Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Dukung Ekonomi Kreatif untuk Ekspor, Sandiaga Puji AKI 2024

        Dukung Ekonomi Kreatif untuk Ekspor, Sandiaga Puji AKI 2024 Kredit Foto: Kemenparekraf
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasinya untuk gelaran dari Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024. Menurutnya, gelaran ini terus menjadi platform untuk pengembangan ekonomi kreatif  dalam memperluas jaringan, menarik investasi, dan menjalin kolaborasi.

        "Selama empat tahun perjalanannya, AKI sudah hadir di 60 kota di 31 provinsi di Indonesia. AKI lahir dari sebuah harapan pascapandemi untuk kita menghadapi masalah ekonomi, melibatkan 1.600 pelaku ekonomi kreatif dan 1.600 produk kreatif terbaik di Indonesia," ujar Sandiaga, dilansir Rabu (18/09/2024).

        Baca Juga: Sandiaga Uno Dorong Ekonomi Kreatif untuk Ciptakan Lapangan Kerja

        AKI 2024 diwarnai lebih dari 6.800 pendaftar dari 12 kota/kabupaten telah disaring menjadi 412 peserta yang mengikuti bootcamp dan pameran. Dari peserta tersebut, terpilih 12 finalis yang akan mewakili masing-masing daerah pada Pekan Puncak di Jakarta. Mereka yang terpilih adalah Tutu and Co, Silhouette Crochet, Galeri Batik Torsai, Guru Batik, Batik Nation, DDWAN, Ifamoy, Sincere Foods, Delawa Coffee Manggarai, RKD Coffee Merauke, Story Tale, dan Qara’a. 

        Selain 12 finalis AKI 2024, juga terlibat kembali sembilan peserta AKI 2021 – 2023 yang berada di Jabodetabek, enam peserta binaan Direktorat Kuliner, Kriya, Desain, dan Fesyen. serta dua pihak partnership AKI tahun 2024 yaitu PT Astragraphia Tbk dan GOTO. 

        Sandiaga menyatakan bahwa AKI telah berhasil berkontribusi besar terhadap penciptaan tenaga kerja di sektor ekonomi kreatif hingga mencapai 25 juta orang, dengan ekonomi kreatif Indonesia masuk ke posisi tiga besar dunia. Keberlanjutan program ini diharapkan terus mendukung target Indonesia Emas 2045.

        "Ekonomi kreatif Indonesia juga sudah berhasil masuk ke posisi tiga besar dunia dan ini perlu kita teruskan momentumnya pada pemerintahan ke depan," tegas Sandiaga.

        Acara ini juga akan mencakup berbagai kegiatan seperti Super Talks, Next Level Culinary dan Fashion Activation, Kompetisi E-Sports, dan pertunjukan musik dari Nidji dan Fourtwnty.

        Selain pameran, para finalis akan mendapatkan akses ke mentoring eksklusif dan peluang kolaborasi bisnis. Tiga finalis pitch deck terbaik, Guru Batik, Ifamoy, dan Sincere Food, akan menerima dana tambahan modal dari GOTO.

        Baca Juga: Sandiaga Uno: Desa Wisata Telah Menjadi Andalan Ekonomi Kita

        Sandiaga menekankan bahwa para finalis dengan produk berkualitas internasional akan diberi kesempatan untuk masuk ke pasar ekspor, dengan fokus utama pada pasar Afrika, India, Pakistan, dan Timur Tengah.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: