Kredit Foto: WE
Kementerian Perdagangan (Kemendag) membuka peluang kerja sama dan memperluas jaringan bisnis bagi para pengusaha Indonesia dengan menggelar kegiatan jejaring bisnis (business networking) Ruang Permanent Trade Exhibition (PTE) Kementerian Perdagangan, Jakarta pada Kamis, (17/4/2025).
Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menciptakan ruang temu antara pengusaha Indonesia dan perwakilan resmi negara asing di Indonesia.
Baca Juga: Tingkatkan Hak dan Kewajiban Konsumen di Era Digital, Kemendag Dukung Gerakan Konsumen Cerdas
Menteri Perdagangan Budi Santoso mengatakan produk-produk unggulan Indonesia yang dipamerkan mencakup berbagai sektor yang juga ditampilkan di Ruang PTE sebagai bagian dari layanan Inaexport.
“Jejaring adalah kunci untuk memperkuat posisi bisnis. Diharapkan kegiatan ini menjadi wadah produktif untuk membangun sinergi konkret antar pelaku usaha dengan perwakilan luar negeri di sini,” ungkap Mendag Busan, dikutip dari siaran pers Kemendag, Rabu (23/4).
Jejaring bisnis kali ini menghadirkan empat perusahaan nasional yaitu PT Lumbung Bumi Madani produsen dekorasi rumah dan furnitur, PT Dami Sariwarna produsen minuman herbal, Asia Pasific Rayon produsen serat viskose, dan PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk produsen makanan dan minuman olahan. Sedangkan dari sisi perwakilan Kedutaan Asing dan badan promosi perdagangan, hadir Vice President Director Japan External Trade Organization Seiko Kazumi dan Minister Counsellor Kedutaan Nigeria Safwan Awwal Ibrahim.
Pada kegiatan ini, hadir pula delegasi importir Kamerun yaitu Ntop Ondafe Olivier dari NTOP Group; Essomba Njankouo Claudine Manuela dari Sarl La Cuisine de Nounou Sarl; Ngoumou Gilbert dari Chamber of Agriculture, Fisheries, Livestock, & Forestry of Cameroon; Megang Nguelayi Caroline dari Mind Thrust Consulting; dan Head of the Production Department at the Practical School of Agriculture of Binguela Nkodo Etienne Yann Yves.
Dalam pertemuan, keempat perusahaan memaparkan keunggulan produk dan pencapaian masing-masing. PT Lumbung Bumi Madani telah berhasil membina kemitraan dengan perajin terampil di Jawa Tengah sebagai dukungan untuk masyarakat lokal dan pemberdayaan perempuan secara ekonomi.
Sementara PT Dami Sariwarna telah mampu mendistribusikan produknya ke seluruh Indonesia dan mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Nigeria, Somalia, Kenya, Ethiopia, Rusia, dan lainnya. Asia Pasific Rayon mengusung produk berkonsep kain berkelanjutan yang terbuat dari selulosa kayu yang dapat diperbarui. Sementara PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk telah melakukan ekspor ke lebih dari 30 negara termasuk kawasan ASEAN dan Tiongkok.
Sementara Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Fajarini Puntodewi menyampaikan, sebagai bentuk komitmen berkelanjutan, Business Networking akan menjadi agenda bulanan yang menampilkan potensi produk PTE. Kegiatan ini juga akan menjadi sarana dalam membuka ruang diplomasi ekonomi dengan mengundang Kedutaan Asing.
“Saat ini kami konsisten menyatukan peluang dengan membuka jaringan bisnis. Melalui kegiatan ini, perusahaan Indonesia dapat menarik minat dan memperoleh permintaan produk dari negara-negara yang diwakili oleh para tamu undangan,” imbuh Puntodewi.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Tag Terkait: