Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        SMBC Indonesia Kolaborasi Perkuat Kapasitas UMKM Lewat Edukasi Finansial

        SMBC Indonesia Kolaborasi Perkuat Kapasitas UMKM Lewat Edukasi Finansial Kredit Foto: SMBC Indonesia
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        PT Bank SMBC Indonesia Tbk (SMBC Indonesia) menegaskan komitmennya dalam memberdayakan masyarakat secara berkelanjutan melalui peningkatan kapasitas pelaku usaha, khususnya UMKM.

        Hal tersebut salah satunya diwujudkan dengan kolaborasi SMBC Indonesia melalui program Daya bersama Sribu, platform freelancer terkemuka di Indonesia, menghadirkan kampanye edukasi keuangan bertajuk “Tips Anti Bocor Cashflow ala Bisnismu” dengan tagline “Keuangan Rapi, Profit Tinggi”.

        Baca Juga: Bank Aladin Syariah Dukung Industri Halal Padat Karya dan Berkelanjutan Melalui Pembiayaan Korporasi

        Inisiatif ini merupakan kelanjutan dari rangkaian upaya kolaboratif kedua belah pihak yang telah terjalin sejak Oktober 2024.

        "Kami memahami bahwa UMKM merupakan salah satu pilar penting bagi perekonomian Indonesia. Karena itu, melalui kolaborasi ini, kami berupaya memperkuat kapasitas UMKM melalui edukasi finansial dengan cara yang dekat dengan mereka, sekaligus memberdayakan komunitas kreatif," ucap Communications and Daya Head SMBC Indonesia, Andrie Darusman, dikutip dari siaran pers SMBC Indonesia, Jumat (10/10). 

        Pihaknya menambahkan bahwa salah satu strategi yang SMBC Indonesia implementasikan untuk mendorong UMKM ‘naik kelas’ adalah melalui inovasi pemberdayaan digital melalui platform daya.id, yang memungkinkan nasabah mengakses pelatihan dan materi kewirausahaan secara online untuk mendukung pertumbuhan usaha mereka.

        CEO Sribu Ryan Gondokusumo mengungkapkan pihaknya  melihat pentingnya kolaborasi lintas sektor untuk mendorong literasi keuangan UMKM.

        "Melalui kompetisi video ini, Sribu menjadi wadah bagi UMKM dan brand untuk memanfaatkan kontes sebagai solusi bisnis sekaligus sarana untuk saling belajar dan menginspirasi," imbuhnya.

        Rangkaian kampanye edukasi keuangan ini meliputi:

        1. Webinar edukatif pada 8 Oktober 2025 yang diikuti oleh lebih dari 100 partisipan; dengan menghadirkan pembicara Alexandro Wibowo, Chief Operating Officer Sribu dan Harlan Purwanto, Business Improver & Founder Harlan Institute yang membahas strategi praktis mengelola cashflow agar UMKM dapat bertahan dan tumbuh di tengah persaingan.

        2. Kompetisi video kreatif bertema “Tips Anti Bocor Cashflow ala Bisnismu” pada 10-20 Oktober 2025. Dalam periode ini, publik juga diajak berpartisipasi dengan memberikan dukungan melalui voting secara online. Pemenang kompetisi akan diumumkan pada 23 Oktober 2025. Informasi lengkap dan pendaftaran dapat diakses melalui Sribu.in/KontesVideoDaya.

        Dengan format kegiatan yang menggabungkan edukasi dan kreativitas, kampanye edukasi keuangan ini diharapkan dapat membantu UMKM di seluruh Indonesia memahami pentingnya manajemen keuangan sekaligus mengimplementasikannya secara nyata untuk mendukung pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan.

        “Kami percaya kolaborasi ini dapat memberikan dampak yang lebih bermakna bagi pelaku UMKM untuk bertahan dan bertumbuh di tengah kondisi ketidakpastian, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif di Indonesia,” tutup Andrie.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
        Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya

        Bagikan Artikel: