Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kemenekraf Hadirkan Pelatihan Keterampilan Digtal untuk Perempuan

        Kemenekraf Hadirkan Pelatihan Keterampilan Digtal untuk Perempuan Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Kementerian Ekonomi Kreatif (Kemenekraf) bersama Tokopedia, dan TikTok Shop berkolaborasi menyelenggarakan acara Creators Lab: Emak-Emak Matic di Ballroom Hyatt Place, Makassar, Kamis (24/4/2025).

        Acara tersebut bertujuan untuk memberi pelatihan keterampilan digital agar perempuan di Indonesia bisa melek digital, memahami peranan affiliator, serta menjadi konten kreator.

        Baca Juga: Apa Untungnya Indonesia Nego Tarif dengan AS? Ini Kata Airlangga

        Menteri Ekonomi Kreatif (Ekraf), Teuku Riefky Harsya  mengapresiasi kolaborasi program pemberdayaan perempuan ini yang tujuannya menghasilkan uang dari industri kreatif.

        “Industri kreatif harus terus berkembang. Kegiatan seperti Creators Lab: Emak-Emak Matic bisa meningkatkan partisipasi dan potensi perempuan khususnya di Sulawesi Selatan. Dengan demikian ekonomi kreatif bisa terlaksana melalui pemanfaatan digital. Saya mengapresiasi TikTok Shop dan Tokopedia yang telah menyambut sangat baik inisiasi program ini,” ujarnya saat menghadiri acara tersebut, dikutip dari siaran pers Kemenekraf, Jumat (25/4).

        Dirinya menambahkan bahwa kegiatan ini tak hanya bersifat pelatihan atau pendampingan saja, tetapi sebagai wadah mempromosikan produk-produk lokal yang ada di Sulawesi Selatan melalui e-commerce. "Semoga apa yang dijual juga produk-produk lokal, khususnya khas dari Sulawesi Selatan,” imbuhnya.

        Menekraf juga mengharapkan program ini dapat membangun komunitas mak-mak yang terhubung secara digital untuk saling berbagi peluang bisnis.

        "Mudah-mudahan apa yang sedang diupayakan dari pusat dan kolaborasi dengan Pemda, ditambah ada pihak swasta seperti TokPed dan TikTok bisa membantu masyarakat Sulawesi Selatan dapat penghasilan tambahan,” ungkapnya.

        Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, dalam sambutannya, mengatakan pihaknya membuka akses luas untuk berbagai bentuk kolaborasi khususnya dalam tahap kurasi dan promosi produk-produk lokal.

        “Saya yakin sekali dengan ekonomi kreatif bisa menjadi sumber pendapatan dan menembus ke tingkat global hanya dari tempat duduk. Berarti, Emak-Emak Matic yang ada di rumah punya semangat dan peluang bisnis sehingga lebih mudah dapat penghasilan,” kata Andi Sudirman Sulaiman.

        Sementara itu, President Director of Tokopedia and Tiktok Ecommerce Indonesia, Melissa Siska Juminto, mengungkapkan bahwa program Creators Lab: Emak-Emak Matic punya tujuan mulia untuk pemberdayaan perempuan, khususnya ibu rumah tangga agar memiliki keterampilan digital.

        “Program kolaborasi ini menargetkan pemberdayaan 10.000 perempuan di 12 wilayah, termasuk Makassar,” jelas Melissa.

        Creators Lab: Emak-Emak Matic menghadirkan empat sesi untuk diikuti peserta, seperti afiliasi dan personal branding, strategi konten dan perancangan skrip video, strategi persiapan live streaming, dan praktek pembuatan konten serta live streaming.

        Kementerian Ekonomi Kreatif, Tokopedia, dan TikTok Shop akan terus menggencarkan program tersebut sebagai pendorong ekonomi kreatif. Program diharapkan bisa mencetak perempuan yang makin produktif, makin mandiri secara ekonomi, dan makin memiliki integritas sebagai kreator.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
        Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya

        Bagikan Artikel: