Kredit Foto: Multitrendindo
Perusahaan produk bayi dan anak, PT Multitrend Indo Tbk (BABY) memperkuat langkah ekspansi setelah perusahaan induknya, Blooming Years PTE. LTD. (BY), melakukan akuisisi PT Emway Globalindo dan Emway Singapore PTE Limited.
Aksi korporasi ini menjadi momentum penting bagi BY. Masuknya Emway, dengan jaringan distribusi mainan yang telah terbukti kuat menjadi pelengkap strategis bagi ekosistem omnichannel MTI yang selama ini mendominasi segmen produk bayi dan anak di Indonesia. Kombinasi keduanya disebut menciptakan kekuatan baru yang jauh lebih komprehensif.
“Kami sangat antusias menyambut Emway ke dalam keluarga BY dan MTI. Keahlian mendalam Emway di kategori mainan merupakan pelengkap sempurna bagi kepemimpinan MTI di ritel bayi dan anak. Langkah ini merupakan strategi penting dalam mewujudkan visi kami menjadikan MTI sebagai platform utama dan landasan bagi setiap merek bayi dan anak yang ingin membangun dan mengembangkan kehadirannya di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara,” ujar juru bicara BY.
Baca Juga: Chandra Asri Raup Pembiayaan USD750 Juta dari KKR untuk Akuisisi SPBU Esso Singapura
Emway sendiri merupakan pemain besar di industri mainan, dikenal berkat jaringan distribusinya yang luas serta portofolio merek ternama seperti Mattel (Hot Wheels, Barbie, Fisher Price), Spin Master, Zuru, Moose, Takara Tomy, Just Play, Ling Dong, Blokees, dan Crayola. Tak hanya itu, Emway juga memiliki merek internal yang sukses, Emco, yang telah tersebar di pasar domestik dan diekspor ke lebih dari 50 negara.
Bergabungnya Emway memperkuat posisi BY dalam rantai bisnis bayi, anak, dan mainan secara terpadu. Melalui MTI, BY telah mengoperasikan jaringan ritel dan distribusi omnichannel terbesar di Indonesia. Di sisi ritel, MTI mengelola berbagai merek ternama seperti Mothercare, Wilio, Adidas Kids, Gingersnaps, hingga Early Learning Centre. Pada bisnis distribusi, mereka menaungi brand internasional tepercaya seperti Skiphop, Nuby, Playgro, Bugaboo, Phillips Avent, Beaba, dan Sudocrem.
Baca Juga: Tak Sembarangan, Bos CUAN Ungkap Strategi Akuisisi Biar Gak Boncos
MTI juga dikenal cakap membangun brand baru melalui dua merek internalnya, yaitu Momami (perawatan bayi) dan Pureats (camilan). Produk Momami kini tersedia luas, mulai dari toko bayi, marketplace, ritel modern hingga toko serba ada.
Sinergi antara kekuatan omnichannel MTI dan dominasi Emway di industri mainan menghadirkan ekosistem yang lebih lengkap bagi pemilik merek, meliputi kategori perawatan bayi, pakaian, mainan, hingga lifestyle. Langkah akuisisi ini menegaskan kemampuan BY untuk menjangkau konsumen di seluruh fase pengasuhan melalui portofolio merek yang kuat dan saluran distribusi yang tak tertandingi.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Belinda Safitri
Editor: Belinda Safitri
Tag Terkait: