Wuling Dorong Komitmen di Indonesia, Luncurkan Teknologi Baru dan Produksi Lokal Kendaraan Listrik di GIIAS 2025
Kredit Foto: Istimewa
Dalam sesi media exclusive day GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, prinsipal Wuling, SGMW (SAIC-GM-Wuling), memaparkan visi dan arah pengembangan bisnis Wuling di Indonesia ke depan. Paparan ini menjadi bentuk apresiasi atas pencapaian positif Wuling di pasar Tanah Air sekaligus menegaskan komitmen SGMW dalam menjadikan Indonesia sebagai pilar strategis dalam ekspansi global mereka.
“Di Indonesia, kami telah menghadirkan lebih dari 160.000 kendaraan, dan kami bangga telah menjadi merek otomotif Tiongkok No.1 di negara ini. Kami datang dengan misi tidak hanya untuk menjual mobil, kami datang dengan sebuah misi yakni membangun brand yang memahami kebutuhan lokal, memproduksi di Indonesia, serta mentransformasi mobilitas di Indonesia melalui inovasi yang mudah diakses dan dapat diandalkan,” papar Vincent Wong selaku Executive Vice President SGMW Headquarters.
Secara global, SGMW telah menjual lebih dari 30 juta kendaraan dan menempatkan diri di posisi tiga besar produsen kendaraan listrik dunia dengan lebih dari 3 juta pengguna EV. Kini SGMW memiliki jaringan ekspor yang mencakup lebih dari 100 negara dengan total pengiriman lebih dari 1,2 juta unit.
Seiring dengan tren otomotif global yang beralih menuju mobilitas berkelanjutan, Wuling menjadi salah satu perusahaan pertama yang melakukan transisi menuju elektrifikasi dan menjadi yang pertama memproduksi kendaraan listrik secara lokal di Indonesia. Lini produk EV Wuling yang dikenal dengan nama ‘ABC Stories’ telah menjadi keluarga mobil listrik yang populer di kalangan konsumen Indonesia.
Baca Juga: Wuling Luncurkan Mitra EV yang Bisa Jadi Ambulans dan Angkot, Harga Rp344 Juta
Wuling Air ev merupakan kendaraan listrik pertama yang diproduksi secara lokal di Indonesia dengan desain yang ringkas, stylish, dan terjangkau. Selanjutnya, Wuling BinguoEV hadir dengan desain modern dan pintar yang menjadikan kendaraan ini tidak hanya fungsional tetapi juga mampu memberikan ikatan emosional bagi penggunanya. Lalu, Wuling Cloud EV menawarkan solusi mobilitas listrik yang praktis untuk keluarga maupun bisnis. Melalui ketiga lini produk EV ini, Wuling berhasil membangun kepercayaan publik terhadap mereknya, membuktikan bahwa kendaraan listrik bukan hanya masa depan, tetapi juga masa kini.
“Saya dengan bangga mengumumkan bahwa SGMW kini memasuki babak baru yang penuh keberanian. Ini bukan sekadar tentang produk baru, melainkan perubahan cara pandang kami terhadap mobilitas: lebih pintar, lebih berpusat pada manusia, dan lebih terhubung secara global. Dan sekarang, saya bangga dapat membagikan bahwa kami akan memperkenalkan teknologi dan produk terbaru langsung di Indonesia, dengan produksi lokal yang akan dimulai tahun ini,” tambah Vincent Wong.
Untuk mewujudkan visi tersebut, SGMW telah membentuk salah satu tim R&D terkuat di industri, bekerja sama dengan lebih dari 50 mitra terkemuka dan lebih dari 5.000 insinyur. Selain itu, SGMW memegang lebih dari 1.500 paten teknologi canggih yang mendukung 22 model kendaraan dalam portofolio globalnya.
Baca Juga: Lakukan Penyegaran, Wuling New BinguoEV Kini Punya Banyak Fitur Modern dan Varian
“Dan kami akan terus berinvestasi pada sumber daya manusia, mitra, dan komunitas agar Indonesia bisa semakin hebat. Transformasi bukanlah perjalanan yang lurus. Ada tantangan yang telah kami hadapi dan akan terus ada di masa depan. Namun keyakinan kami tetap teguh. Kami percaya bahwa masa depan mobilitas adalah milik mereka yang berani membentuknya bersama,” tutup Vincent Wong.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat