Raksasa Mobil Listrik China Banjir Kritikan Pelanggan Setia usai Gratiskan Fitur Premium
Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Raksasa Mobil Listrik China, BYD mengalami hujan keluhan menyusul langkahnya yang mengumumkan kebijakan menyediakan fitur smart driving secara gratis untuk sejumlah produknya di China.
Dilansir dari Reuters, Rabu (19/2), banyak pelanggan yang mengeluhkan langkah tersebut karena merasa bahwa mereka telah membayar lebih untuk kendaraan yang mereka beli sebelum kebijakan ini diterapkan oleh BYD.
Baca Juga: BYD Sealion 7 Resmi Dirilis di IIMS 2025, SUV Listrik dengan Jangkauan 567 Km
Data 12365auto.com menunjukkan bahwa terdapat lebih dari 4.700 keluhan terkait dengan kehadiran fitur smart driving secara gratis di 11-17 Februari 2025. Adapun pelanggan yang mengeluhkan hal tersebut rerata memiliki model dari BYD Ocean dan BYD Dynasty.
Banyak pelanggan menuntut kompensasi atau peningkatan fitur lainnya secara gratis karena merasa telah membeli sebuah mobil tanpa adanya spesialitas apapun dari BYD.
"Hanya dua minggu setelah pembelian, mereka meluncurkan model baru dengan peningkatan fitur yang signifikan pada harga yang sama," cuit salah satu keluhan dalam 12365auto.com.
BYD telah menanggapi beberapa keluhan melalui platform 12365auto.com dengan menyatakan bahwa pengaduan telah diteruskan ke departemen terkait. Namun, hingga saat ini perusahaan belum memberikan komentar resmi terkait dengan hal tersebut.
Baca Juga: China Kembali Mengejutkan Dunia, Harga Mobil Pintar Bakal Digebrak Inovasi BYD
Fenomena ini mencerminkan dampak perang harga yang berkepanjangan dalam industri otomotif China. Situasi serupa pernah terjadi pada dua tahun lalu ketika pemotongan harga memicu protes massal dari pemilik dari Tesla. Banyak dari mereka menuntut pengembalian dana atau kompensasi.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Aldi Ginastiar
Tag Terkait: