Dorong Ekonomi Digital, XLSMART Perkuat Jaringan di Tiga Wilayah
Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Sebuah tonggak baru dalam perjalanan industri telekomunikasi nasional tercipta hari ini. PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART) resmi berdiri sebagai hasil penggabungan kekuatan dari PT XL Axiata Tbk, PT Smartfren Telecom Tbk, dan PT Smart Telecom.
Bukan sekadar merger, kehadiran XLSMART menandai dimulainya era baru konektivitas cerdas di Indonesia, dengan fokus tajam pada percepatan transformasi digital di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.
Presiden Direktur & CEO XLSMART, Rajeev Sethi, mengatakan bahwa kelahiran XLSMART merupakan strategi besar untuk mendorong inklusi digital di Indonesia, memperluas jaringan hingga ke pelosok, serta membangun pondasi kokoh bagi ekonomi digital nasional.
"Jabar, Jateng, dan DIY bukan hanya pasar utama, melainkan pusat pertumbuhan masa depan Indonesia. Dengan populasi besar dan semangat digitalisasi yang kuat, kami berkomitmen menjadikan teknologi sebagai alat pemberdayaan nyata di kawasan ini," ujar Rajeev di Bandung, Senin (28/4/2025)
Mengusung strategi perluasan jaringan 4G dan infrastruktur fiber optik yang masif, XLSMART memperkuat kehadiran layanan hingga ke daerah sub-urban dan rural. Dengan menggabungkan jalur distribusi XL Axiata dan Smartfren, perusahaan ini membangun distribusi layanan yang lebih luas, inklusif, dan responsif terhadap kebutuhan lokal.
Lebih dari sekadar jaringan, XLSMART menegaskan akan mempertahankan dan mengembangkan kekuatan tiga mereknya yakni XL, AXIS, dan Smartfren untuk mengakomodasi berbagai segmen pasar, mulai dari pengguna premium, generasi muda, hingga masyarakat umum yang membutuhkan solusi hemat dan fleksibel.
Di tengah persaingan industri yang kian ketat, XLSMART juga memperkuat layanan pelanggan berbasis digital, mulai dari chatbot hingga platform media sosial, untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara personal dan cepat.
Tidak hanya fokus komersial, XLSMART juga aktif bermitra dengan pemerintah daerah, sekolah, universitas, hingga UMKM untuk mempercepat pemerataan literasi digital dan mendorong pertumbuhan ekosistem ekonomi berbasis teknologi di tiga provinsi kunci ini.
"Ini lebih dari sekadar penggabungan bisnis. Ini adalah komitmen kami untuk hadir lebih dekat, lebih cerdas, dan lebih bermakna bagi seluruh masyarakat Indonesia," tegas Rajeev.
Dia menambahkan dengan proyeksi pendapatan Rp45,8 triliun dan 94,5 juta pelanggan di tangan, XLSMART menetapkan ambisi besar yakni menjadi perusahaan telekomunikasi yang paling dicintai masyarakat Indonesia pada tahun 2027. Fokus utamanya tetap konsisten,mendengarkan pelanggan, bergerak cepat, dan membawa teknologi bermakna ke semua lapisan masyarakat, dari perkotaan hingga pedesaan.
"Di tengah perubahan cepat dunia digital, XLSMART hadir sebagai penggerak masa depan, siap membawa lebih banyak peluang, lebih banyak inovasi, dan lebih banyak koneksi untuk Indonesia," pungkasnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait: