Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kementerian BUMN Dorong Pemanfaatan AI dalam Komunikasi Korporasi

        Kementerian BUMN Dorong Pemanfaatan AI dalam Komunikasi Korporasi Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
        Warta Ekonomi, Bandung -

        Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) kini menjadi bagian penting dalam strategi komunikasi korporasi.

        Menyadari hal tersebut, Kementerian BUMN menggelar Workshop Komunikasi AI pada 13–14 Agustus 2025 lalu di Berastagi, Karo, Sumatera Utara, dengan menghadirkan 94 peserta yang berasal dari berbagai unsur komunikasi perusahaan dan internal BUMN.

        Didukung oleh Pos Indonesia, BNI, Pelindo, PIHC, Kawasan Industri Medan (KIM), dan Taspen, kegiatan ini menitikberatkan pada penguatan kemampuan SDM komunikasi agar mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

        Baca Juga: Sambangi Kaltim, BTN dan Relawan Bakti BUMN Hadirkan Layanan Kesehatan dan Ketahanan Pangan

        Workshop ini juga bertujuan memperkuat peran komunikasi korporasi melalui pemanfaatan Artificial Intelligence (AI), sehingga BUMN mampu menyampaikan pesan dan informasi publik secara lebih efektif, cepat, dan tepat sasaran. Dengan strategi komunikasi yang lebih canggih, program-program BUMN dapat dipahami dengan lebih jelas oleh masyarakat, serta memperkuat persepsi positif terhadap kontribusi BUMN di berbagai sektor.

        Juru Bicara Kementerian BUMN, Putri Violla, menekankan bahwa komunikasi yang baik adalah jembatan antara program BUMN dan masyarakat penerima manfaat.

        “Karyawan BUMN adalah wajah perusahaan di mata publik. Dengan penguasaan teknologi komunikasi terbaru, mereka bisa menjadi agen perubahan yang menyampaikan informasi dengan akurat dan membangun kepercayaan publik,” ujar Putri, Senin (18/8/2025).

        Sementara itu, pelatihan teknis penggunaan AI untuk produksi konten dibawakan oleh Tommy Teja (CEO Zando Agency & Co-Founder AICO Community), mencakup pemanfaatan AI untuk ide kreatif, pembuatan visual, hingga penulisan naskah. Agung Kurniawan (Chief of Campaign BUMN Hijau) turut membekali peserta dengan wawasan komunikasi terkait green economy, blue economy, dan keberlanjutan (sustainability).

        Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan, peserta berkesempatan mengunjungi sejumlah aset BUMN seperti Geothermal Pertamina, Kios dan Pabrik Pupuk Indonesia, serta UMKM Binaan Rumah BUMN Artistica Bakery dan Gundaling Uis di Berastagi, guna melihat langsung kontribusi BUMN dalam mendukung ketahanan energi, pangan, dan penguatan ekonomi lokal. Di sana, para peserta langsung mempraktikkan ilmu yang mereka dapatkan terkait pembuatan konten menggunakan AI untuk mengamplifikasi kontribusi BUMN yang berdampak langsung terhadap masyarakat.

        Baca Juga: Komisi VI DPR Dukung Prabowo yang Mau Pangkas Jumlah Komisaris BUMN dan Hapus Tantiem

        Kementerian BUMN menegaskan bahwa penguatan kapasitas SDM komunikasi akan menjadi prioritas berkelanjutan. Dengan komunikasi yang efektif dan berbasis teknologi, BUMN diharapkan mampu menjaga kepercayaan publik sekaligus memastikan informasi mengenai kontribusi nyata BUMN dapat tersampaikan secara luas dan tepat sasaran.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Rahmat Saepulloh
        Editor: Amry Nur Hidayat

        Bagikan Artikel: