Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Dukung Usaha Lokal, Istri Anies Baswedan Dengarkan Aspirasi Perajin di Garut

        Dukung Usaha Lokal, Istri Anies Baswedan Dengarkan Aspirasi Perajin di Garut Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Garut -

        Istri capres nomor urut 01 Anies Baswedan, Fery Farhati mengunjungi sentra kulit Sukaregang di Garut, Jawa Barat, Kamis, 8 Februari 2024. Kunjungannya tersebut dilakukan untuk melihat proses pembuatan kerajinan kulit sekaligus belanja produk lokal.

        Fery berjalan kaki menyusuri sepanjang jalan Sukaregang sembari menikmati deretan showroom yang menjual kerajinan kulit yang terlihat saling berjejer dan berhadapan di sisi jalan.

        Baca Juga: Ulama hingga Tokoh Jawa Siap Turun Dukung Anies-Muhaimin

        Ada juga deretan penjual kerupuk kulit yang bejejer di sepanjang jalan tersebut. Sesekali Fery menghampiri penjual krupuk kulit yang menjadi cemilan khas Kota Garut.

        Usai menyusuri jalan Sukaregang, Ketua TP PKK DKI Jakarta periode 2017-2022 itu pun lantas memasuki pertokoan Sukaregang Leather Center. Kedatangannya sontak disambut hangat masyarakat yang tengah memilih barang belanjaan. Mereka meminta foto hingga bersalaman dengan ibu empat orang anak tersebut.

        Di sana Fery berkeliling menghampiri beberapa toko sembari berdialog dengan para penjual. Dia memuji produk-produk kerajinan yang dihasilkan oleh para perajin di Sukaregang. Menurutnya, produk-produk yang dihasilkan para perajin Sukaregang memiliki kualitas yang sangat baik.

        "Kami sangat mengapresiasi para perajin yang telah membuat kerajinan dengan bahan dasar kulit asli dan memiliki kualitas produk yang sangat baik ini. Ada banyak produk yang dihasilkan dan yang terpenting harganya masih terjangkau untuk masyarakat," kata Fery.

        Baca Juga: Klaim Dapat Suara Eks Menhan Jokowi, Timnas AMIN: Pikirannya Memihak Perubahan

        Menurutnya, semangat kolaborasi antar pemerintah, desainer, dan pelaku usaha perlu diterapkan sehingga ke depan kerajinan kulit bisa berkembang lebih luas lagi.

        "Pemerintah perlu memberikan perhatian khusus salah satunya dengan membuka ruang-ruang kolaborasi antara desainer, perajin dan juga penjual di Sukaregang sehingga pasar ini bisa berkembang lebih luas," tuturnya.

        Sementara itu, salah seorang penjual di Sukaregang Leather Center berharap kerajinan kulit khas Garut ini lebih banyak dikenal dan diminati oleh masyarakat luas. Dia juga meminta agar pemerintah lebih memperhatikan perajin dan penjual kerajinan kulit.

        Baca Juga: Kaesang: Penghapusan Kartu Tani Jadi Aspirasi Terbanyak Diterima PSI

        "Tolong perhatikan lagi kami para pelaku UMKM di sini (Sukaregang) apalagi sekarang makin susah cari pembeli karena kita harus bersaing dengan toko-toko online," ucapnya.

        Sukaregang sendiri merupakan pusat industri kulit yang sudah melagenda di Garut. Pusat tersebut menjual produk-produk kerajinan kulit yang terbuat dari kulit asli.

        Toko-toko produk kulit di Sukaregang di mulai sekitar tahun 1970. Awalnya hanya beberapa toko yang ada di tempat tersebut, seiring berjalannya waktu dan kualitas produk yang bagus maka bertambah pula toko-toko baru di sana yang menjual beragam produk.

        Terdapat ratusan toko di Sukaregang yang menjual produk kulit yang berjejer di Jalan Ada Yani dan jalan Gagak Lumayung. Produk yang dijual di sana mulai dari jaket kulit, sandal, topi, dompet, sabuk, sepatu, tas kulit, hingga aksesoris seperti gantungan kunci.

        Baca Juga: Perkuat Kinerja Bisnis, BRI Insurance Jalin Kerja sama dengan BPD Lampung

        Meskipun terbuat dari kulit asli harga produk kulit buatan Sukaregang terbilang murah dan memiliki kualitas yang juara. Itulah sebabnya Sukaregang menjadi lokasi favorit wisatawan luar yang berkunjung ke Garut.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: