Di tengah lanskap ekonomi global yang semakin dinamis, perusahaan BUMN berperan tidak hanya sebagai penggerak utama perekonomian nasional, tetapi juga sebagai wajah representatif bangsa di tingkat internasional.
Branding dan marketing kini menjadi elemen kunci dalam memperkuat posisi strategis BUMN di pasar global. Oleh karena itu, pengembangan brand yang kuat, didukung oleh strategi pemasaran yang inovatif dan adaptif, menjadi pondasi penting untuk memastikan BUMN dapat bersaing secara efektif di era yang didorong oleh teknologi canggih.
BUMN Track didukung oleh DMID kembali menyelenggarakan BUMN Branding and Marketing Award (BBMA) ke-12 tahun 2024 sebagai bentuk apresiasi dan pengakuan terhadap upaya konkret perusahaan BUMN dalam mengoptimalkan potensi branding dan marketing perusahaan.
BBMA 2024 mengangkat tema "Empowering Brands, Building Nations: Optimizing BUMN’s Potential Through Exceptional Talents & Advanced Technological Support" yang menyoroti peran penting insan-insan BUMN yang kompeten serta dukungan teknologi canggih dalam membentuk strategi branding dan marketing yang unggul.
Hadir sebagai tamu kehormatan Sultan Baktiar Najamudin selaku Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI dan Arief Yahya selaku Ketua Dewan Juri Kehormatan BBMA 2024 sekaligus Menteri Pariwisata RI 2014-2019.
CEO BUMN Track Syamsudin Hadi Sutarto mengatakan, sebagai media independen yang sudah berdiri selama 17 tahun sekaligus terverifikasi Faktual Dewan Pers, BUMN Track ingin memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh BUMN yang telah menunjukkan kinerja yang luar biasa dalam membangun brand dan meningkatkan daya saing.
“Kami berharap acara ini tidak hanya menjadi ajang seremonial, tetapi juga menjadi wadah untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan best practices dalam bidang branding dan marketing untuk bersama-sama membangun ekosistem bisnis yang sehat dan berkelanjutan,” ujar CEO BUMN Track, SH Sutarto di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (14/11/24).
Sementara itu, Ketua Dewan Juri BUMN Branding and Marketing Award 2024 Daniel Surya menjelaskan, perusahaan BUMN diharapkan dapat memaksimalkan potensi insan-insan terbaiknya, yang tidak hanya memiliki integritas dan kapabilitas tinggi, tetapi juga mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi seperti Artificial Intelligence (AI) dan big data untuk meningkatkan efektivitas branding serta efisiensi operasional.
“Melalui kombinasi insan BUMN unggul dan teknologi terkini, BUMN dapat lebih proaktif dalam membangun citra positif, baik di dalam negeri maupun di pasar internasional, serta menjadi motor penggerak bagi kemajuan ekonomi dan sosial Indonesia,” ungkap Daniel Surya yang juga merupakan Co-Founder & Executive Chairman WIR Group.
Acara ini diharapkan menjadi platform strategis untuk berbagi inspirasi, ide, dan inovasi, sekaligus mendorong kolaborasi antar perusahaan BUMN dalam upaya mengembangkan strategi branding dan marketing yang berkelanjutan, berdaya saing global, serta berkontribusi terhadap pertumbuhan bangsa.
Aspek Penilaian
Sebanyak 82 perusahaan perserta yang terdiri dari BUMN, BUMN Tbk dan Anak Perusahaan BUMN, mengikuti proses penjurian BUMN Branding & Marketing Award 2024 tahun ke-12 melalui online zoom meeting. Proses penjurian berlangsung pada 18-31 Oktober 2024.
BBMA 2024 menetapkan aspek penilaian yang terbagi atas lima bagian, yakni Brand Strategy Excellence, Brand Innovation, Empowering Brands, Building Nations: Optimizing BUMN’s Potential Through Exceptional Talents & Advanced Technological Support, Global Branding & Marketing serta apresiasi kepada The Best Chief Marketing Officer (CMO) mencakup Creative Marketing Initiative, Leadership & Teamwork, Personal Communication, dan Corporate Marketing Performance dan Excellence in Global Branding and Marketing Strategy.
Sederet nama besar Perusahaan BUMN keluar sebagai pemenang kategori Perusahaan BUMN dan Tbk diantaranya PT Bank BTN sebagai The Best Brand Strategy Excellence, PT Pupuk Indonesia sebagai The Best Brand Innovation, PT Bukit Asam sebagai The Best Empowering Brands, Building Nations: Optimizing Bumn’s Potential Through Exceptional Talents & Advanced Technological Support serta PT Garuda Indonesia dinobatkan sebagai The Best Global Branding & Marketing.
Pada kategori Anak Perusahaan, diraih oleh PT Permodalan Nasional Madani sebagai The Best Brand Strategy Excellence, PT Surveyor Indonesia sebagai The Best Brand Innovation, PT Pertamina Patra Niaga sebagai The Best Empowering Brands, Building Nations: Optimizing Bumn’s Potential Through Exceptional Talents & Advanced Technological Support serta PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) dinobatkan sebagai The Best Global Branding & Marketing.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Ferry Hidayat
Tag Terkait: