Bank Mandiri Taspen Sukses Lakukan Migrasi Sistem IT Baru, Layanan Kini Lebih Andal
Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Bank Mandiri Taspen resmi mengumumkan keberhasilan perubahan sistem operasional perbankannya ke platform terbaru, New Core Banking System (NCBS). Langkah ini merupakan bagian dari transformasi digital perseroan untuk menghadirkan layanan yang lebih cepat, aman, dan efisien bagi seluruh nasabah.Plt Direkur Utama Bank Mandiri Taspen, Maswar Purnama mengatakan perubahan sistem ke New Core Banking System (NCBS) ini merupakan bagian dari wujud transformasi digital dan komitmen pelayanan Bank Mandiri Taspen.
“NCBS merupakan bagian dari komitmen strategis Bank Mandiri Taspen dalam meningkatkan kualitas layanan perbankan bagi seluruh nasabah. Sistem ini menghadirkan layanan yang lebih cepat, efisien, andal, dan aman, sekaligus siap menyambut era digital banking,” ujar Maswar, Senin (18/8).
Menurutnya saat ini core banking system terbaru ini telah digunakan pada seluruh layanan perbankan Mandiri Taspen yang tersedia.
Lebih lanjut Ia mengatakan, pembaruan ini bertujuan untuk mengoptimalkan infrastruktur TI, memperkuat keamanan data, dan meningkatkan efisiensi operasional perbankan. Selain itu, sistem NCBS telah dirancang untuk menjawab kebutuhan nasabah masa kini, terutama kalangan senior citizen dan keluarga.
Perubahan sistem core banking merupakan proyek strategis terbesar dalam perjalanan Bank Mandiri Taspen. Hal ini menempatkan Bank Mandiri Taspen sejajar dengan bank-bank besar lain yang telah mengadopsi sistem serupa, seperti Bank Mandiri dan BRI.
“Pergantian ini diharapkan menjadi motor penggerak pembangunan fondasi teknologi, untuk mendorong pertumbuhan yang lebih agresif dan meningkatkan kualitas layanan di masa depan.”
Direktur IT dan Digital Bank Mandiri Taspen Widi Nugroho menambahkan bahwa salah satu perubahan signifikan dari implementasi NCBS adalah penggantian jumlah nomor rekening nasabah menjadi 10 digit.
Perubahan ini berlaku untuk semua produk tabungan dan giro dan pinjaman.Meski demikian, nomor rekening lama tetap dapat digunakan untuk menerima dana masuk sampai batas waktu yang ditentukan oleh Bank. Sementara untuk transaksi aktif seperti transfer keluar, pembayaran, dan transaksi lainnya, nasabah menggunakan nomor rekening baru.
Menurut Widi, untuk mengetahui informasi nomor rekening baru cukup mudah, nasabah dapat dilihat langsung melalui aplikasi Movin, atau dicatatkan oleh petugas saat nasabah mengunjungi kantor cabang untuk memperbarui buku tabungan.
Bank Mandiri Taspen memastikan nasabah tidak perlu mengganti kartu ATM maupun buku tabungan secara menyeluruh. Buku tabungan lama masih dapat digunakan, hanya perlu diperbarui data nomor rekeningnya. Sementara itu, kartu ATM lama akan secara otomatis terhubung dengan nomor rekening baru, sehingga nasabah tetap dapat melakukan transaksi tanpa gangguan. Dan proses pembaruan tersebut tidak dikenakan biaya tambahan apapun. Bank Mandiri Taspen juga menjamin bahwa seluruh dana nasabah tetap aman selama proses transisi.
Transaksi tetap dapat dilakukan melalui seluruh kanal, termasuk ATM, aplikasi Movin (mobile banking Bank Mandiri Taspen), dan jaringan kantor cabang. Sebagai bentuk dukungan selama masa transisi, Bank Mandiri Taspen juga menyediakan layanan pelanggan melalui Mantap Call di nomor 14024 serta kanal resmi di media sosial dan situs web perusahaan.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh nasabah atas kepercayaan dan dukungannya selama proses transisi sistem ini. Komitmen ini menjadi semangat kami untuk terus berinovasi dalam memberikan layanan terbaik," pungkas Widi.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi
Tag Terkait: