Roadmap Industri Otomotif China Kejar Target Ambisius Elektrifikasi, Mobil Berteknologi ICE Bakal Punah?
Kredit Foto: Ist
Industri otomotif Tiongkok sedang memetakan arah yang ambisius untuk masa depan dengan peluncuran "Peta Jalan Teknologi Kendaraan Hemat Energi dan Energi Baru 3.0".
Ini merupakan resolusi dari China Society of Automotive Engineers (CSAE) yang menargetkan pengembangan berkelanjutan kendaraan hemat energi dan koneksi saling terhubung.
Peta jalan ini menguraikan visi komprehensif untuk industri otomotif Tiongkok hingga tahun 2040, dengan menetapkan beberapa target utama.
Baca Juga: Elektrifikasi Bus Dapat Beri Manfaat Efisiensi biaya Operasional hingga 30 Persen
Meski demikian, target ambisius untuk menekan emisi karbon ini tapi China akan tetap mempertahankan mesin pembakaran internal untuk kendaraanya.
Mobil bermesin ICE secara bertahap akan menuju hibridisasi, targetnya pada 2035, semua kendaraan penumpang energi konvensional akan sepenuhnya dihibridisasi.
Pangsa mesin pembakaran internal: Pada tahun 2040, kendaraan dengan mesin pembakaran internal (HEV, PHEV, EREV) diperkirakan masih akan mencapai sekitar sepertiga dari penjualan kendaraan penumpang baru.
Dominasi kendaraan energi baru (New Energy Vehicle/NEV): Kendaraan energi baru diperkirakan akan menjadi produk utama di pasar otomotif dalam 5-15 tahun ke depan.
Penetrasi BEV: Pada tahun 2040, penetrasi kendaraan penumpang energi baru akan mencapai lebih dari 85%, dengan Kendaraan Listrik Baterai (BEV) mencapai 80% dari angka tersebut.
Ekspansi kendaraan komersial: Skenario penerapan kendaraan komersial energi baru akan meluas dari penggunaan perkotaan dan jarak pendek saat ini hingga mencakup rute jarak menengah dan jauh.
Baca Juga: Elektrifikasi Transportasi Dinilai jadi Pendorong Ekonomi Hijau, Investasi, dan Lapangan Kerja
Kendaraan terhubung cerdas: Kendaraan terhubung cerdas akan memasuki jalur cepat pengembangan berorientasi pasar. Pada tahun 2040, kendaraan terhubung cerdas Level 4 (L4) akan sepenuhnya populer, dan kendaraan terhubung cerdas Level 5 (L5) akan mulai memasuki pasar. Skenario kolaboratif jaringan dan keandalan keselamatan akan terus ditingkatkan, mendukung penerapan mengemudi otonom yang aman dalam skala besar.
Manufaktur cerdas: Peta jalan ini memperkenalkan sistem penilaian dan metodologi untuk pengembangan manufaktur cerdas otomotif. Pada tahun 2040, dipandu oleh peningkatan kualitas, peningkatan efisiensi, pengurangan biaya, dan prinsip-prinsip rendah karbon, serta melalui interkoneksi data dan data loop tertutup, R&D, produksi, pasokan, penjualan, dan layanan terintegrasi di seluruh tahapan manufaktur otomotif akan tercapai.
Baterai solid-state: Baterai solid-state diproyeksikan untuk aplikasi skala kecil pada tahun 2030, dengan promosi global skala besar diperkirakan pada tahun 2035. Pada saat itu, kinerja, biaya, dan kemampuan adaptasi lingkungannya yang komprehensif akan lebih memenuhi permintaan konsumen.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Fajar Sulaiman
Tag Terkait: