Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Rayakan Hari Perempuan Sedunia, Bhumitala Soroti Perkembangan Fashion di Indonesia

        Rayakan Hari Perempuan Sedunia, Bhumitala Soroti Perkembangan Fashion di Indonesia Kredit Foto: Bhumitala
        Warta Ekonomi, Bandung -

        Brand fashion Bhumitala kembali memperingatu Hari Perempuan Sedunia yang jatuh pada 8 Maret dengan kegiatan diskusi bertajuk "Inspire Inclusion". 

        Diskusi yang dipandu CEO Bhumitala Sekar Hapsari itu menghadirkan dua narasumber yang tidak asing lagi yakni, tokoh muda perempuan Fanny Fatwati Putri dan fashion designer ternama Alfianitha S. Gahansa.

        Baca Juga: Official Diamond Jewelry Partner: Passion Prive Debut di Plaza Indonesia Fashion Week 2024

        "Dua pembicara yang kami undang ini bukan sembarang orang. Keduanya memang masih muda, namun punya segudang pengalaman dan prestasi mentereng di bidangnya masing-masing," kata Sekar dalam keterangan resminya, Sabtu (9/3/2024)

        Pebisnis muda yang kini tengah jadi role model bagi perempuan Indonesia itu pun memulai diskusi dengan melempar sejumlah pertanyaan terkait isu keperempuanan dan fashion sebagai bagian tidak terpisahkan dari kebutuhan kaum hawa.

        Menanggapi pertanyaan itu, Fanny pun mencoba memberikan pandangannya tentang perempuan dan peranannya dalam dunia politik berdasarkan pengalaman pribadinya.

        "Menurut saya, bicara soal politik bagi seorang perempuan, utamanya perempuan Indonesia tentu sesuatu hal yanh sangat sulit. Ini tidak lepas dari konteks Indonesia yang masih kental menganut prinsip (politik) patriarki," katanya 

        Fanny lalu menceritakan pengalaman pribadinya selama meniti karir di dunia politik untuk memperkuat argumentasinya.

        "Teman-teman, selama terjun ke dunia politik banyak kisah pilu pernah saya alami. Saya pernah dianggap anak bawang. Banyak yang meremehkan. Namun, justru dengan pengalaman itu saya menjadi terpacu untuk membuktikan kualitas saya, dan Alhamdulillah saya lolos dengan perolehan 11 ribu suara (Pemilu Legilsatif/Pileg 2024)," jelasnya.

        Dia lalu mengajak kaum perempuan agar tidak patah semangat, apalagi minder untuk bersaing dengan kaum laki-laki.

        Baca Juga: Suarakan Beli Lokal, Mendag Zulkifli Hasan Target Indonesia Jadi Kiblat Modest Fashion Dunia

        "Kita buktikan bahwa perempuan punya kualitas yang sama dengan kaum laki-laki. Kita punya potensi. Dan Alhmdulillah sekitar 80 persen teman-teman perempuan yang terjun pada kontestasi Pemilu tahun," tegasnya

        Politisi dari partai Golkar itu pun menceritakan lika-liku sepanjang perhelatan elektoral di mana suaranya sempat digembosi oleh pihak kompetitor dengan cara yang tidak etis.

        "Lima hari lalu sebelum penetapan KPU suara saya sempat tergerus dari 11 ribu ke 8 ribu. Seandainya tidak diproses suara saya bisa hilang," ujarnya

        Baca Juga: Happy Jehan dan Gegfia Berkolaborasi Merilis Ellaya, Jenama dengan Design Signature Ruffles yang Siap Ramaikan Industri Fashion Tanah Air

        Selanjutnya, Sekar lalu beralih ke Alfianitha S. Gahansa dengan mengajukan seabrek pertanyaan seputar perjalanan menjadi seorang desainer hingga saat ini.

        "Awal mula memilih profesi desainer banyak yang menertawakan. Saya memang sedikit mengambil jalur berbeda. Hanya saya di keluarga kami yang bergelut di dunia fashion dan desainer," katanya

        Kendati dirinya sempat menjadi bahan tertawaan sejak memilih menjadi seorang fashion designer, ia kini mulai banyak dilirik sederet brand fashion terkemuka sebagai jasa desainer. Bahkan namanya tidak asing lagi di kalangan artis, lantaran jasanya kerap dipakai para artis papan atas seperti Nagita Slavina sebagai salah satu desainer mereka.

        "Meskipun latar belakang saya adalah fashion designer bukan textile designer, namun saya cepat beradaptasi dengan perkembangan yang ada," ujarnya 

        Ditanya soal tren fashion 2024 dan apa yang membuat dunia fashion terus mengalami perubahan, menurutnya perkembangan fashion sejatinya selalu berulang.

        "Sebetulnya tren fashion itu polanya terus berputar-putar aja. Apa yang pernah muncul di zaman lampau tiba-tiba jadi tren di masa sekarang, seperti itu," katanya

        Terakhir, sebelum menutup diskusi, di hadapan puluhan peserta yang hadir secara offline, Sekar menitipkan pesan agar perempuan Indonesia harus tetap semangat memperjuangkan mimpi menjadi perempuan berkarya dan berprestasi.

        Baca Juga: Official Diamond Jewelry Partner: Passion Prive Debut di Plaza Indonesia Fashion Week 2024

        "Ingat teman-teman, tugas kita tidak sekadar menjadi seorang perempuan yang menggantungkan seluruh nasib pada kaum lelaki. Jikapun anda pada akhirnya menjadi seorang ibu, jadilah ibu yang mandiri, punya karya dan prestasi," pungkasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Rahmat Saepulloh
        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: