- Home
- /
- New Economy
- /
- Energi
Pemulihan SKKL Sorong–Merauke, Telkom Terima Aspirasi Pemda dan Komunitas Papua Selatan
Kredit Foto: Ist
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) membuka ruang dialog dengan berbagai pemangku kepentingan Papua Selatan. Audiensi ini dihadiri pemerintah daerah, perwakilan masyarakat, mahasiswa, pelaku UMKM, hingga komunitas ojek online. Pertemuan yang berlangsung di Telkom Landmark Tower, Jakarta, Senin (8/9), difokuskan pada perkembangan pemulihan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Sulawesi–Maluku–Papua Cable System (SMPCS) ruas Sorong–Merauke.
Hadir dalam forum strategis ini sejumlah tokoh penting, di antaranya Plh Dirjen Infrastruktur Digital Kemkomdigi Denny Setiawan, Asdep Koordinasi Pencegahan dan Peningkatan Kapasitas Keamanan Siber Kemenko Polkam Marsma TNI Budi Eko Pratomo, Anggota DPD RI Komite IV Provinsi Papua Selatan Rudi Tirtayana, serta Pj. Sekretaris Daerah Papua Selatan Drs. Maddaremmeng, M.Si. Turut serta pula Wakil Ketua II DPR Provinsi Papua Selatan Viktorianus Ohoiwtun, S.Sos., Wakil Bupati Merauke Dr. Fauzun Nihayah, S.HI., M.H., dan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Merauke Thomas Kimko.
Telkom menyambut audiensi ini secara langsung melalui jajaran pucuk pimpinan. Wakil Direktur Utama Telkom Muhammad Awaluddin hadir bersama Direktur Network Telkom Nanang Hendarno, Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna, serta Direktur Planning & Operation PT Telkom Infrastruktur Indonesia Suharyoto. Mereka didampingi jajaran senior leaders TelkomGroup, menegaskan komitmen perusahaan dalam mempercepat pemulihan jaringan kabel laut demi memastikan layanan digital tetap andal bagi masyarakat Papua Selatan.
Baca Juga: Percepat Adopsi AI di Indonesia, Telkom Solution Luncurkan Telkom AI Center of Excellence
Dalam sambutannya, Wakil Direktur Utama Telkom Muhammad Awaluddin menyampaikan bahwa Telkom bukan hanya berperan sebagai penyedia layanan telekomunikasi, melainkan juga memiliki tanggung jawab dalam memastikan konektivitas digital yang merata dari Sabang hingga Merauke. Telkom mengerahkan seluruh sumber daya untuk mengakselerasi pemulihan kabel laut ini. Untuk memastikan penanganan berjalan optimal, Telkom membentuk Crisis Management Team (CMT) yang bekerja lintas fungsi dan menjalin koordinasi intensif dengan berbagai pemangku kepentingan.
Lebih lanjut, Direktur Network Telkom Nanang Hendarno memaparkan mengenai progress pemulihan kabel laut tersebut. Layanan di wilayah Merauke, Timika, dan Kaimana kini telah berfungsi normal pasca pemulihan kabel laut ruas Timika-Merauke. Saat ini, tim teknis sedang melakukan pemulihan pada kabel laut ruas Sorong-Fakfak yang diperkirakan akan rampung pada 14 September 2025. Proses pemulihan ini mencakup beberapa tahapan teknis, di mana pada tahapan tertentu akan menyebabkan penurunan sementara kualitas layanan TelkomGroup, baik untuk fixed maupun mobile broadband, di wilayah Merauke, Timika, dan Kaimana pada waktu-waktu tertentu, yaitu pada 9 September pukul 23.00 hingga 10 September pukul 11.00, selama sekitar 12 jam, serta pada 12 September pukul 23.00 hingga 14 September pukul 17.00, selama sekitar 41 jam.
Baca Juga: Telkomsel Digital Empowering for Community Hadir Perkuat Literasi Digital Pelajar di Wilayah Perbaungan
Pj. Sekretaris Daerah Papua Selatan Drs. Maddaremmeng, M.Si., menyampaikan apresiasi kepada Telkom atas respon cepat dalam menindaklanjuti permintaan audiensi. Ia berharap pemulihan kabel laut dapat segera terselesaikan. Hal senada juga diungkapkan oleh Anggota DPD RI Komite IV Prov. Papua Selatan Rudi Tirtayana, S.E., Wakil Ketua II DPR Prov. Papua Selatan Viktorianus Ohoiwtun, S.Sos., dan Wakil Bupati Merauke Dr. Fauzun Nihayah, S.HI., M.H., yang mengungkapkan harapannya agar layanan dapat segera normal kembali.
Perwakilan dari mahasiswa, pelaku UMKM, dan komunitas ojek online turut menyampaikan aspirasinya. Mereka menekankan bahwa jaringan internet kini sudah menjadi kebutuhan primer yang hampir tidak terpisahkan dari berbagai aspek kehidupan masyarakat. Selain itu, mereka berharap Telkom dapat segera menyiapkan sistem backup untuk mengantisipasi kejadian serupa di masa mendatang, penyesuaian mekanisme kompensasi bagi pihak yang terdampak, dan mengambil langkah-langkah konkret agar hal seperti ini tidak terulang kembali.
Menutup pertemuan, Wakil Direktur Utama Telkom Muhammad Awaluddin menegaskan, “Telkom berkomitmen untuk memperkuat infrastruktur telekomunikasi digital, meningkatkan efektivitas backup dan kecepatan respon, serta pemerataan akses terhadap layanan digital di wilayah Papua Selatan.”
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait: