Kredit Foto: Dok. Kemenekraf
Wakil Menteri Ekonomi Kreatif (Wamenekraf) Irene Umar menegaskan potensi besar ekonomi kreatif di Indonesia yang perlu dieksplorasi untuk kesejahteraan masyarakat.
Hal tersebut disampaikan Wamenekraf Irene saat menjadi panelis utama dalam WPP Stream 2025 yang berlangsung di Hyatt Regency, Bali pada Selasa (27/5/2025).
Baca Juga: Medvedev: Rusia Incar Kemenangan Penuh Lawan Ukraina
WPP Stream merupakan konferensi interaktif yang mempertemukan para pelaku industri kreatif dan teknologi, termasuk perusahaan periklanan, media, dan teknologi digital dari berbagai negara.
Dan merupakan platform bagi para pelaku industri untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam mengembangkan ekonomi kreatif. Penyelenggaranya, WPP, adalah perusahaan periklanan dan komunikasi multinasional.
"Ekonomi kreatif memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mempromosikan keberagaman budaya dan menjadi the new engine of growth bagi pembangunan ekonomi Indonesia," ujar Wamenekraf Irene, dikutip dari siaran pers Kemenekraf, Rabu (4/6).
Wamenekraf Irene menyebut jaringan yang disediakan WPP bisa menjadi wadah ekonomi kreatif bagi para pelaku kreatif untuk mengembangkan bakat dan kreativitas mereka.
Dengan begitu, lanjut Wamenekraf Irene, hal ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya ekonomi kreatif dalam pembangunan daerah dan mendorong peningkatan kualitas produk dan jasa kreatif.
Selain itu Wamenekraf Irene menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, industri, dan masyarakat untuk mengembangkan ekonomi kreatif yang inklusif dan beragam.
Baca Juga: Wamenekraf Bahas Optimalisasi Keunikan Lokal hingga Kendala Pegiat Ekraf di Bali
Baca Juga: Bangketmolo Village, Destinasi Ekowisata dan Investasi Gaya Hidup Baru di Lombok
Kolaborasi ini dapat mendorong peningkatan ekosistem ekonomi kreatif yang lebih baik, meningkatkan daya saing ekraf secara global, dan menciptakan lapangan kerja berkualitas.
Wamenekraf Irene juga menyoroti pentingnya mengintegrasikan teknologi dan inovasi dalam pengembangan ekonomi kreatif agar lebih kompetitif dan berkelanjutan di era digital ini.
Melalui kerja sama dengan WPP, Kementerian Ekonomi Kreatif (Kemenekraf) dapat memperkuat ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia dan membuat industri periklanan lebih terangkat dengan memanfaatkan teknologi dan inovasi terbaru.
"Kami berharap acara ini dapat menjadi momentum bagi kami untuk terus memajukan industri kreatif di Indonesia, mengakselerasi pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui kreativitas dan inovasi yang berkelanjutan," ujar Wamenekraf Irene.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Tag Terkait: