Perkuat Inklusi Keuangan, 1 Juta AgenBRILink Milik BRI Kini Jangkau 80% Desa di Indonesia
Kredit Foto: Istimewa
Jaringan AgenBRILink dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) semakin mengukuhkan perannya sebagai pilar utama inklusi keuangan nasional. Kekuatan ini terbukti dari volume transaksi yang menembus Rp1.145,22 triliun hanya dalam delapan bulan pertama tahun 2025. Pencapaian luar biasa ini ditopang oleh lebih dari satu juta agen aktif yang menjadi perpanjangan tangan BRI di 66.691 desa, atau setara dengan 80,96% dari total desa di seluruh Indonesia.
Corporate Secretary BRI, Dhanny, menegaskan bahwa jangkauan luas ini berhasil membuat layanan BRI menjadi jauh lebih inklusif, terutama di wilayah yang sebelumnya sulit diakses oleh kantor cabang. “Kami melihat AgenBRILink telah menjadi simpul ekonomi yang menjangkau jutaan masyarakat hingga ke tingkat desa. Melalui jaringan ini, masyarakat dapat mengakses sistem keuangan nasional secara mudah, cepat, dan aman,” ujar Dhanny.
Adapun, pencapaian tersebut tidak lepas dari konsistensi BRI dalam mengedepankan pendekatan hybrid banking yang mengintegrasikan digital dan jaringan fisik sebagai fondasi strategis, khususnya di tengah gelombang transformasi digital yang semakin masif di sektor jasa keuangan.
Baca Juga: Jadi Mitra Perbankan, BRI Perkuat Ekosistem Halal dan Digital di Ajang Halal Indo 2025
Di sisi lain, model keagenan ini turut membuka peluang usaha bagi masyarakat setempat dalam mendekatkan layanan keuangan ke komunitas sekitar. Terlebih, potensi pengembangan AgenBRILink masih sangat besar, mengingat perputaran uang tunai dan preferensi masyarakat terhadap transaksi berbasis tunai (cash) masih mendominasi di berbagai wilayah.
Sementara itu, dalam jangka panjang, AgenBRILink diyakini tidak hanya memperkuat inklusi keuangan, tetapi juga menjadi sumber pertumbuhan berkelanjutan bagi BRI. Selanjutnya, untuk menjaga kualitas layanan, BRI pun memastikan AgenBRILink terus aktif melayani masyarakat di lapangan, termasuk pada hari libur, dengan berbagai layanan transaksi harian seperti pembayaran tagihan listrik, air, BPJS, pembelian pulsa, cicilan, isi ulang BRIZZI, setoran pinjaman, hingga layanan referral untuk pembukaan rekening Basic Saving Account (BSA) dan pengajuan pinjaman.
Baca Juga: Berkat Komitmen pada UMKM, BRI Dinobatkan Katadata ESG Index Awards 2025 Sebagai Jawara Pilar Sosial
Tak hanya itu, jaringan AgenBRILink juga terus dilengkapi dengan layanan tambahan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, antara lain penjualan asuransi mikro, tarik tunai remitansi dari luar negeri, serta pembelian tiket perjalanan seperti bus, shuttle, kereta api, hingga kapal feri.
Dengan mengusung pendekatan universal banking, BRI semakin memposisikan AgenBRILink sebagai ujung tombak transformasi layanan keuangan nasional, khususnya di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal), sekaligus sebagai penggerak ekonomi lokal yang nyata.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait: