PT Kereta Api Indonesia (Persero) melalui Divisi LRT Jabodebek resmi mengumumkan pemenang kompetisi "Mascot Design & Tagline Competition with LRT Jabodebek". Kompetisi yang digelar pada 28 Oktober hingga 28 November 2024 ini bertujuan menciptakan identitas baru bagi layanan LRT Jabodebek dengan melibatkan partisipasi masyarakat.
Pemenang kompetisi ini adalah desain maskot "RENO" karya Giant Tahta Pahlawan dan tagline "Transportasi Cerdas, Mobilitas Tanpa Batas" karya Achmad Afinadi. Kedua karya ini berhasil terpilih setelah melalui proses seleksi ketat oleh dewan juri yang terdiri dari para ahli branding, desain komunikasi visual, serta tim internal LRT Jabodebek.
Baca Juga: Semakin Jadi Andalan, LRT Jabodebek Angkut 2 Juta Penumpang pada November 2024
Executive Vice President Divisi LRT Jabodebek, Mochamad Purnomosidi, mengapresiasi tinggi partisipasi masyarakat dalam kompetisi ini.
"Dengan 1.258 karya yang masuk, kami sangat menghargai kreativitas dan antusiasme luar biasa dari peserta. Kompetisi ini menunjukkan besarnya dukungan publik untuk pengembangan LRT Jabodebek, dan kami berterima kasih kepada semua yang telah berpartisipasi," kata Purnomosidi, Rabu (18/12/2024).
Penilaian dilakukan berdasarkan kriteria orisinalitas, estetika, dan fleksibilitas penerapan untuk desain maskot, serta kesesuaian visi misi dan kemudahan diingat untuk tagline. Selain itu, voting publik melalui media sosial menyumbang 10% dari total penilaian.
Maskot "RENO" digambarkan sebagai figur humanoid yang unik, modern, dan futuristik, dengan desain kepala yang terinspirasi dari logo dan bentuk depan LRT Jabodebek.
"Desain ini mencerminkan komitmen LRT Jabodebek dalam menghadirkan teknologi canggih untuk kenyamanan dan kemudahan pengguna," ujarnya.
Sedangkan tagline "Transportasi Cerdas, Mobilitas Tanpa Batas" menggambarkan sistem transportasi berbasis teknologi yang inovatif dan efisien. "Tagline ini mencerminkan kemampuan LRT Jabodebek menghubungkan wilayah serta mendukung mobilitas masyarakat dan barang tanpa hambatan," imbuhnya
Maskot dan tagline terpilih akan menjadi bagian dari rebranding LRT Jabodebek untuk memperkuat identitasnya sebagai sistem transportasi modern. Peluncurannya dijadwalkan pada tahun 2025 sebagai bagian dari langkah strategis meningkatkan kualitas layanan dan keterlibatan masyarakat.
Baca Juga: Pj Gubernur Teguh Apresiasi Kinerja LRT Jakarta dalam Lima Tahun Beroperasi
"Kami berharap, melalui maskot dan tagline baru ini, masyarakat dapat merasa lebih dekat dengan layanan LRT Jabodebek dalam aktivitas sehari-hari," pungkasnya
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Aldi Ginastiar