman mengatakan bahwa adaptif dan kolaborasi adalah dua kata kunci bagi praktisi kehumasan di era digital ini, menyadari pentingnya kedua hal tersebut merupakan hal yang krusial bagi pemerintah dan sektor privat untuk bersama-sama mendorong praktik kehumasan yang beretika dan memberdayakan masyarakat atau audience.

        Baca Juga: Mampu Jaga Pertumbuhan Bisnis, Direksi bank bjb Raih Best CMO Award 2023 dari Warta Ekonomi

        “Penghargaan kepada tokoh maupun institusi PR membawa semangat tersendiri bagi perkembangan kehumasan di negeri ini, dengan adanya apresiasi atau penghargaan itu kita menunjukkan PR bukan sekadar fungsi pendukung, tetapi memiliki fungsi strategis untuk membentuk reputasi terbaik,” ungkapnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Laras Devi Rachmawati
        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: