Tipe Konsumen Otomotif Indonesia, Pengamat: Generasi Baru Lebih Rasional, Aspek Desain Jadi Pertimbangan
Kredit Foto: Lestari Ningsih
Karakter orang Indonesia terutama bagi generasi muda yang dinamis disebut lebih menyukai mobil dengan desain yang menarik.
Untuk itu, penting bagi pabrikan, khususnya mobil listrik tidak melupakan aspek penampilan untuk mengimbangi keinginan konsumen.
Yannes Martinus Pasaribu, seorang akademisi bidang desain produk industri di Institut Teknologi Bandung (ITB), menyebut konsumen Indonesia saat ini didominasi oleh generasi baru yang lebih rasional, salah satunya adalah memperhatikan aspek desain sebagai nilai tambah dalam mencari kendaraan.
"Di sinilah mobil-mobil China saat ini unggul karena memiliki desain yang futuristik hasil perancang kenamaan dunia, di samping itu juga dilengkapi fitur teknologi canggih dengan harga yang kompetitif," ujar Yannes dikutip dari Xinhua.
Sebelumnya mengutip data dari Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto menyebut tren penjualan mobil listrik di Indonesia mengalami peningkatan signifikan dalam lima tahun terakhir.
Ia menyebut pada tahun 2020, penjualan mobil listrik di Indonesia hanya mencapai 125 unit, kemudian 2021 687 unit.
Titik baliknya adalah tahun 2022, bisa menembus 10.327 unit, lalu pada 2023 bertambah lagi menjadi 17.051 unit, hingga bisa melonjak drastis menjadi 43.188 unit pada 2024.
Tentu saja beragam insentif yang ditawarkan pemerintah agar masyarakat beralih menggunakan mobil listrik juga menjadi faktor penunjang larisnya mobil listrik.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Ferry Hidayat